Dunia Hobi Jepang – Jepang memang memiliki banyak budaya tradisional dalam bidang kesenian dan salah satunya adalah Taiko (太 鼓) yang merupakan sebuah alat musik pukul Jepang yang memiliki aneka ragam jenis. Di Jepang, Taiko mengacu pada jenis drum apapun, tapi di luar Jepang, disebut dengan wadaiko (å’Œ 太 鼓 “drum Jepang”) dan satu set kelengkapan dari alat musik taiko sendiri disebut kumi-daiko (組 太 鼓). Proses pembuatan alat musik taiko sangat bervariasi tergantung daerah asal pembuat, metode dan juga bahan dasarnya.

Mengenal Taiko Sebuah Hobi Musik Tradisional JepangTaiko memiliki asal usul mitologis dalam cerita rakyat Jepang, namun catatan sejarah menunjukkan bahwa taiko diperkenalkan ke Jepang melalui pengaruh budaya Korea dan China sejak abad ke 6 Masehi. Beberapa taiko mirip dengan instrumen yang berasal dari India. Bukti arkeologi juga mendukung taiko tersebut hadir di Jepang pada abad ke-6 pada periode Kofun. Fungsi mereka bervariasi melalui sejarah, mulai dari komunikasi, aksi militer, iringan teater, dan upacara keagamaan hingga pertunjukan festival dan konser. Di zaman modern, taiko juga memainkan peran besar dalam gerakan sosial bagi kaum minoritas baik di dalam maupun di luar Jepang.

Simak Juga : Hobi Merajut Bagi Masyarakat Jepang

Penampilan Kumi-daiko, yang diperlihatkan dengan berbagai orang yang bermain di drum Taiko yang berbeda, dikembangkan pada tahun 1951 melalui karya Daihachi Oguchi dan berlanjut dengan kelompok-kelompok seperti Kodo. Gaya kinerja lainnya, seperti hachijō-daiko, juga muncul dari komunitas tertentu di Jepang. Kelompok kinerja Kumi-daiko aktif tidak hanya di Jepang, tapi juga di Amerika Serikat, Australia, Kanada, dan Brasil. Penampilan Taiko terdiri dari banyak komponen dalam ritme teknis, bentuk, pegangan tongkat, pakaian, dan instrumentasi tertentu. Ensemble biasanya menggunakan berbagai jenis berbentuk drum nagadō-daiko serta shime-daiko yang lebih kecil. Banyak kelompok menemani irama dari taiko ini dengan vokal, alat musik senar, dan juga instrumen musik tiup.

Mengenal Taiko Sebuah Hobi Musik Tradisional JepangTaiko pada saat ini sudah menjadi salah satu bagian dari hobi tradisional masyarakat Jepang. Dalam acara yang menampilkan pertunjukan taiko, seringkali menampilkan kelompok besar yang sangat bersemangat bermain beberapa jenis drum dan alat musik lainnya. Ada berbagai macam busana tradisional yang dikenakan oleh para pemain taiko saat mereka tampil. Yang umum di banyak kelompok kumi-daiko adalah penggunaan baju happi, mantel tipis, dan ikat kepala tradisional yang disebut hachimaki. Tabi, momohiki (も も 引 き), dan haragake (腹 掛 け) sebagai bawahannya.

%d bloggers like this: