Cerita Hantu Jepang – Tanuki (狸 atau たぬき) merupakan salah satu mahkluk Yokai dalam cerita mitos atau legenda Jepang kuno, wujudnya menyerupai binatang rakun dan juga anjing. Menurut cerita-cerita rakyat kuno Jepang, mahkluk legendaris ini memiliki sifat yang nakal dan juga periang, namun sangat mudah tertipu dan linglung. Tanuki memiliki benda ajaib berupa daun yang dapat memberikannya kekuatan untuk berubah wujud menjadi sebuah sosok lain.

Tanuki, Mitos Hewan Rakun Legendaris Yang Dapat Berubah Wujud !

image : pinterest

Simak Juga : Legenda Ayam “Basan” Dari Pegunungan Ehime Yang Dapat Menghembuskan Nafas Api !

Tanuki, Mitos Hewan Rakun Legendaris Yang Dapat Berubah Wujud !

image : earthtouchnews

Dalam cerita legendanya Tanuki sangat menyukai minuman Sake, sosok Tanuki adalah saingan berat dari sosok Kitsune yang merupakan dua hewan Yokai yang paling terkenal di Jepang. Tanuki yang berwujud anjing rakun ini merupakan hewan-hewan nokturnal yang pemalu dan dapat ditemukan di semua pulau di Jepang. Patung-patung Tanuki juga menjadi dekorasi yang populer di rumah-rumah maupun pertokoan di Jepang. Mereka disukai bukan hanya karena kelucuan mereka, tetapi juga karena kisah-kisah kenakalan dan tipu daya mereka terhadap masyarakat sekitar.

Seperti Yokai lainnya, Tanuki memiliki kekuatan magis yang unik dan kuat, mereka dapat mengubah wujud mereka apabila merasa terancam atau ingin melakukan sesuatu. Selain kemampuan berubah wujudnya dari daun ajaib yang dimilikinya, hal lain yang menjadi ikonik dari sosok Tanuki adalah bagian tubuh testikelnya yang cukup besar dan ajaib. Dikatakan bila Tanuki dapat mengeluarkan benda-benda miliknya dari testikel tersebut atau juga digunakan sebagai senjata, kipas dan juga drum.

Tanuki, Mitos Hewan Rakun Legendaris Yang Dapat Berubah Wujud !

Dalam kepercayaan agama kuno di kepulauan Jepang, sosok Tanui dianggap sebagai salah satu dewa dan penguasa atas semua hal yang ada di alam. Namun setelah masuknya agama Buddha, hal-hal kepercayaan Tanuki ini mulai menghilang dan menjadikan Tanuki sebagai utusan para dewa atau hewan pelindung alam. Tanuki umumnya tidak ditakui atau dianggap sebagai Yokai yang berbahaya, namun dikatakan bila setiap Tanuki memiliki sikap seperti halnya manusia, oleh karena itu terkadang bisa saja masyarakat bertemu dengan Tanuki yang jahat dan menyerang manusia.

Kini kehadiran Tanuki telah menjadi sosok mitos terkenal dalam dunia modern Jepang, bahkan telah masuk kedalam dunia entertainment seperti dalam sebuah film dan juga video games.

%d bloggers like this: