Berita Travel Jepang – Kota Fukuoka mungkin tidak sepopuler Tokyo maupun Osaka dimata para wisatawan, meski begitu kota Fukuoka yang menjadi ibukota dari Prefektur Fukuoka ini merupakan kota terbesar dan terdapat di daerah Kyushu Jepang. Posisi mereka juga lebih dekat dengan Seoul yang merupakan ibukota negara Korea Selatan ketimbang Tokyo, sehingga menjadikannya sebagai kota pelabuhan yang sangat berpengaruh untuk Jepang sejak lama.

Pesona Fukuoka, Kota Besar Yang Lebih Dekat Dengan Seoul Ketimbang Tokyo Ini Ternyata Memiliki Destinasi Wisata Yang Menarik !

image : hashtaglegend

Fukuoka pada hari ini merupakan gabungan dari 2 daerah yang dulunya merupakan sebuah kota pelabuhan bernama Hakata dan sebuah kota kastil Fukuoka. Berikut beberapa rekomendasi Artforia ketika anda berlibur mengunjungi Fukuoka.

Simak Juga : Info Penting !! Jepang Tetapkan Pajak Baru Untuk Transportasi Penerbangan Dan Kapal Laut !


Shofukuji Temple

Pesona Fukuoka, Kota Besar Yang Lebih Dekat Dengan Seoul Ketimbang Tokyo Ini Ternyata Memiliki Destinasi Wisata Yang Menarik !

image : travel.sygic

Merupakan sebuah kuil Zen pertama di Jepang, Shofukuji (聖福寺) didirikan pada tahun 1195 oleh pendeta Eisai, yang memperkenalkan sekte Rinzai Buddhisme Zen dari China ke Jepang. Meskipun bangunan kuil tidak dapat dimasuki, pengunjung dapat berjalan melalui halaman kuil Shofukuji yang menarik dan mengamati bangunan dari luar.

Sebelum pengenalan Zen ke Jepang, agama Buddha telah memiliki sejarah panjang di Jepang sejak tahun 500-an. Ajaran baru Zen, yang dipelajari Eisai selama perjalanannya di Tiongkok, mempromosikan meditasi dan disiplin sebagai sarana untuk mencapai pencerahan dan prinsip ini menjadi sangat populer di kalangan samurai.

Lantai kuil Shofukuji menampilkan banyak fitur khas kuil Zen. Bangunan kayunya telah hancur, namun telah dibangun kembali berkali-kali selama berabad-abad. Ada sejumlah gerbang di halaman kuil, yang paling menonjol adalah Gerbang Sanmon. Gerbang besar berdiri di depan sebuah kolam dan jembatan kecil dan baru saja dibangun kembali pada tahun 1911.

Di belakang Gerbang Sanmon, jalan setapak berbaris pohon mengarah ke Butsuden Hall, yang terdapat sebuah patung kayu kecil berbentuk Buddha bersejarah yang diapit oleh patung emas raksasa Buddha lainnya di kedua sisi. Langit-langit bangunan dihiasi oleh lukisan naga awan. Shofukuji memiliki sejumlah bangunan menarik lainnya, seperti menara lonceng dan aula yang didedikasikan untuk Eisai.

Akses

Kuil Shofukuji dapat dicapai dengan berjalan kaki singkat dari Stasiun Gion, satu stasiun dari Stasiun Hakata dengan kereta bawah tanah (200 yen sekali jalan). Atau, dari Stasiun Hakata dibutuhkan 15-20 menit berjalan kaki ke kuil.


Yatai Collection

Pesona Fukuoka, Kota Besar Yang Lebih Dekat Dengan Seoul Ketimbang Tokyo Ini Ternyata Memiliki Destinasi Wisata Yang Menarik !

image : gaijinpot

Fukuoka juga dikenal dengan kumpulan Yatai (kedai-kedai makanan kaki lima yang ada di pinggir jalan), Setiap Yatai pada umumnya hanya dapat menampung sekitar tujuh atau delapan orang dan menyediakan berbagai makanan yang umumnya sederhana dan mengenyangkan dengan harga yang tentu relatif murah. Terdapat puluhan Yatai yang tersebar di Fukuoka, tetapi yang terbaik untuk menemukannya adalah di ujung selatan Pulau Nakasu. Letaknya di tengah kota, Pulau Nakasu memiliki deretan panjang sekitar 20 Yatai yang secara menarik terletak di sepanjang perairan.

Hidangan khas yang dapat dinikmati disini berbagai macam seperti Sate Ayam Jepang (Yakitori), Hot Pot (Oden) dan paling terkenal dan khas adalah Hakata Ramen, sebuah hidangan mie lokal yang menampilkan mie ramen yang tipis dan sup dengan kuah kaldu daging babi (Tonkotsu). Berbagai minuman alkohol juga tersedia disini. Para Yatai ini biasanya buka sejak jam 6 sore hingga jam 2 pagi, kecuali jika cuaca sedang sangat buruk.

Akses

Yatai sebenarnya dapat anda temukan di seluruh pusat kota, dan anda mungkin akan menjumpai beberapa Yatai sambil berjalan melalui area wisata yang sibuk di malam hari.

Untuk mencapai deretan Yatai yang ada di Pulau Nakasu, wisatawan dapat menggunakan bus seharga 100 yen dari Stasiun Hakata atau Stasiun Tenjin (Keberangkatan setiap 5-10 menit). Stasiun kereta bawah tanah terdekat adalah Stasiun Nakasu Kawabata dan Stasiun Minami Tenjin, yang keduanya berjarak sekitar 10 menit dengan berjalan kaki.


Ohori Park

Pesona Fukuoka, Kota Besar Yang Lebih Dekat Dengan Seoul Ketimbang Tokyo Ini Ternyata Memiliki Destinasi Wisata Yang Menarik !

image : filmi-onlain

Ingin bersantai menghabiskan waktu di area yang sejuk dan indah maka Taman Ohori (大 濠 公園, Ōhori-kōen) bisa menjadi pilihan anda, taman ini merupakan taman kota yang ada di pusat Fukuoka dengan kolam besar di tengahnya. Ada jalan setapak di sekeliling kolam yang panjangnya hanya sekitar dua kilometer dan biasanya populer untuk jogging, berjalan-jalan santai sambil memandangi air.

Ohori adalah bahasa Jepang untuk parit, dan kolam di tengah taman ini pernah berfungsi sebagai bagian dari sistem parit dari Kastil Fukuoka yang letaknya tidak jauh. Taman ini dibangun antara 1926 dan 1929. Ada tiga pulau di tengah kolam yang terhubung ke daratan dan satu sama lain oleh jembatan batu yang elegan.

Akses

Taman Ohori berjarak beberapa langkah dari Stasiun Subway Ohori Koen (10 menit, 260 yen dari Stasiun Hakata).


Fukuoka Castle Ruin

Pesona Fukuoka, Kota Besar Yang Lebih Dekat Dengan Seoul Ketimbang Tokyo Ini Ternyata Memiliki Destinasi Wisata Yang Menarik !

image : japanhoppers

Reruntuhan Kastil Fukuoka (福岡 城 跡, Fukuokajōato) terletak di tengah kota tepatnya di Taman Maizuru, dinamai dengan nama kastil tersebut, Kastil Maizuru. Selama Periode Edo (1603-1867), Kastil Fukuoka dulunya adalah kastil terbesar di Kyushu, tetapi hampir sepenuhnya dihancurkan setelah Restorasi Meiji sebagai simbol yang tidak diinginkan dari masa feodal. Saat ini hanya dinding yang hancur dan beberapa menara yang tersisa, namun kastil ini masih memiliki daya tarik dan nilai sejarah yang tinggi.

Kastil Fukuoka dibangun pada awal abad ke-17 oleh Kuroda Nagamasa, yang diangkat sebagai penguasa wilayah feodal Chikuzen di sekitarnya (beberapa bagian dari Prefektur Fukuoka pada jaman sekarang) atas dukungannya terhadap Tokugawa Ieyasu selama pertempuran Sekigahara. Klan Kuroda memerintah dari kastil ini selama lebih dari dua abad sampai penghapusan sistem feodal pada tahun 1870.

Akses

Reruntuhan Kastil Fukuoka dapat dicapai dalam 10-15 menit berjalan kaki dari Stasiun Kereta Bawah Tanah Ohori Koen.


Itulah beberapa rekomendasi lokasi wisata yang dapat anda kunjungi selama berlibur di Fukuoka, meski begitu memang masih banyak lokasi-lokasi yang dapat anda temukan di kota yang besar dan padat ini.

%d bloggers like this: