A password will be e-mailed to you.

DIY&Craft – Sendal Geta merupakan sendal tradisional Jepang yang banyak menarik perhatian para wisatawan luar, tentu dari teksture bentuknya sendal ini sebenarnya tidak sulit untuk dibuat sendiri, apakah anda berniat untuk membuat sendal geta anda sendiri?? kalo begitu perhatikan artikel dibawah ini karena Artforia akan berbagi mengenai panduan dalam membuat sendal geta.

Saatnya Membuat Sendal Geta SendiriPemilihan kayu dalam membuat sendal tradisional Geta ini sangatlah penting, tentu anda tidak ingin menggunakan kayu yang terlalu penuh dengan celah dan lubang. Potong sekitar 1 cm dari ukuran kaki anda karena dengan begitu Anda akan bisa membentuk geta anda nantinya. Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah penghalusan permukaan kayu dengan amplas (saya menggunakan grit 120). Lakukan kepada 2 buah kayu yang disediakan. Waktunya tergantung dari anda ingin seberapa halusnya sendal tersebut.

Simak Juga : Membuat Helm Samurai Dengan Lipatan Origami

Saatnya Membuat Sendal Geta SendiriSetelah penghalusan tahap berikutnya adalah memasang penyangga pada bawa sendal yang menjadi ciri khas dari sendal Geta ini. Lakukan dengan perlahan dan teliti karena bagian ini penting yang mempengaruhi keseimbangan anda bila digunakan nanti. Tidak ada standar yang ditetapkan untuk sebuah tinggi dari penyangga tetapi biasanya menggunakan tinggi 4cm.

Saatnya Membuat Sendal Geta SendiriGunakan pahat dan palu untuk perlahan membentuk kaki penyangga, pastikan anda melakukannya tanpa kesalahan dan hindari kerusakan pada penyangganya. Tentunya lakukan hal ini untuk kedua sendal anda. Normalnya posisi bawah sendal bagian depan lebih lebar daripada belakang karena akan memberikan keseimbangan yang sempurna dari penyangga.

Saatnya Membuat Sendal Geta SendiriSaatnya Membuat Sendal Geta Anda SendiriLakukan proses penghalusan lagi pada kedua belah penyangga bagian bawah.

Sekarang waktunya untuk membentuk setiap ujung sendal menjadi lebih bulat dengan sebuah alat pengukir. Lalu setelah selesai lakukan penghalusan lagi agar terlihat sempurna. Lalu berikan minyak kayu agar terlihat lebih hidup.

Saatnya Membuat Sendal Geta SendiriSetelah tahap ini selesai anda perlu memperkuat kedua penyangga dibawah tersebut dengan melakukan bor pada dua lubang di masing-masing penyangga lalu isi dengan lem dan baut, setelah terpasang biarkan sementara waktu agar lem mengering.

Saatnya Membuat Sendal Geta SendiriSekarang saatnya anda memutuskan dimanakah letak lubang yang pas untuk memasang Hanao (tali sendal) dan bila menentukan gunakan lagi alat bor pada tempat yang telah anda tandakan.

Saatnya Membuat Sendal Geta SendiriGunakan bahan yang bagus untuk hanao karena bagian ini rawan rusak bila anda sering memakainya, menggunakan kain wol yang kuat bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Jahit saja sesuai dengan ukuran kaki anda.

Saatnya Membuat Sendal Geta SendiriSetelah semuanya terpasang anda hanya tinggal mengecheck semua sambungan apakah sudah kuat atau belum, dan sebagai solusi lain anda juga bisa menambahkan sol karet kepada kedua belah penyangga agar suara tidak terlalu besar tetapi itu menjadi pilihan anda. Semoga panduan ini dapat membantu anda yang ingin memiliki sendal geta buatan sendiri!.

%d bloggers like this: