A password will be e-mailed to you.

Artforia – Bagi para cosplayer keahlian membuat sebuah props atau costume sangatlah dibutuhkan selain pintar melakukan make up tampilan costume juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan, tidak ingin capai dan membeli jadi sebuah costume memang menjadi solusi tetapi tentu akan memakan banyak biaya serta tidak ada ilmu yang bisa anda dapat bila hanya membeli saja.

Cosplay yang merupakan singkatan Costume Play memang sebuah aktivitas populer sejak dahulu yang kini menjadi seperti budaya penting pada negara Jepang oleh sebab itu Artforia ingin berbagi salah satu panduan khusus untuk membuat costume atau armor cosplay menggunakan E.V.A Foam semoga dapat membantu anda para pecinta cosplay.

Simak Juga : Hasil Rautan Pensil ini Seperti Guguran Bunga Sakura! Sungguh Unik

Dalam membuat sebuah costume malalui bahan E.V.A Foam terdiri dari 10 langkah yang harus anda lakukan dan pada setiap langkahnya anda harus lakukan dengan baik agar hasil akhir pada kostum yang anda buat tidaklah salah. Dalam membuat sesuatu tentu dibutuhkan bahan-bahan dan berikut ini adalah daftar alat yang anda butuhkan dalam membuat sebuah costume dari E.V.A Foam.

  1. EVA Foam
  2. Pisau Cukur / Pisau Xacto
  3. Gunting
  4. Heat Gun
  5. Solder Besi
  6. Lemp Temperatur Tinggi
  7. Alat Rotary
  8. Tali Nilon
  9. Gesper
  10. Velcro / Hook dan Loop
  11. Penggaris Logam
  12. Penanda titik halus
  13. Lateks Caulk
  14. Plasti Dip
  15. Cat Semprot

Step 1 : Pilih Jenis EVA Foam

1.  Untuk langkah pertama adalah memilih jenis EVA Foam yang sesuai dengan kebutuhan costume anda karena tentunya EVA Foam terdiri dari beberapa jenis. Jenis yang pertama adalah EVA Foam jenis kotak seperti keramik lalu kedua adalah EVA Foam jenis roll karpet dan yang terakhir adalah EVA Foam jenis busa. Bila telah memilih yang tepat bahan untuk membuatnya maka anda sudah dapat melangkah ke tahap berikutnya.

artforia.com

Step 2 : Template & Patterns

  1. Langkah kedua adalah saatnya membuat gambar pola atau gambar struktur costume yang akan dibuat padasebuah kertas atau digital melalui komputer karena tanpa adanya tahap ini anda akan sangat kesulitan menentukan bentuk yang akan dibuat pada EVA Foam anda, digunakan oleh banyak pembuat costume bila Papekura atau Paper Craft adalah cara yang tepat untuk membuat pola desain anda.

artforia.comStep 3 : Cutting & Trimming

  1. Langkah yang ketiga ini adalah saatnya anda melakukan pemotongan terhadap EVA Foam yang telah anda garisi polanya pada langkah kedua, untuk melakukan tahap ini tentunya anda memerlukan gunting dan beberapa alat potong lainnya dan potonglah dengan hati-hati sesuai pola yang telah anda buat pada tahap sebelumnya, gunakan pisau cukur atau xacto blade untuk memotong EVA Foam pada bagian-bagian yang sulit untuk dipotong dengan gunting biasa.

artforia.comStep 4 : Membentuk & Mengukir

  1. Pada tahap ini anda membutuhkan beberapa alat untuk membentuk dan mengukir EVA Foam anda agar menjadi bentuk yang sesuai dengan pola desain anda, alat-alat yang digunakan pada tahap ini biasanya adalah Soldier Besi atau Heat Gun, ingat dalam tahap ini anda harus extra hati-hati karena ketika membentuk dan mengukir tidak boleh salah atau bentuk EVA Foam anda tidak bisa kembali seperti semula karena proses pemanasan.

artforia.comStep 5 : Mengelem

  1. Tahap ke 5 adalah saatnya anda menyatukan bagian-bagian EVA Foam yang telah dipotong dan dibentuk dalam langkah sebelumnya menggunakan lem yang telah anda sediakan, tentunya dalam mengelem atau merekatkan EVA Foam tidak bisa menggunakan lem biasa dan harus lem panas yang tentunya baru bisa menempelkan EVA Foam anda.

artforia.comStep 6 : Membuat Lapisan Pada EVA Foam

  1. Tahap atau langkah keenam adalah membuat sebuah lapisan pada EVA Foam yang telah anda bentuk, Jika Anda lebih suka mengisi celah dan jahitan dengan lem panas ini adalah metode untuk Anda. Anda memerlukan sander mouse dengan kertas pasir 50/60 dan 300 atau lebih tinggi untuk itu.

artforia.comStep 7 : Membuat Pola Detail

  1. Pada tahap ini yang harus dilakukan adalah membuat detail-detail kecil pada costume EVA Foam yang telah anda bentuk misalnya pola-pola retakan pada armor atau kancing-kancing dan sejenisnya agar costume anda terlihat lebih detail dan hidup. Untuk melakukan ini memang sedikit dibutuhkan keterampilan anda maka berlatihlah terlebih dahulu pada sisa-sisa foam yang telah anda gunakan sebelum membuat pola detail ini agar tidak salah.

artforia.comStep 8 : Mewarnai Costume

  1. Setelah semua tahap sebelumnya dilaksanakan dengan baik hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mewarnai armor anda dengan warna-warna yang benar dan merata, biasa dalam tahap ini anda akan membutuhkan Plasti Dip dan juga cat semprot. Tips dari beberapa pembuat kostum mengatakan sebelum mewarna anda harus melakukan eksperimen terlebih dahulu dengan warna yang akan digunakan agar mendapatkan warna yang sempurna mirip dengan tokoh yang akan anda buat kostumnya.

artforia.comStep 9 : Pengukuran Kostum Agar Bisa Dipakai

  1. Tahap kedua dari akhir ini adalah tahap penting dimana anda harus mengukur seberapa besar ukuran kostum yang muat dengan pamakai atau dengan anda barulah setelah itu anda menggabungkan setiap bagian pada kostum yang telah anda buat dengan EVA Foam, biasanya para pembuat kostum pemula selalu salah pada tahap ini karena ukuran kostum terlalu kecil atau terlalu besar maka perhatikan lah secara detail ketika anda melakukan langkah ini, sesuaikan dengan ukuran tubuh pemakai.

artforia.comStep 10 : Finished Product

  1. Tahap terakhir adalah saatnya menggabungkan seluruh komponen armor EVA Foam yang telah anda buat sehingga menjadi 1 kostum penuh yang muat dipakai, tentunya bila telah terpasang sempurna anda sudah siap untuk menunjukan hasil karya sendiri pada event-event yang akan datang. Tentunya membuat kostume sendiri sangatlah puas ketimbang membelinya!.

artforia.comartforia.com

%d bloggers like this: