Berita Lifestyle Jepang – Memiliki hubungan atau kerabat dari negara lain tentu menjadi tantangan sosial tersendiri bagi setiap orang, tentunya tradisi dan budaya yang berbeda membuat anda harus dapat beradaptasi dengan semua hal tersebut jika ingin memiliki hubungan yang baik dengan lingkungan yang baru, beberapa kendala terkadang datang dalam hal yang terduga seperti halnya memperkenalkan teman atau kerabat Jepang anda kepada keluarga atau teman-teman di Indonesia.

5 Tips Untuk Memperkenalkan Kerabat Jepang Anda Kepada Keluarga Maupun Teman Di Indonesia !

image : Gaijinpot

Berikut Artforia mendapatkan panduan menarik dari seorang jurnalis yang juga seorang blogger berbakat Liam Carrigan untuk mengatasi keadaan ini.

Simak Juga : Ingin Lakukan Tradisi Hatsumode Ketika Berlibur Di Jepang ? Ikuti Tips Dari Artforia Berikut Ini !


Pilih Tempat Pertemuan Yang Tidak Biasa

Sebuah rasa canggung dan gugup biasanya datang ketika anda memperkenalkan rekan atau kerabat Jepang anda kepada keluarga anda ataupun teman anda di Indonesia, namun bila anda memilih sebuah area baru yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya maka akan membantu anda mencairkan suasana yang tegang karena lokasi baru akan menumbuhkan perasaan bahwa kita semua memulai hal yang baru bersama.

Menjadi Penengah Yang Baik

Tentunya hambatan bahasa sering terjadi antara orang Jepang dengan masyarakat luar yang biasanya tidak bisa berbahasa Inggris, sebagai seorang yang memiliki kerabat atau rekan Jepang pastinya anda sudah cukup awam dengan bahasa Jepang atau mengerti dengan bahasa tersebut, dengan membantu penjelasan kata-kata mereka kepada keluarga atau teman Indonesia anda dalam bahasa Inggris akan sangat membantu.

Jika anda merasa percakapan terlalu kaku, anda bisa menjelaskan atau menerjemahkan kata-kata yang dikeluarkan oleh kerabat Jepang anda dengan penjelasan yang lebih santai sehingga suasana tidak akan terasa canggung maupun tegang.

Jangan Meremehkan Empati Dan Komunikasi Nonverbal

Meski komunikasi terhambat karena perbedaan bahasa namun anda tidak perlu khawatir secara berlebihan, karena meski mereka tidak mengerti satu sama lain dalam hal bahasa mereka dapat tetap berkomunikasi dengan kata-kata sederhana dan gerakan-gerakan sederhana untuk memperjelasnya, sehingga anda jangan terlalu menganggap mereka selalu membutuhkan anda untuk sebuah komunikasi.

Setiap orang tentunya memiliki rasa empati masing-masing, meski terbatasi oleh bahasa mereka akan tetap mengetahui apa yang dimaksud satu sama lain dengan berbagai cara.

Santai Dan Jangan Selalu Merencanakan Semuanya Di Atas Kertas

Tentunya sebuah kondisi akan terlihat sangat formal dan canggung bila anda melakukannya terlalu serius, terkadang hal-hal menyenangkan dan berkesan akan terjadi tanpa direncanakan, oleh karena itu tetap santai dan ikuti keadaan tanpa direncanakan terkadang akan memberikan pengalaman terbaik selama perkenalan. Jadi janganlah marah jika segalanya tidak berjalan sesuai yang anda harapkan atau rencanakan, terkadang hal-hal kurang mengenakan juga terjadi namun disitulah sebuah perkenalan dapat lebih dekat dan memahami satu sama lain.

Perhatikan Soal Perbedaan Budaya Tetapi Jangan Terlalu Terikat Dengan Hal Tersebut

Perbedaan Budaya tentu akan membuat pertemuan antara kerabat Jepang anda dengan keluarga maupun teman menjadi hal yang unik, terkadang hal ini dapat menjadi keliru jika diantara mereka melihat sebuah sikap, gerakan ataupun bahasa tubuh yang dilakukan. Oleh karena itu anda disini dapat membantu menjelaskan bagaimana budaya Jepang dan bagaimana mereka berinteraksi, begitu juga anda menjelaskan kepada kerabat Jepang anda bagaimana budaya keluarga dan teman Indonesia anda secara singkat dan sederhana untuk menghindari sebuah kekeliruan yang dapat terjadi.


5 Tips Untuk Memperkenalkan Kerabat Jepang Anda Kepada Keluarga Maupun Teman Di Indonesia !

image : fastjapan

Semoga tips diatas dapat membantu proses perkenalan antara kerabat Jepang anda dengan keluarga ataupun teman anda di Indonesia berjalan lancar.!

Source : Liam Carrigan, Gaijinpot

%d bloggers like this: