Belajar Bahasa Jepang – Mempelajari sebuah bahasa asing tentu menjadi tantangan tersendiri karena prosesnya yang membutuhkan banyak waktu, berbagai metode juga banyak digunakan untuk mempelajari sebuah bahasa asing termasuk mempelajari bahasa Jepang yang memang terkenal sebagai salah satu bahasa asing yang cukup sulit untuk dikuasai, bila sebelum-sebelumnya Artforia pernah memberikan tips dan panduan dengan metode menonton film ataupun membaca manga, maka kali ini Artforia akan memberikan tips untuk meningkatkan bahasa Jepang anda dengan bernyanyi!.

Belajar Bahasa Jepang Dengan Bernyanyi ? Tentu Saja Bisa, Simak Panduannya Disini !

image : thetravelpocket

Simak Juga : Bingung Memilih Genre Anime Yang Tepat Untuk Proses Belajar Bahasa Jepang ? Artforia Berikan Penjelasannya Disini !


Mendengarkan Tanpa Lirik

Cara ini dapat membantu anda merasakan intonasi dan nada dari kata yang anda dengar dalam lagu tersebut, dengarkan kosakata yang anda mengerti dan coba untuk memahami arti dari sebuah lagu Jepang yang sedang anda dengarkan, ulangi metode ini beberapa kali maka anda akan mulai terbiasa dengan frasa kata yang anda dengar.

Dengarkan Dengan Lirik

Tentu bila anda seorang pemula yang belum menguasai banyak kosakata Jepang atau juga mendengarkan sebuah lagu yang baru anda dengarkan maka mendengarkan dengan bantuan lirik bisa sangat membantu anda, namun jangan hanya mendengarkan saja, cobalah untuk membaca dan meniru nada-nada yang keluar dari nyanyian tersebut.

Untuk mendapatkan lagu-lagu Jepang dengan sebuah lirik sebenarnya sangat mudah, seperti salah satunya dari YouTube yang banyak menyediakan lagu-lagu atau video musik populer Jepang dengan sebuah lirik, proses membaca lirik pada lagu sangat membantu proses belajar huruf Katakana dan Hiragana, tetapi kadang anda dapat menemukan beberapa video musik yang menggunakan lirik Romaji.

Lihat Kata-Kata Yang Tidak Biasa Dan Gunakan Kamus

Tentu ketika anda mendengarkan sebuah lagu dan membaca liriknya, anda akan menemukan beberapa kata-kata baru yang belum anda ketahui artinya, ini dapat membantu proses anda menguasai kosakata bahasa Jepang sehingga lebih lengkap, untuk membantu mendapatkan jawabannya tentu anda membutuhkan bantuan kamus untuk menemukan arti dari kata yang terdengar baru untuk anda tersebut.

Jika telah menemukan artinya, cobalah untuk sering mengulangnya atau mendengarkan ulang lagu tersebut dan tekankan pada kata baru tersebut sehingga anda akan mulai terbiasa.

Bernyanyi Mengikuti Lagu

Ikuti lirik lagu dan bernyanyi hingga lagu abis, proses ini akan membantu melancarkan pengucapan dan intonasi bahasa Jepang anda, untuk tantangan lebih besar cobalah bernyanyi tanpa sebuah lirik.

Bernyanyi Tanpa Lirik Dan Merekamnya

Jika anda merasa telah cukup mahir dan hafal dengan salah satu lagu, cobalah untuk merekam suara anda ketika bernyanyi lagi tersebut. Kemudian setelah selesai cobalah untuk mengulang rekaman tersebut dan dengarkan apa yang menjadi kekurangan anda dalam nyanyian tersebut. Mungkin akan terdengar aneh mendengarkan nyanyian dari suara anda sendiri, tetapi cobalah untuk terus mengulang dan mengoreksinya sehingga anda benar-benar merasa sempurna dengan kata-kata tersebut.


Belajar Bahasa Jepang Dengan Bernyanyi ? Tentu Saja Bisa, Simak Panduannya Disini !

image : tokyogirlsupdate

Itulah panduan dan tips yang dapat Artforia bagikan untuk membantu proses belajar bahasa Jepang anda dengan sebuah musik atau karaoke, semogga memberikan motivasi dan juga kemudahan untuk para pembaca setia Artforia!.

%d bloggers like this: