Street Art Jepang – Tidak ada yang dapat menghalangi seni untuk terus berkembang dan hadir di berbagai negara, setiap seni atau kerajinan dengan teknik yang sama terkadang dimiliki oleh beberapa negara dengan nama yang berbeda. Seperti salah satunya adalah seni Marquetry, yang merupakan sebuah seni dan kerajinan yang menerapkan potongan-potongan veneer ke struktur untuk membentuk pola hias, desain atau gambar, Marquetry sendiri berasal dari bahasa Perancis dan di Jepang seni atau kerajinan ini juga telah didalami sejak dulu.

Yuk Mengenal Kerajinan Marquetry Jepang Yang Disebut Yosegi-Zaiku !

image : generationsofcraft.wordpress.com

Simak Juga : Seniman Berbakat Pascaperang Jepang, Seniman Jepang Keiichi Tanaami Yang Sukses Menggebrak Dunia !


Yuk Mengenal Kerajinan Marquetry Jepang Yang Disebut Yosegi-Zaiku !

image : oneandoneequalsthree.blogspot.com

Dengan nama Yosegi atau sebutan lengkapnya adalah Yosegi-zaiku (寄木細工) merupakan jenis kerajinan marquetry tradisional Jepang yang berasal dari jaman Edo, dan kini telah sangat mendunia karena desainnya yang otentik dan berbeda. Kerajinan ini biasanya dibuat untuk menjadi sebuah kotak penyimanan barang berharga atau sebuah box rahasia, salah satu area yang terkenal dengan kerajinan ini adalah daerah Hakone. Oleh karena itu kerajinan Hakone Yosegi-zaiku sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Hakone Yosegi-zaiku terlihat spesial karena memanfaatkan keragaman dan keindahan luar biasa dari pohon-pohon yang tumbuh di kawasan ini dan memanfaatkan kayu-kayu berkualitas tinggi ini dengan warna dan komposisi bahan alami lainnya, tidak ada pewarna yang digunakan.

Yuk Mengenal Kerajinan Marquetry Jepang Yang Disebut Yosegi-Zaiku !

image : tracepattern.wordpress.com

Dalam video yang ditampilkan diatas, menampilkan salah satu seorang master Marquetry Jepang yaitu Taneita Zukuri. Beliau memperlihatkan langkah-langkah mengubah potongan-potongan kayu menjadi sebuah kerajinan Marquetry yang bernilai tinggi, berkat kerja keras dan keterampilan luar biasa dari seorang pengrajin seperti beliau membuat Jepang dan produk kerajinan seperti ini dikenal oleh dunia.

Para pengrajin-pengrajin muda banyak yang berinovasi dengan kerajinan ini dengan memproduksi alat-alat lain dengan pola Marquetry, seperti misalnya kotak telepon, perlatan makan, alas mouse (mousepad) dan produk-produk abad 21 lainnya. Hal ini tentu menyegarkan kerajinan Marquetry di Jepang sehingga dikenal oleh kalangan muda dan membuatnya tertarik, para generasi baru pengrajin ini dikenal dengan sebutan Zoukibayashi dan mereka berusaha untuk kerajinan ini dapat mengikuti perkembangan jaman dan memasuki pasar online yang dapat diakses secara global.

%d bloggers like this: