Seni Budaya Jepang – Shinjuku Gyo-en (新宿 御苑) adalah sebuah taman dan kebun yang besar di Shinjuku dan Shibuya, Tokyo, Jepang. Awalnya area ini merupakan tempat tinggal keluarga Naitō pada periode Edo. Setelah itu, dijadikan sebuah taman di bawah pengelolaan oleh agensi Rumah Tangga Kekaisaran Jepang dan pada saat ini menjadi taman nasional di bawah perlindungan Kementerian Lingkungan Hidup.

Taman Dan Kebun Besar Yang Indah Dalam Shinjuku Gyoen

image : hisgo.com

Simak Juga : Taman Bunga Ashikaga Yang Sangat Indah Dan Populer Di Jepang

Taman Dan Kebun Besar Yang Indah Dalam Shinjuku Gyoen

image : ambassadors-japan.com

Saat dulu taman ini merupakan taman pribadi Kaisar sampai akhir periode Perang Dunia II, setelah beberapa konflik terjadi akibat peperangan dan akhirnya taman ini dibuka untuk umum hingga sekarang. Taman ini telah dirancang sejak tahun 1906 pada puncak kekuasaan kaisar Meiji. Saat era Meiji merupakan kondisi industrialisasi yang pesat serta masuknya budaya-budaya barat di Jepang. Taman, yang luasnya 58,3 hektar dengan keliling 3,5 km, konsepnya memadukan tiga gaya yang berbeda yaitu Perancis, Inggris dan juga Jepang. Rumah teh tradisional Jepang juga tersedia di dalam kebun.

Taman ini juga menjadi tempat favorit untuk melihat hanami (bunga sakura), dan akan banyak dikunjungi orang selama musim sakura berlangsung. Taman ini memiliki lebih dari 20.000 pohon, termasuk sekitar 1.500 pohon sakura yang mekar dari akhir Maret, hingga awal April, dan hingga akhir April. Pohon-pohon lain yang dapat ditemukan di sini yaitu seperti pohon cedar Himalaya yang besar, pohon tulip, pohon cemara, dan pohon-pohon besar lainnya, yang telah ditanam sejak lama.

Taman Dan Kebun Besar Yang Indah Dalam Shinjuku Gyoen

image : youtube.com

Taman Dan Kebun Besar Yang Indah Dalam Shinjuku Gyoen

image : wikimedia.org

Pekerjaan hortikultura telah berlangsung di rumah kaca yang ada di kebun tersebut sejak 1892. Rumah kaca ini, dibangun pada tahun 1950 dan telah memiliki stok lebih dari 1.700 spesies tanaman tropis dan subtropis. Perlu anda ketahui, Taman ini memiliki tiga gerbang akses yaitu Gerbang Shinjuku, Gerbang Okido dan Gerbang Sendagaya. Shinjuku Gyoen buka dari jam 9:00AM hingga 16:30PM. Pada hari Senin, taman akan ditutup, terkecuali selama musim mekar bunga sakura dan krisan yang akan mulai dari akhir Maret hingga akhir April dan awal November, selama musim mekar tersebut taman ini bisa dibuka 7 hari penuh dalam seminggu. Rumah kaca, buka dari 9:30AM sampai 16:00PM . Tiket terakhir dapat dibeli pada pukul 16:00PM.

Akses

Taman ini berjarak tidak jauh dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki singkat dari Stasiun Shinjuku-gyoemmae di Jalur Marunouchi atau Stasiun Sendagaya di Jalur Chūō-Sōbu.

Taman ini berada di Jalur Tokyo Metro Fukutoshin dekat Stasiun Shinjuku-sanchōme. Dari stasiun itu (keluar C1), akan sampai dengan berjalan kaki dari sini selama kurang lebih 4 menit.

Lokasi

%d bloggers like this: