Seni Budaya Jepang – Kanda Matsuri (神 田 祭) atau festival Kanda, adalah salah satu dari tiga festival Shinto besar yang diselenggarakan di ibu kota Jepang, Tokyo, bersama dengan Fukagawa Matsuri dan Sannō Matsuri. Festival ini dimulai pada awal abad ke-17 sebagai perayaan kemenangan Tokugawa Ieyasu yang menentukan pada sebuah pertempuran besar yang disebut Sekigahara dan festival ini akhirnya terus dilanjutkan sebagai sebuah perayaan dari kemakmuran keshogunan Tokugawa selama periode Edo. Selain itu, bentuk festival saat ini juga diadakan untuk menghormati Kami (dewa shinto) dari Kanda Myōjin (Kuil Kanda).

Salah Satu Festival Shinto Terbesar Di Jepang Kanda Matsuri

image : jpninfo.com

Simak Juga : Parade Perahu Tradisional Yang Indah Dalam Mifune Matsuri

Salah Satu Festival Shinto Terbesar Di Jepang Kanda Matsuri

image : dannychoo.com

Festival ini diadakan pada hari Sabtu dan Minggu dan biasanya mendekati tanggal 15 bulan Mei, tetapi karena bergantian dengan Sannō Matsuri, itu hanya diadakan di tahun-tahun yang unik. Pada tahun-tahun ini, festival berlangsung di Kanda Shrine serta di distrik-distrik pusat Tokyo di sekitarnya. Parade utamanya melibatkan lebih dari 200 mikoshi, serta diikuti juga dengan pertunjukan musisi, para penari, dan beberapa kereta parade yang dihias.

Festival yang berjalan selama 2 hari ini akan memiliki aktivitas yang berbeda, pada hari sabtu akan dilakukan prosesi panjang hampir 12 jam dan memiliki rute berliku dari Kuil Kanda ke Tokyo Imperial Place kemudian tepian sungai Sumida dan kembali lagi ke Kuil Kanda. Dalam prosesnya ini mencakup banyak campuran yaitu mikoshi, pendeta Shinto yang menunggang kuda, para peserta parade yang menggunakan kostum jaman Edo dan sebuah kereta-kereta parade yang dihias. Menurut beberapa pengunjung yang telah berpengalaman, tempat terbaik untuk melihat festival ini dihari sabtu adalah di Kuil Kanda ketika parade mulai kembali sekitar pukul 19:00 malam.

Salah Satu Festival Shinto Terbesar Di Jepang Kanda Matsuri

image : japanbullet.com

Pada hari Minggu, festival akan berjalan lebih simpel dimana para masyarakat sekitar Kanda akan membawa dewa lokal yang disebut “Ujigami” untuk berjalan-jalan di jalanan dengan sebuah mikoshi. Mikoshi diarak di lingkungan sekitar dan kemudian ke kembali ke kuil Kanda Myojin.

Akses

Prosesi pada hari Sabtu melalui jalan berliku dengan area yang cukup luas sampai di sebelah timur Istana Kekaisaran Jepang. Acara mikoshi pada hari Minggu juga membentang di area yang luas saat tim lokal mengarak dewa lingkungan mereka melalui jalan-jalan di Tokyo. Tempat terbaik untuk melihat festival ini selama 2 hari yaitu di area sekitar Kuil Kanda.

%d bloggers like this: