Belajar Bahasa Jepang – Mempelajari atau memperdalam kemampuan berbahasa Jepang anda melalui sebuah tontonan film atau anime Jepang memang sebuah solusi yang tepat, selain tidak membosankan proses belajar dengan cara ini juga dapat membantu anda terbiasa dengan percakapan langsung dalam sebuah bahasa Jepang, tetapi kamu harus mengetahui bila sebuah film atau anime memiliki genre yang berbeda-beda dan tentunya setiap genre tersebut akan memberikan dampak yang berbeda pada proses belajar bahasa Jepang anda.

Seperti apa perbedaan dan dampak dari genre-genre yang ada dalam sebuah film anime dalam proses belajar anda? berikut adalah penjelasannya.

Simak Juga : 4 Langkah Penting Dalam Belajar Bahasa Jepang Dengan Menggunakan Subtitles Film Atau Drama Jepang !


Comedy/Slice-of-Life

Bingung Memilih Genre Anime Yang Tepat Untuk Proses Belajar Bahasa Jepang ? Artforia Berikan Penjelasannya Disini !Dalam genre ini biasanya sebuah film atau anime akan dipenuhi oleh banyak percakapan dan juga lelucon-lelucon serta percakapan sehari-hari. Kecepatan bicaranya relatif lebih cepat dari pada genre-genre film anime lainnya, tetapi kalimatnya lebih santai dari pada genre Action. Perlu kamu ketahui juga bila lelucon anime Jepang terdiri dari empat jenis yaitu lelucon bersih, lelucon kotor, lelucon parodi dan lelucon romantis.

Lelucon bersih cukup sederhana, anda akan banyak menemukannya dalam berbagai genre dan kalimat-kalimat dalam adegan lelucon bersih ini bisa menjadi materi latihan yang baik saat berbicara bahasa Jepang dengan seorang guru atau rekan anda. Jika anda dapat menyampaikan sebauh lelucon dengan benar kepada seseorang yang tidak mengerti maka itu menjadi nilai lebih untuk penyusunan kalimat ucapan anda dan bisa menjadi tolak ukur dalam seberapa bagusnya anda berbicara bahasa Jepang dengan susunan kalimat yang santai.

Sedangkan untuk lelucon kotor biasanya akan lebih di isi dengan kata-kata Jepang yang sedikit lebih vulgar dan ambigu, sehingga cocok untuk anda mempelajari kosakata baru ataupun bahasa-bahasa slang Jepang yang belum pernah anda ketahui, tetapi anda harus mengetahuinya bila kata-kata ini tidak dapat digunakan untuk semua percakapan anda.

Action

Bingung Memilih Genre Anime Yang Tepat Untuk Proses Belajar Bahasa Jepang ? Artforia Berikan Penjelasannya Disini !Genre action biasanya akan lebih dipenuhi oleh gerakan tokohnya, dialog-dialog percakapannya seringkali singkat dan hanya terdiri dari beberapa kalimat saja dan cara memanggil.

Oleh karena itu dengan genre aksi ini dapat berguna untuk para pemula atau ingin menemukan kosakata baru. Namun anda tidak perlu menyangkutkan kata-kata tersebut dengan gerakan mereka, terkadang kalimat-kalimat dalam genre ini dapat memberikan bantuan kepada anda untuk menyusun sebuah kalimat-kalimat tegas dan lebih singkat untuk beberapa pembicaraan.

Dengan kata lain, genre ini bagus untuk membiasakan diri anda mendengarkan bahasa Jepang karena dalam genre ini kata-katanya cenderung singkat dan berulang-ulang.

Drama

Bingung Memilih Genre Anime Yang Tepat Untuk Proses Belajar Bahasa Jepang ? Artforia Berikan Penjelasannya Disini !Dalam genre ini biasanya akan dipenuhi oleh kalimat-kalimat yang diucapkan dengan intens dan penuh ekspresi, biasanya lebih memperlihatkan kondisi emosi seseorang. Oleh karena itu genre ini sangat berguna untuk anda mempelajari cara-cara ekspresi masyarakat Jepang dalam mengatakan kalimat-kalimat tertentu. Tentunya setiap menyampaikan sesuatu atau mengatakan sesuatu yang memiliki arti terkadang membutuhkan beberapa ekspresi tertentu untuk membantu seseorang mengerti.

Namun hati-hati dalam mempelajari ekspresi dari genre ini karena tidak semua kalimat-kalimat tersebut harus diucapkan dengan nada yang persis seperti dalam sebuah adegan.

History

Bingung Memilih Genre Anime Yang Tepat Untuk Proses Belajar Bahasa Jepang ? Artforia Berikan Penjelasannya Disini !Genre sejarah atau history tentunya akan mensetting cerita pada masa lalu, ide mempelajari bahasa Jepang melalui genre ini sama seperti anda membaca sebuah novel, mungkin akan pada awalnya akan tidak tampak terlalu bermanfaat, tetapi pada pembelajaraan dalam tingkat yang lebih lanjut anda akan menyadari bila kalimat-kalimat dalam genre ini akan sangat berguna.

Dalam genre ini akan cenderung memiliki unsur sejarah yang besar dan realistis, sehingga penggunaan kata-kata atau kalimatnya lebih baku dan formal. dalam genre ini juga anda biasanya akan menemukan beberapa kalimat-kalimat yang memiliki arti tertentu seperti sebuah puisi, menjadi metode yang tepat untuk menambah kosakata Jepang anda ataupun memperdalam sebuah pengertian anda terhadap budaya Jepang.

Supernatural

Bingung Memilih Genre Anime Yang Tepat Untuk Proses Belajar Bahasa Jepang ? Artforia Berikan Penjelasannya Disini !Supernatural akan memiliki adegan-adegan yang tidak dapat dijelaskan secara ilmiah, biasanya film-film anime ini akan dipenuhi oleh kata-kata baru yang tidak jelas artinya, sangat tidak disarankan menonton genre ini untuk belajar bahasa Jepang karena akan menambahkan beban anda dengan kata-kata baru yang disesuaikan dengan tema genre yang memiliki unsur-unsur gaib.

Romance

Bingung Memilih Genre Anime Yang Tepat Untuk Proses Belajar Bahasa Jepang ? Artforia Berikan Penjelasannya Disini !Genre romantis akan selalu melibatkan kata-kata formal dan juga serius, genre ini cukup populer dikalangan para pelajar bahasa Jepang karena memiliki penggunaan bahasa dan kosakata yang natural dan sederhana. Jika dibandingkan dengan genre-genre lain seperti genre action yang terlalu singkat, komedi terlalu kasual, drama terlalu ditekankan dan sejarah terlalu kuno yang terkadang tidak digunakan lagi dalam kehidupan sehari-hari saat ini, sedangkan dalam genre romantis ini biasanya percakapan akan berlangsung seperti biasa namun penuh dengan ekspresi sehingga anda dapat menggunakan kalimat-kalimatnya untuk percakapan anda dalam sehari-hari.


Semoga penjelasan mengenai genre-genre sebuah film anime dapat membantu anda memilih sebuah film animasi yang tepat untuk anda mempelajari bahasa Jepang.

Source : Fluentu

%d bloggers like this: