Belajar Bahasa Jepang – Dalam mempelajari bahasa Jepang terdapat 3 bagian sistem penulisan yang tentunya sudah kita ketahui yaitu Kanji, Katakana dan Hiragana. Namun biasanya beberapa pelajar akan lebih memfokuskan diri terlebih dahulu kepada Hiragana ataupun Katakana baru mempelajari Kanji yang memang levelnya terbilang lebih sulit, Hiragana sendiri adalah karakter suku kata, dengan masing-masing karakter memiliki suara suku kata.

Beberapa Cara Ampuh Untuk Menguasai Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang
image : gogonihon

Anda menyatukan suku kata dalam Hiragana ini untuk membentuk kata-kata, oleh karena itu untuk mempelajari Hiragana anda pertama-tama harus mempelajari dahulu cara mengucapkan suku kata. Setelah anda mengerti pengucapannya, anda mulai dapat membaca dan bahkan menulis dalam Hiragana sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda lakukan saat mempelajari Hiragana agar lebih mudah.

Simak Juga : 5 Tips Untuk Membuat Proses Belajar Berbicara Bahasa Jepang Anda Menjadi Lebih Efisien


Membutuhkan Bagan Huruf

Beberapa Cara Ampuh Untuk Menguasai Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang
image : forum.duolingo

Download atau buatlah sebuah bagan huruf Hiragana, karena anda akan membutuhkan bagan untuk mempelajari Hiragana dan juga untuk memahami bagaimana setiap karakter dari huruf ini disusun. Ada banyak grafik atau bagan yang berbeda tersedia di internet secara gratis yang bisa kamu unduh atau lihat. Pilihlah bagan grafik sesuai dengan selera anda.

Anda dapat menemukan grafik bagan tersebut di beberapa website panduan belajar bahasa Jepang seperti disini, beberapa yang di sediakan merupakan bagan standar, tetapi beberapa juga ada yang memiliki fungsi tertentu seperti misalnya bagan untuk menunjukkan arah goresan dalam penulisan Hiragana yang tentunya akan anda perlukan untuk sesi belajar cara penulisan.

Habiskan waktu belajar selama satu minggu untuk setiap kolom bagan Hiragana, kemudian setiap 2 atau 3 minggu, kembali dan tinjau apa yang telah anda pelajari selama ini sehingga tidak akan melupakan karakter-karakter yang telah anda pelajari.

Mulai Mempelajari Dengan 5 Huruf Vokal

Beberapa Cara Ampuh Untuk Menguasai Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang
image : busy.org

Mempelajari Hiragana lebih mudah jika anda memulai dengan 5 huruf vokal, karena semua huruf yang ada di dalam bagan grafik Hiragana merupakan kombinasi dari huruf-huruf vokal ini.

  • adalah bunyi “ah”, seperti huruf a dalam bahasa Inggris “car” atau “awful.”
  • diucapkan seperti ee dalam kata bahasa Inggris “eel.”
  • adalah bunyi “oo”, agak seperti ou dalam kata bahasa Inggris “you.”
  • diucapkan seperti e dalam kata-kata bahasa Inggris “exotic” atau “egg.”
  • adalah bunyi “oh”, agak seperti o dalam bahasa Inggris “original.”

Membutuhkan Lembar Latihan

Beberapa Cara Ampuh Untuk Menguasai Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang
image : Japanese-Lesson

Anda membutuhkan lembar latihan untuk mempelajari cara penulisan Hiragana, karena arah dan urutan goresan dalam penulisan Jepang sangatlah penting daripada dalam bahasa Inggris ataupun Indonesia yang menggunakan penulisan alfabet. Bagan garis dapat membantu anda mengingat urutan goresan untuk setiap karakter huruf Hiragana yang anda tulis.

Jika bingung mencari lembar praktek atau lembar latihan anda dapat mendapatkannya secara online gratis, seperti salah satunya ada disini.

Berlatih Menulis Setiap Karakter Huruf Hingga Terbiasa

Beberapa Cara Ampuh Untuk Menguasai Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang
image : Youtube

Lakukan latihan secara perlahan dan hati-hati, cobalah untuk meniru sebaik mungkin dan mengikuti urutan goresan secara benar hingga tangan dan memori dalam otak anda terbiasa, setidaknya lakukan latihan ini sebanyak satu baris dalam lembar latihan anda secara rutin.

Cobalah untuk mengikuti contoh dengan benar dan sebaik mungkin, sampai akhirnya anda tidak membutuhkan contoh lagi untuk menulis huruf tersebut, waktu sebentar mungkin tidak akan cukup untuk anda membiasakan memori dan jari anda untuk menulis huruf Jepang oleh karena itu cobalah berulang kali, luangkan waktu anda untuk berlatih dan sisihkan sedikit waktu setiap hari untuk membiasakan diri menulisnya.

Gabungkan Setiap Huruf Hiragana Menjadi Kata Yang Anda Ketahui

Beberapa Cara Ampuh Untuk Menguasai Huruf Hiragana Dalam Bahasa Jepang
image : travelsintranslation

Mungkin anda telah mengetahui arti dari beberapa kata bahasa Jepang yang simpel seperti Konnichiwa dan Sayonara, tetapi kata-kata ini mengandung suku kata Hiragana yang memiliki pengucapan masing-masing dan dapat di identifikasi dalam penulisan Hiragana. Sebagai contoh penulisan こ ん に ち は adalah ko + n + ni + chi + wa. Konnichiwa!. Jadi cobalah untuk membaca setiap kata dengan melihat masing-masing karakternya.


Itulah beberapa masukan dari Artforia untuk proses mempelajari huruf Hiragana, semoga dapat melancarkan proses belajar anda!.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: