A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – Musim semi adalah musim yang indah untuk menikmati keindahan alam di Jepang, beberapa festival yang memanfaatkan kondisi alam yang indah saat musim semi juga banyak dilakukan di Jepang, salah satunya adalah festival Mifune atau Mifune Matsuri yang merupakan sebuah pemeragaan sejarah dari pesta perahu kerajaan di Kyoto.

Parade Perahu Tradisional Yang Indah Dalam Mifune Matsuri

image : asiatours.online

Dalam festival ini para peserta parade perahu akan menggunakan kostum periode Heian agar dapat menciptakan adegan yang persis seperti 1000 tahun lalu ketika festival ini pertama kali diselenggarakan. Awal terjadinya festival ini adalah pada Periode Heian, saat itu Kaisar dan rombongannya menikmati pesta perahu di Sungai Oi di Kyoto bagian barat. Sejak saat itu, sungai dianggap sebagai tempat yang sangat baik untuk melihat bulan.

Simak Juga : Tarian Musim Semi Dari Para Geisha Dalam Kamogawa Odori

Parade Perahu Tradisional Yang Indah Dalam Mifune Matsuri

image : asiaculture.info

Akhirnya festival modern ditetapkan sejak 1928 dan disponsori oleh kuil Kurumazaki. Kuil ini didedikasikan untuk dewa seni dalam agama Shinto dan juga memiliki hubungan dengan komunitas Geiko (Geisha) Kyoto. Oleh karena itu sering terlihat adanya Geisha atau Geiko dalam festival ini. Selain parade perahu di sungai terdapat sebuah ritual yang diadakan di Kuil Kurumazaki saat siang hari. Setelah itu, akan ada sebuah parade orang-orang yang menggunakan baju kimono ala Heian yang memiliki hingga 12 lapis yang disebut “Juni-Hitoe”, sekumpulan orang ini akan melintasi Jembatan Togetsukyo dan masuk ke perahu tradisional. Setiap perahu memiliki fungsi khusus yang berbeda-beda seperti untuk membawa sebuah mikoshi, membaca puisi dan pertunjukan musik.

Seperti banyak festival-festival tradisional di Jepang, banyak upaya dilakukan untuk membuat festival ini tidak jauh berbeda dari festival terdahulunya. Tidak seperti kebanyakan festival Jepang, dalam festival ini tidak terlalu banyak selebrasi yang dilakukan. Namun menjadi sebuah kesempatan yang sangat baik untuk melihat Geisha dan juga suasana tradisional yang bersejarah di Kyoto, bila anda memang ingin mengenal sejarah Jepang lebih banyak maka menghadiri festival ini ketika di Kyoto memang diwajibkan.

Parade Perahu Tradisional Yang Indah Dalam Mifune Matsuri

image : flickr.com

Informasi mengenai festival.

Kota : Kyoto
Akses : Lokasinya dekat dengan halte bus Kurumazaki Jinja-mae yang dapat ditempuh dari Stasiun JR Kyoto yang menuju ke Kiyotaki atau Daikakuji.
Area : Sungai Oigawa
Tanggal : Hari Minggu ketiga bulan Mei
Alamat : Asahi-cho, Saga, Ukyo-ku, Kota Kyoto

Lokasi

%d bloggers like this: