0
100 shares

Cerita Hantu Jepang – Jorogumo (絡 新婦 atau じ ょ ろ う) adalah Yokai yang memiliki wujud manusia setengah laba-laba, dalam banyak kisah sejarahnya Jorogumo sering mengubah penampilannya menjadi seorang wanita untuk menggoda para pria di desa dan kemudian memakannya. Banyak yang mengatakan jika ingin melihat wujud asli Jorogumo ketika menyamar adalah dengan menampilkannya dalam sebuah cermin karena pantulan wujud aslinya akan terlihat dalam cermin tersebut. Jorogumo dikatakan sangat kuat dan kebal terhadap racun apapun. Sosok laba-laba yang mencerminkan Jorogumo adalah jenis Nephila Clavata atau di Indonesia dikenal dengan sebutan Laba-Laba Joro dan dapat ditemukan di seluruh dataran Jepang kecuali Hokkaido.

Mitos Sosok Laba-Laba Pemangsa Manusia Yang Disebut Jorogumo

Simak Juga : Nurarihyon, Mahkluk Misterius Yang Disebut Sebagai Pemimpin Para Yokai Di Jepang !

Mitos Sosok Laba-Laba Pemangsa Manusia Yang Disebut JorogumoDi Jepang sosok hewan laba-laba memang dikenal sebagai salah satu hewan yang memiliki unsur gaib yang kuat, dan beberapa jenis laba-laba menurut cerita mitos raykat Jepang memiliki kekuatan gaib yang menakjubkan. Salah satu dari berbagai rumor mitos laba-laba yang ada di Jepang, Joro-Gumo adalah yang paling dikenal dalam dunia Yokai. Laba-laba Joro yang menjadi cermin dari Jorogumo ini dikenal karena warnanya yang indah dan jaring-jaringnya yang besar dan kuat. Nama mereka bahkan memiliki arti yang unik ketika ditulis dalam huruf Kanji yang memiliki arti “Entangling Bride” atau dapat diartikan sebagai “Perempuan Penjerat”.

Dalam kisah Yokainya, mahkluk Joro-Gumo hidup menyendiri, baik sebagai laba-laba maupun Yokai. Ketika laba-laba Joro ini dapat mencapai usia 400 tahun mereka dikatakan akan memiliki kekuatan gaib dan mulai turun ke kota untuk memangsa manusia. Mereka membuat sarang di gua, hutan atau bahkan di rumah-rumah kosong yang tidak jauh dari kota. Mereka memiliki kecerdasan yang licik dan hati yang dingin, mereka melihat manusia hanya sebagai mangsa. Mereka dikenal sebagai penipu ulung dan dapat berubah wujud dengan sempurna untuk mengelabuhi mangsanya, biasanya mereka akan tampil sebagai wanita muda, seksi dan cantik yang luar biasa.

Mitos Sosok Laba-Laba Pemangsa Manusia Yang Disebut JorogumoDalam cerita-cerita masyarakat kuno, mangsa favorit Joro-gumo adalah pria muda dan tampan yang mencari cinta. Ketika Joro-Gumo melihat seorang pria yang diinginkannya, dia akan mengundang pria tersebut ke rumahnya dan bila pria tersebut tergoda dan pergi maka pria tersebut tidak akan pernah terlihat lagi. Mereka dapat mengeluarkan benang sutra tanpa terlihat untuk menjerat para pria dewasa sehingga tidak dapat lagi melarikan diri, mereka juga dikatakan memiliki racun kuat yang perlahan-lahan dapat melemahkan mangsanya. Joro-Gumo juga dikatakan dapat mengendalikan laba-laba kecil untuk membantunya, Joro-Gumo dapat bertahan dan beraktivitas bebas berkat kelicikannya dan kemampuannya menyamar.

Legenda Joro-Gumo telah lahir sejak lama dan bahkan sudah populer pada jaman Edo, Joro-Gumo juga dikenal sebagai Nyonya Air Terjun Joren (浄 蓮 の 滝) di semenanjung Izu yang ada di Prefektur Shizuoka.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

0
100 shares
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: