2
13 shares, 2 points

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2DIY&CraftDunia Cosplay memang seru ketika kamu membuat kostum yang mendekati karakter aslinya, tetapi jangan lupa pikirkan bagaimana proses mereka membuat kostumnya. Dalam pembuatan kostum cosplay Guardian of Anciente Kings, karakter itu dilengkapi dengan sayap kuning yang indah dan keren, maka dari itu sebelum membuat kostumnya dipastikan kamu mengetahui bagaimana cara membuat sayap Guardian of Anciente Kings , dan sayap ini tidak hanya sekedar sayap biasa melainkan bisa terbuka seperti sayap pada umumnya.

Tantangan terberatnya dalam membuat sayap yang bisa bekerja seperti asli adalah membuat efek “Woaah” di kostumnya, seperti burung merak yang memamerkan warna-warni bulunya, untuk mencapai itu, gerakan mekanisme untuk meniru sayap elang yang nyata harus bisa di aplikasikan ke dalam sayap yang nanti akan kita buat.

Simak Juga : Cosplay Halloween Dengan Konsep Unik Yang Viral Di Jepang !

Untuk bisa memberikan efek sayap yang bisa terbuka dengan otomatis, bisa digunakan dengan cara memakai remote (otomatis), atau dengan sistem secara manual dengan tangan.

Sistem Otomatis

Untuk sistem otomatis ada dua kemungkinana : menggunakan motor listrik atau sistem pneumatik

Motor listrik sangat memungkinkan untuk kontrol penuh atas kecepatan membuka sayap serta sudut yang berbeda saat membuka sayap untuk memberikan efek alami gerakan burung.

Untuk kelemahannya dari solusi ini adalah bobot gabungan dari motor dan baterai dan semua elemen baja yang di gunakan dalam sistem, Jika sayap adalah satu-satunya prop cosplay kamu, ya itu merupakan hal yang bagus, akan tetapi jika kamu menambahkan dengan baju besi lengkap dengan senjata pedangnya, itu akan menjadi sedikit berat untuk kamu kenakan.

Sedangkan untuk sistem pneumatik (tekanan udara) di sisi lain memungkinkan pembukaan sayap secara cepat, Portabilitas dan otonomi sistemnya cukup bagus, Tetapi barang-barang yang dibutuhkan cukup sulit ditemukan, maka dari itu kemungkinan harganya sedikit mahal, selain itu faktor keamanan juga agak sedikit kamu harus perhatikan karena memakai tangki udara yang menempel di pinggang, pastinya tidak mau terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Karena tidak ada solusi yang otomatis terpecahkan juga, coba kita lihat sistem yang lain seperti sistem manual.

Sistem Manual

Pada sistem manual terbilang cukup murah karena kita tidak memerlukan semacam tangki udara, remote dan lain-lain, yang kita butuhkan hanyalan sendi-sendi sayap yang bekerja dengan baik dan membuat gerakan sealami mungkin.

Untuk menciptakan gerakan pada sayap lebih praktis adalah menggunakan tali yang bergerak menggunakan tangan sebagai alat penggerak sayapnya, itu lebih disukai karena kita lebih bebas untuk menggunakannya, ya walaupun menggunakan kaki, leher dan sebagainya bisa kita lakukan tetapi malah takutnya akan menjadi masalah nantinya.

Di dalam kasus ini, kami ingin membuat penggerak sayap menggunakan tali yang terhubung ke tangan tetapi untuk tali ingin di rancang tidak terlalu panjang, cukup menggerakannya dengan tangan sedikit saja. Karena itu kami akan gambarkan bagaimana mekanisme terbentangnya sayap dan memasang tali dan katrolnya.

Meneliti, Gambar dan Prototipe

Sebelum kamu membuat sayapnya, kamu harus ketahui dahulu apa yang kami buat.

Pada awalnya, sistem pivot/slide merupakan solusi terbaik, tetapi membuat sistem itu cukuplah sulit, untuk memastikan kamu tidak salah dalam membuatnya, seperti digambar contoh kami memotong beberapa potongan kardus dan menyatukan kembali dengan kawat logam.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Kemudian kami mencoba sistem dengan potongan-potongan yang di tempatkan end-to-end, mempertahankan paralel dengan menggandakan bagian tengahnya.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Gerakan sayapnya terbatas tetapi cukup baik, di sudut-sudut sekunder dapat bergerak bolak balik, tetapi terlalu rumit jika ingin di terapkan, jadi dibiarkan gerakannya bisa bebas tetapi diharuskan menberikan pembatas minimum dan maksimum gerakan pada sudut-sudut.

Setelah itu tinggal mencari cara untuk melekatkan bulunya, banyak pilihan untuk dapat menambahkan bulu-bulu di sayapnya, dari yang paling praktis sampai yang sudah umum adalah menggunakan kawat yang menghubungkan semua bulu dari satu baris yang sama, yang akan memungkinkan kamu dapat mengatur secara tepat sudut sayapnya ketika sayap terbuka.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Jadi ketika kamu ingin memposisikan sayapnya tertutup, kawat tidak akan meregang dan bulu-bulu jatuh ke lantai. Ketika mekanisme diaktifkan, bulu pertama yang disambung kuat ke struktur akan menarik kawat yang kemudian menarik bulu kedua dan terus menyambung menarik bulu berikutnya dan seterusnya sampai semua bulu tertarik dan terbuka seperti burung yang mengepakan sayapnya.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Banyak pertanyaan bagaimana caranya menempatkan sayap tepat di belakang punggung, solusi yang paling mudah dan jelas adalah menggunakan harness (baju jirah yang dapat dipasangkan sayap, atau menggunakan tas ransel. Pada akhirnya lebih mudah jika menggunakan tas ransel yang hampir di ubah menjadi harness.

Yang terakhir paling susah adalah menemukan bahan-bahan yang bagus untuk di gunakan sebagai bulu, dan bagaimana cara membuatnya. Banyak kemungkinan bisa kita gunakan dari kain hingga busa, bahkan bulu asli, tapi harganya cukup beragam dari semua bahan masing-masing, balik lagi semua tergantung biaya yang kamu siapkan.

Kemudian siapkan “busa, kayu, kawat dan lem” yang merupakan alat-alat pemecah solusi agar bulu-bulu sayap bisa fleksibel dan ringan. untuk pengecatan agak sulit ditentukan untuk fleksibilitasnya, tetapi kami dapat hasil yang cukup bagus dengan menggunakan “Dip”, cat yang fleksibel dan tahan air.

Untuk mengetahui panjang setiap bulu, kami menggambar prototipe pada SolidWorks dalam rakitan yang diartikulasikan. terbukti cukup sulit untuk mengatur semua garis yang tepat sehingga sayap akan melipat kembali dengan baik dan memiliki tampilan yang baik ketika kembali terbuka

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2 Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2 Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Prototipe

Prototipe pertama terbuat dari bambu. setelah dipikir-pikir sangat ringan, dan cukup kuat untuk memegang semua bulu, tetapi ternyata menjadi rapuh dan tidak tahan lama.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Akan tetapi itu masih cukup berguna, mekanismenya sangat baik dan dengan beberapa penyesuaian pada panjangnya potongan kayu, dirasa akan menjadi lebih baik bekerja.

Untuk ransel, seharusnya pada awalnya menjadi fungsi sebagai penopang sayap, tetapi ketika kostum sudah di pasangkan, berat pada tas ransel membuat kami tampak bengkok dan sedikit aneh, jadi kami membuatnya agak sedikit lebih pendek dari lebar pada awalnya.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2 Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Pembuatan

Daftar bahan yang diperlukan:

  • 1x Tas
  • 4 m kayu (4 × 4). Dapat diganti dengan plexiglas sebagai contoh
  • 1x papan kayu lapis tipis (~ 5mm) untuk pelat dorsal
  • 2x Joint ring besar dengan diameter internal 6mm
  • 1x Joint ring besar dengan diameter internal besar
  • 20x Baut atau sekrup
  • 20x self locked nuts 6mm
  • 20x 6mm joint ring
  • 3x katrol kecil
  • 40x Closed Piton (Cantelan ulir)
  • 2x Sekrup kayu (kecil)
  • 2x plastik kenop bersekrup kecil
  • Tali yang kuat dan tahan lama
  • Lem panas

Alat-alat:

  • Pistol Lem Panas
  • Bor (bor pilar)
  • 6mm kunci pas
  • Obeng Besar
  • Gergaji besi

Tas

Tas bisa kamu beli di toko manapun, jangan terlalu murah dan jangan terlalu mahal, dipastikan bisa menahan dengan baik sayap yang akan di topangnya, perhatikan juga kenyamanan ketika memakainya, karena saat berkostum di event, tidak hanya sebentar, maka dari itu di haruskan mempunyai stabilisasi yang praktis.Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Papan kayu yang sama tingginya di tempel ke belakang tas, yang merupakan akan menjadi basis dimana semua seluruh mekanisme sayap akan di pasangkan. yang disekerupkan dengan ring besar sehingga tidak merobek kain.

Di atas papan, dua keping kayu disekrup: satu di atas, satu di bawah, masing-masing di tempatkan dua pivot, kamu hanya perlu meletakan sepotong kayu di antaranya dan akan dapat berputar bolak-balik, seperti yang kita lihat di bagian penelitian.

Di bagian kayu inilah seluruh sayap akan muncul di setiap sisi, jadi kami lubangi di kedua sisi.

Sayap

Sekarang kita bahas tentang sayapnya, potong bayang kayu (lebar 20mm) untuk panjang telah di definiskan pada SolidWorks, untuk bor bisa menggunakan bor pillar untuk akurasi yang baik) dan rakit potongan-potongan ini bersama dengan sekrup/ring/mur SWN.

Untuk mur baut sebaiknya jangan di kencangkan terlebih dahulu, jika semua mekanisme bekerja dengan baik, oleh karena itu untuk mencegah mereka membuka tutup sayap dan berjalan-jalan untuk memamerkan keorang-orang. pengunci mur di gunakan untuk membiarkan posisi mur tidak kencang.

Tips : Jika kamu seperti saya yang gemar untuk memeriksa sistem dan seringkali membongkar/pasang kembali, pertama-tama gunakan mur biasa yang jauh lebih mudah untuk di sekrup, pengunci mur dari awal sudah di kunci pas, yang menhabiskan lebih banyak waktu untuk membukanya, dan mengakibatkan ring plastik menjadi rusak dan menjadi tidak efektif.

Sayapnya sekarang dapat di tempelkan ke tas menggunakan mur sekrup SWN, sekrup ini sangat panjang karena mereka akan berfungsi sebagai “kenop” di papan kayu pada dasar tas dengan demikian dapat menghentikan sayap untuk bergerak lebih ke depan.

Mekanisme

Sekarang kerangka sudah terpasang, kita akan memasang semua mekanisme untuk membuka sayap menggunakan tangan. tiga kait yang di kendalikan dengan cleat dari kayu. dan masing-masing melekat katrol yang dimana akan menjadi tempat tali berlalu.Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Tali pertama melekat pada titik terendah di sayap (cukup dengan sekrup kayu sederhan), kemudian masukan ke dalam katrol yang berada di sisinya, dan terikat dengan sebuah ring (cincin), selanjutnya lakukan yang sama pada tali berikutnya, untuk tali yang ketiga masukan ke cincin dan hubungkan ke katrol yang lebih rendah, yang kemudian akan menjadi pegangan untuk membuka sayap. dua tali tersebut di kendalikan langsung oleh satu pegangan. semuanya harus sempurna untuk memicu sayap terbuka di waktu yang sama.

Okay, seakrang tas sayap kita sudah bisa berfungsi, sekarang tinggal mempersiapkan bulunya yang begitu banyak, kita akan mengaturnya lapis demi lapis, dengan baris bulu yang utama berada di tengah, dikelilingi oleh dua baris sekunder, satu di setiap sisi.

Untuk baris utama , 14 lubang di bor secara vertikal ke kerangka kayu, satu untuk setiap bulu, yang sama rata sepanjang sayap.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Untuk baris kedua sedikit berbeda, mekanisme yang berada di dua lapisan kayu, kami hubungkan secara lateral untuk menggeser bulu dasar jika diperlukan. sebaliknya kami menggunakan sekrup kayu, sekali lagi hal ini diperlukan untuk mendistribusikan lubang sepanjang sayap dan menjadi simetris.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Tas sudah siap untuk diberikan bulu yang merupakan langkah kita berikutnya, dan juga merupakan bagian yang paling membosankan.

Bulu Sayap

Apa saja yang dibutuhkan :

  • Lembar busa
  • 30cm tusuk sate
  • Lem panas
  • String (tali) (tebal)
  • Cat fleksibel

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Untuk bahan kami memutuskan untuk menggunakan busa karena murah, selain itu cocok dan sangat kaku untuk menjadi bulu sayap.

Potong lembaran bisa dengan ukuran yang tepat, keumdian potong perkolom 2mm di tengah tempatkan tusukan sate sebagai poros untuk bulu.Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Sekarang tingal memperbaiki beberapa benag dengan membungkusnya di sekitaran tusuk sate dan memberikan sedikit lem ke atasnya.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Untuk pengecetan, cukup dilapisi dengan dua lapis cat flexible (untuk menghindari retak ketika bulu melilit atau kusut) kemudian berikan dua lapis cat klasik dengan warna yang kamu inginkan.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Sekarang ulangi hingga ratusan kali.. sampai bulunya habis

Simak Juga : Cosplay-Cosplay Keren Dan Unik Dalam Indonesia Comic Con 2018 !

Pemasangan

Hal pertama adalah memasang sayap ke bagian dasar kayu pada ransel, akan lebih mudah ketika kamu ingin memasang bulu sayap setelahnya, untuk memastikan tidak goyang cukup dikunci oleh dua sekrup SWN dari dua lubang di ujung kayu.Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Agar sayap tetap terbuka, kamu harus mengencangkan kedua sayapnya pada posisi terbuka dengan sekrup SWN untuk sementara.

Kerjaan yang paling lama adlah memperbaiki bulu-bulunya dengan cantil, dan benang-benangnya yang menghubungkan setiap baris bulu, semuanya harus dari perasaan kamu sendiri untuk gimana posisi bulu yang baik dan cocok dengan model sayap yang ingin kamu buat, dalam kasus ini sayap akan di buat mirip dengan Guardian of Ancient Kings, untuk menghindari benar bergerak di sepanjang tusuk sate, kami memberikan setitik lem panas setiap tusuk sate.

Setelah setiap sayap sudah di rakit, mekanisme sayap harus di sembunyikan, ini yang kami buat tidak bisa dilepas, lembaran busa bulat yang besar, di seluruh permukaan, diberikan dengan lem panas lagi, untuk memastikan mekanisme sayap dapat bekerja dengan baik !.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Pada lembaran busa putih ini di tempelkan pada buli yang tidak di artikulasikan, tidak perlu terlalu banyak menggunakan jumlah lem, tetapi hati-hati untuk mengatur posisi dan sudut untuk menjaga efeknya.

Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings 2

Sekarang tinggal hubungkan kedua tali tas ke bagian bawah tangan setiap sayap, dan taraaaa, sayapmu selesai~

https://i1.wp.com/www.blackowlstudio.com/wp-content/uploads/2017/01/Video2.gif?resize=480%2C270&ssl=1
Yuk Kita Cosplay ! Cara Mudah Membuat Sayap Cosplay Guardian Of Ancient Kings

Thanks to Joris Broll
Source : blackowlstudio.com

 

[divider]Artforia x SacosArt[/divider]Artforia x SacosArt

Untuk kamu yang ingin membuat kostum Cosplay atau Prop Cosplay seperti Pedang, Shield dan Lainnya, Bisa Di Order melalui Kami Artforia yang saat ini partnership bersama Sacos Art.

Untuk Pemesanan bisa menghubungi email atau kontak Line Artforia
Email : [email protected]
Line : @artfroia

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

2
13 shares, 2 points
Matsuo Taiki 松尾大輝
Kyary pamyu pamyu fans, Hard gamer, Blogger, And Love Art and Fashion especially about Japan. #StayPositive

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: