Belajar Bahasa Jepang – Belajar bahasa Jepang memang bisa menjadi tantangan tersendiri, selain belajar untuk mengetahui setiap kosakata dan juga penulisan huruf-huruf yang berbeda antara Hiragana, Katakana dan Kanji. Dalam mempelajari sebuah bahasa tentunya kita juga harus terbiasa dengan sebuah percakapan dalam bahasa tersebut, poin penting dalam hal tersebut adalah kemampuan kita mendengarkan bahasa Jepang. Beberapa orang terkadang merasa mudah dalam mempelajari penulisan dan pengucapan tetapi merasa kesulitan dengan proses belajar listening bahasa Jepang.

Panduan Dan Tips Untuk Sukses Mendalami Keterampilan Mendengarkan Bahasa Jepang !

image : fluentin3months

Simak Juga : Tips Dan Panduan Untuk Mempercepat Penguasaan Bahasa Jepang Anda !


Apa Manfaat Dengan Menguasai Penuh Kemampuan Mendengarkan Bahasa Jepang ?

Panduan Dan Tips Untuk Sukses Mendalami Keterampilan Mendengarkan Bahasa Jepang !

image : kotobites

Tentunya keterampilan bahasa saling berhubungan antara membaca, menulis dan percakapan. Menguasai secara sempurna sebuah bahasa asing harus memiliki tingkatan yang baik dari ketiga keterampilan tersebut. Jika kemampuan mendengar atau berbicara anda lemah maka anda akan merasa cukup kesulitan untuk menggunakan bahasa asing tersebut untuk berinteraksi.

Dengan meningkatkan kemampuan listening atau mendengarkan bahasa Jepang anda akan membangun rasa kepercayaan diri anda ketika berinteraksi dengan bahasa ini, anda akan merasa akan dapat mengatasi situasi apapun tanpa takut untuk salah paham atau kebingungan dalam kalimat-kalimat bahasa Jepang yang diucapkan seseorang.


Bagaimana Cara Untuk Memperdalam Kemampuan Mendengarkan Bahasa Jepang Anda ?

Panduan Dan Tips Untuk Sukses Mendalami Keterampilan Mendengarkan Bahasa Jepang !

image : shutterstock

Gunakan Sebaik Mungkin Bantuan Teknologi

Bersyukurlah dengan jaman yang saat ini anda hidupi karena teknologi telah sangat maju dan membantu setiap proses kehidupan manusia, cukup banyak teknologi-teknologi saat ini yang sangat membantu seseorang dalam mempelajari bahasa asing, misalnya mulai mendengarkan secara rutin dari rekaman-rekaman radio bahasa Jepang, DVD atau CD yang berisikan percakapan dalam bahasa Jepang. Bahkan anda bisa mendapatkan sangat banyak bahan-bahan untuk belajar secara online di internet.

Mungkin bila anda memiliki program TV bahasa Jepang anda bisa mengikutinya secara rutin, atau bisa juga mencari di google sebuah layanan yang membantu dalam proses belajar bahasa Jepang. Jika kesulitan menemukan siaran-siaran acara TV berbahasa Jepang anda bisa berkunjung ke YouTube yang menyimpan banyak video-video klip dalam bahasa Jepang. Selain itu sebuah aplikasi-aplikasi di handphone juga dapat anda dapatkan untuk membantu proses anda memperdalam keterampilan mendengarkan bahasa Jepang.

Menjadi Proaktif Ketika Proses Belajar Mendengarkan Bahasa Jepang

Salah satu yang biasanya menjadi kendala seseorang dalam mempelajari bahasa asing adalah kurang aktifnya dalam proses belajar tersebut, cobalah untuk melakukan hal-hal yang dapat mempertajam proses belajar anda, sebagai contoh ketika anda mempelajari bahasa Jepang dengan cara menonton drama maka cobalah untuk menuliskan apa saja yang anda dengar selama program tersebut berlangsung sehingga akan memberikan anda daya tangkap yang lebih besar dan juga dapat menjadikan catatan tersebut sebagai rekap ulang proses belajar anda.

Dengan menjadi proaktif, Anda dapat mengembangkan kemampuan mendengarkan Anda lebih efisien dengan mencoba menguraikan apa yang Anda dengar. Menggunakan sebuah rekaman misalnya, cobalah untuk mengubah pengaturan dalam rekaman tersebut untuk memperlambat percakapan bila anda merasa intonasi dan nadanya terlalu cepat sehingga anda dapat menangkapnya lebih jelas dan ketika anda mulai terbiasa cobalah untuk memutarnya dengan kecapatan normal untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan anda.

Lakukan Praktek Sebanyak Mungkin

Guru terbaik adalah sebuah pengalaman, tentunya kalimat tersebut sangatlah sering kita dengar. Sebuah pengalaman memang menjadi guru terbaik bagi seseorang mempelajari sesuatu, oleh karena itu kita tidak akan pernah menguasai secara penuh bila tidak mencoba untuk melakukannya secara langsung atau praktek. Jika memiliki kesempatan cobalah untuk berinteraksi langsung dengan orang Jepang dalam bahasa Jepang, jika anda tidak memiliki rekan orang Jepang anda bisa mengajak teman atau kerabat anda yang memang bisa berbahasa Jepang ataupun juga sedang belajar bahasa Jepang.

Kita juga harus mengetahui bila sebuah tulisan dan ucapan terkadang berbeda karena dipengaruhi oleh logat berbicara, oleh karena itu pentingnya sebuah praktek percakapan dalam proses belajar bahasa asing. Anda bisa juga datang ke acara-acara bertemakan Jepang seperti misalnya Ennichisai, Jak-Japan Matsuri dan sejenisnya untuk dapat melihat interaksi langsung dalam sebuah bahasa Jepang di Indonesia.

Tetapkan Target Dalam Proses Belajar Anda

Proses belajar yang baik adalah secara teratur dan memiliki tujuan yang jelas, jika anda ingin mempelajari sesuatu tema dalam bahasa Jepang usahakan untuk melakukan riset terlebih dahulu, misalnya carilah kosa kata dan aturan tata bahasa yang sesuai dengan proses belajar anda tersebut. Contoh lain, misalnya anda ingin mempelajari huruf-huruf atau kalimat Kanji, maka cobalah untuk mengumpulkan panduan belajar Kanji yang tepat terlebih dulu sehingga nantinya anda hanya tinggal menggunakannya tanpa harus kesulitan mencarinya sambil belajar karena akan membuang cukup banyak waktu.


Itulah beberapa tips dan panduan untuk memperdalam kemampuan anda dalam mendengarkan bahasa Jepang, semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca Artforia.

%d bloggers like this: