BgL_6jWNP2c

DIY & CraftDunia Cosplay Jepang menawarkan banyak sekali karakter-karakter yang bisa kalian cosplay-kan, begitu juga dengan tingkat kesulitan pembuatan kostumnya, misalkan anda ingin membuat kostum yang bahan utamanya kebanyakan menggunakan kain, titik kesulitannya ada di bagian menjahitnya, dan jika kalian ingin berniat membuat kostum cosplay yang bertema armor besi, tingkat kesulitannya ada pada kedetailan kostum tersebut, belum lagi untuk ukurannya yang terkadang tidak pas dengan yang kita ukur, ya sebenarnya masih banyak lagi kesulitan bagi anda yang berniat ingin membuat kostum sendiri, tetapi kali ini Artforia akan memberikan beberapa DIY & Craft tentang Cosplay Jepang, Bagaimana cara membuat Armor Helm untuk Cosplay.

Simak Juga : Langkah Dasar Membuat Armor Cosplay Dengan E.V.A Foam

Armor Helm pada cosplay termasuk bagian yang vital, bagi beberapa karakter yang memakainya, ada juga helm yang hanya sebagai pelengkap saja, tetapi kita sebagai seorang Cosplayer pasti di tuntut untuk kedetailan dan ketepatan kostum pada suatu karakter donk. ya sudah tanpa basa-basi Artforia akan memberikan langkah-langkah untuk membuat armor helm cosplay menggunakan busa, disimak baik-baik ya guys.

Bahan yang harus di siapkan adalah :

  • 1/2″ Busa Matras/Busa Hati
  • Barge Cement atau Lem Busa lainnya Yang Durable
  • Heat Gun
  • Pisau Exacto atau sejenisnya

 

Langkah 1 : Membuat Pola

Langkah Membuat Armor Helm Untuk Cosplay Dengan Busa 2

solidsmack

Bagaimana cara membuat pola helm anda ? seperti narasumber Artforia dari Evil Ted mengatakan polanya itu sama seperti membuat pola di kain, Gunakan selotip dan aluminium foil untuk membentuk kepala, kemudian baringkan bahan polanya, potong menjadi bagian yang simetris. setelah mendapatkan sample potongan polanya, gunakan untuk menjadi standart ukuran dan potongan pola, buat kembali menggunakan kertas yang tebal untuk dijadikan sampel pola mungkin lain kali ingin membuatnya lagi, tidak harus repot membuat ulang.

TIPS : Jika anda sudah mempunyai Sampel Pola Helm, Setiap pembuatan helm berikan nomor seri sesuai dengan jenis helm tersebut, dan simpan Sampel Polanya untuk membuat helm yang serupa.

Langkah 2 : Transfer Pola ke Busa

Langkah Membuat Armor Helm Untuk Cosplay Dengan Busa 2

solidsmack

Setelah anda memiliki pola datar, tempelkan ke busa, Busa matras atau Busa hati, bahan ini lebih mudah dibentuk dengan cara dipanaskan, di amplas, dilem dan dicat, Transfer pola dengan cara menandakan menggunakan spidol, dan pastikan setiap potongan di tandai nomor sehingga setiap potongan busa, cocok dengan pasangannya ketika anda merekatkanya.

Langkah 3 : Memotong Busa

Langkah Membuat Armor Helm Untuk Cosplay Dengan Busa 2

solidsmack

Dengan menggunakan pisau Exacto, potong-potong beberapa busa, jika mempunyai cutting mat, anda bisa menggunakannya karena sangat berguna saat melakukan proses pemotongan busa, Pastikan untuk menjaga pisau anda di sudut 90 derajat ke busa, sehingga nanti jika di pasangkan akan cocok dengan pasangannya, dan sangat dianjurkan untuk membuat lipatan yang tajam.

Langkah 4 : Memanaskan Busa

Langkah Membuat Armor Helm Untuk Cosplay Dengan Busa 2

solidsmack

Karena busa sedikit kaku, anda bisa menggunakan pemanas untuk membuatnya mengendur dan lebih mudah untuk merekatkan dan mencocokan busa dengan pasangannyanya sesuai nomor yang di tandai. Panaskan secara merata depan, belakang, atur kepanasan tinggi selama beberapa menit. Mold busanya masing-masing bagian sampai anda mendapatkan bentuk kurva sesuai yang anda inginkan.

Langkah 5 : Lem Busa

Langkah Membuat Armor Helm Untuk Cosplay Dengan Busa 2

solidsmack

Langkah Membuat Armor Helm Untuk Cosplay Dengan Busa 2

solidsmack

Gunakan lem busa yang bagus menurut kalian, jika kalian punya lem busa seperti yang disarankan Evil Ted, Lem busa Barge Cement (Barge Cement sangat bagus untuk ketahanan penggunaan), lem bagian-bagian yang sudah cocok dengan nomor yang telah di sesuaikan, pastikan sebelum mengelemm nomor pada busa dan pasangannya sudah cocok.

Simak Juga : Intip Cara Pembuatan Tradisional Dari Kipas Lipat Jepang

Langkah 6 : Test Cocok tidaknya Uuran Helm

Langkah Membuat Armor Helm Untuk Cosplay Dengan Busa 2

solidsmack

Setelah sudah menyambungkan bagian atas dan samping, jadilah sebuah Armor Helm, nah saatnya anda mencocokan dengan ukuran kepala anda, Disini anda dapat menambahkan busa ke dalam untuk padding, memotong bagian belakang helm atau menandai area yang ingin di tambahkan, Busa Hati atau Busa Matras bisa di amplas dan di bentuk serta direkatkan dengan fitur lainnya, seperti kalian ingin menambahkan detail sayap atau lainnya.

“Untuk lebih lengkapnya kalian bisa menoton video Tutorial yang terletak di atas artikel ini pada bagian Judul.”

Source : solidsmack, eviltedsmith, tested

%d bloggers like this: