Seni Budaya Jepang – Hampir setiap bulannya negara Jepang memiliki berbagai macam festival yang menarik dan unik untuk anda ketahui, setiap perjalanan anda ke negeri sakura kemungkinan besar akan bertepatan dengan salah satu festival yang sedang berlangsung disana. Seperti salah satunya festival Karatsu Kunchi yang berlangsung setiap bulan November setiap tahunnya di kota Karatsu, Prefektur Saga, di pulau KyÅ«shÅ« di Jepang.

Uniknya Festival Karatsu Kunchi Di Kota KaratsuFestival yang dimulai pada malam tanggal 2 November dan berakhir pada tanggal 4 November, menampilkan parade setiap hari dari empat belas hikiyama, pelampung besar dalam bentuk helm samurai, ikan air tawar, naga, dan makhluk fantastis lainnya, semuanya dibangun dari kayu, pernis, dan bahan lainnya Ini adalah acara utama kalender Karatsu, yang secara teratur menarik kerumunan orang antara 150.000 sampai 500.000 orang dari daerah sekitarnya selama liburan tiga hari.

Simak Juga : Festival Malam Yang Meriah Chichibu Yomatsuri

Karatsu Kunchi merupakan sebuah festival yang berada di kota kecil Karatsu namun berhasil menarik perhatian sejumlah besar masyarakat luar kota, kira-kira mencapai setengah juta orang selama tiga hari setiap tahunnya. Dalam festival ini tentu penduduk setempat berusaha keras untuk mempersiapkan pertunjukan yang sangat menarik untuk dipertunjukan kepada para pengunjung di festival tersebut, selain itu cukup banyak juga tersedia booth-booth makanan yang menyiapkan makanan lokal.

Uniknya Festival Karatsu Kunchi Di Kota KaratsuUniknya Festival Karatsu Kunchi Di Kota KaratsuSetiap hikiyama, yang didirikan berbaris dengan jarak diantaranya lima dan enam meter, dan beratnya berkisar antara dua sampai lima ton untuk setiap hikiyama dan kemudian akan ditarik melalui jalan-jalan kota oleh tim pengangkut yang dipilih dari keluarga atau masyarakat yang tinggal di kota Karatsu, parade tradisional tersebut akan berjalan sangat meriah dengan terdengar nyanyian ” En-ya! En-ya! “Atau” Yoi-sa! Yoi-sa! Yoi-sa! ” serta musik dari drumer taiko dan pemain suling yang berdiri di dasar hikiyama. Acara ini biasanya dikoordinasikan secara langsung oleh kuil Shinto setempat, karena biasanya ketika festival selesai para hikiyama ini akan disimpan didekat kuil-kuil tersebut,

Festival ini telah berlangsung selama beberapa abad sampai sekarang, perubahan hikiyama sendiri telah banyak terjadi semenjak pertama kali dibuat yaitu antara tahun 1819 dan 1876. Pada tahun 1980, akhirnya festival tersebut ditetapkan sebagai “Properti Budaya Unik Rakyat Yang Penting”. Untuk dapat mengaksesnya, festival Karatsu Kunchi berlangsung di pusat kota Karatsu. Ini berpusat di sekitar Karatsu Shrine dekat balai kota Karatsu. Hikiyama secara permanen dipamerkan di Hikiyama Exhibition Hall tepat di belakang balai kota.

%d bloggers like this: