Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Seni Budaya Jepang – Kinkakuji atau sering juga disebut Golden Pavilion adalah kuil Buddha Zen yang terletak di Kyoto Utara. Sebuah bangunan kuil megah yang berada di tengah danau dengan arsitektur khas yang berbeda di setiap lantai. Kuil ini telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO dengan mengacu pada sejarah berawalnya situs ini yang dimulai sejak tahun 1397. Dikarenakan keindahan dan kesohorannya, kuil ini selalu ramai pengunjung. Berkunjunglah di pagi hari atau sebelum tutup, idealnya di hari biasa.

Baca Juga : Festival Besar Kasuga Wakamiya Di Prefektur Nara

Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Tahun 1397 kuil ini masih berupa villa milik seorang negarawan ternama “Saionji” dengan sebutan Kitayama-dai kemudian dibeli oleh Ashikaga Yoshimitsu. Dibawah kepemilikan Yoshimitshu selanjutnya villa ini diubah menjadi kompleks Kinkakuji. Selama perang Onin (1467-1477) yang telah menghancurkan banyak wilayah di Kyoto, Kuil Kinkakuji juga ikut hancur. Pada 1950, kuil ini sempat dibakar oleh seorang biarawan fanatik. Dan pada 1955 situs ini dibangun kembali dengan mengacu pada model awal berupa bangunan bertingkat tiga dengan tinggi sekitar 12.5 meter.

Didirikan kembali dan dilakukan pembenahan dalam gaya arsitektur yang berbeda untuk setiap lantainya, gedung ini sangatlah menarik. Lantai dasar dibangun ala shinden, menurut kebiasaan pada jaman Heian. Hal yang paling kelihatan dari gaya ini adalah pilar kayu alam dengan dinding berplester putih yang kontras sekali. Dibangun ala Bukke, biasa ditemukan di rumah seorang Samurai, lantai dua eksteriornya di lapisi daun emas. Lantai ketiga yaitu paling atas, dibuat seperti Aula Zen Tiongkok, juga dengan eksterior berlapis daun emas.

Seni Budaya Jepang | Artforia.com Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Memasuki area kuil, Anda akan dimanjakan oleh pemandangan menakjubkan dari sebuah kuil yang berkilau keemasan dari kejauhan di atas sebuah danau hijau dengan latar belakang pohon-pohonan hijau segar saat musim semi ataupun dilatari oleh latar belakang hamparan putih yang terlihat kontras jika Anda berkunjung di musim salju.

Apapun musim yang sedang berlangsung saat Anda berkunjung ke Jepang, tempat ini tetap menjadi favorit tujuan wisata. Kuil ini dibuka mulai 9 pagi hingga jam 5 sore dengan membayar karcis masuk sebesar 400 yen. Kuil ini dapat Anda akses dari Stasiun Kyoto menggunakan Kyoto City Bus nomor 101 atau 205. Anda akan sampai ke kuil Kinkakuji dalam 40 menit dengan cukup mengeluarkan 230 yen dari kantong Anda. Atau Anda bisa menggunakan sarana yang lebih cepat seperti Karasuma Subway ataupun taksi, namun tentunya harus merogoh kocek lebih dalam.

%d bloggers like this: