Berita Arsitektur Jepang – Desain rumah atau interior rumah Jepang memang sangat memiliki ciri khas, seperti negara tetangganya yaitu China dan Korea dimana setiap negara memiliki ciri khas tersendiri dalam membentuk atau mendesain bentuk letak dari rumah mereka. Konsep masyarakat Jepang sendiri dalam membuat sebuat rumah sebagian besar terperngaruh oleh filosofi zen yang telah dipercaya oleh masyarakatnya sejak lama. Filosofi zen mempengaruhi letak benda dan tata ruang dari rumah-rumah di Jepang.

Simak Juga : 5 Konsep Yang Digunakan Dalam Arsitektur Rumah Jepang

Filosofi Zen Yang Digunakan Desain Rumah JepangFilosofi Zen Jepang tradisional terinspirasi oleh kesederhanaan dan kealamian, oleh karena itu seperti yang bisa kita temukan dalam arsitektur dan desain minimalis dalam rumah-rumah di Jepang. Garis, bentuk, ruang, cahaya dan material, hanyalah beberapa elemen penting dari desain yang sangat populer ini. Nilai besar dari desain ini memberikan ruangan menjadi lebih luas karena tanpa adanya tembok yang membatas, yang memberi ruang lebih banyak dan memungkinkan harmoni antara interior dan eksterior. Interior minimalis Jepang sangat elegan dan menakjubkan oleh karena itu meskipun rata-rata rumah di Jepang berukuran kecil namun sangat nyaman untuk ditinggali.

Furnitur sederhana dan diatur serapih mungkin untuk mencegah ruangan terlihat sempit dan sesak, sementara pada saat bersamaan, elemen kayu dan warna putih pada sebagian besar interior mencerminkan cahaya alami yang sangat dibutuhkan. Pintu geser sering digunakan di kamar tidur Jepang. Sementara warna putih dan netral mendominasi desain minimalis, di kamar anak-anak gaya Jepang dapat ditemukan dalam warna modern dan cerah. Filosofi zen memang membawa masyarakat Jepang untuk tidak menggunakan banyak perabotan rumah dan menggunakan perabotan yang berukuran kecil namun banyak dan disusun rapih memberikan ruangan kesan yang sangat luas dan tenang.

Filosofi Zen Yang Digunakan Desain Rumah JepangSetiap sudut ruangan biasanya digunakan sebagai tempat-tempat khusus seperti penyimpanan sepatu, meja belajar, lemari buku, lemari serba guna dan bahkan ruangan menonton. Konsep dari desain filosofi zen Jepang memang sangat menguntungkan bagi pemilik rumah dengan luas tanah yang terbatas. Dengan desain ini pemilik rumah akan tetap bisa merasakan keluasan dan menyatu dengan alam meskipun area tanah yang tidak besar. Filosofi zen sendiri merupakan bagian dari ajaran agama buddha yang berasal dari China yang kemudian memasuki Jepang, ajaran zen juga dipengaruhi oleh Taoisme.

%d bloggers like this: