Kuliner Jepang – Beberapa negara memiliki buah-buah khas yang memang berasal dari tanah mereka, terkenal dengan kualitas dan juga kebersihannya membuat produk-produk buah di Jepang terbilang berkualitas tinggi dibandingkan beberapa negara lain, berikut ini Artforia akan membagikan beberapa buah asli Jepang yang wajib kamu cicipi jika berlibur di Jepang, meski beberapa mungkin ada di negara lain tetapi buah ini telah dibudidayakan dengan cara tertentu oleh masyarakat Jepang sehingga menjadi murni cita rasa dari negeri Sakura.

Simak Juga : Tahukah Anda Bila Masakan Jepang Dibagi Menjadi 2 Kategori, Yaitu Washoku Dan Yoshoku !


Nashi (Pear)

8 Buah Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berlibur Di Jepang !

image : plantnet

Dikenal juga sebagai Pear Asia, buah pear yang ditanam di Jepang atau di asia memang terlihat lebih besar dan lebih bulat dibandingkan buah pear Eropa. Mereka mengandung cukup banyak air dan menjadi bahan yang bagus untuk sebuah selai ataupun makanan penutup. Pear Nashi telah dibudidayakan di Jepang sejak periode akhir Edo yang diimport dari negara China.

Momo (Persik)

8 Buah Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berlibur Di Jepang !

image : theimagen

Buah Persik Jepang terlihat lebih besar jika dibandingkan buah persik di negara lain karena cara membudidayakannya. Selain itu warnanya yang pucat dan putih memberikan texture buah yang berair, buah ini sering dijual di supermarket dengan kualitas yang bagus. Buah ini dikatakan telah diimport sejak jaman kuno ke Jepang.

Yuzu (Jeruk)

8 Buah Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berlibur Di Jepang !

image : wikimedia

Yuzu sebenarnya tumbuh liar di dataran China dan Tibet, tetapi telah dibudidayakan di Jepang sejak jaman dinasti Tang. Seperti lemon dan limau, Yuzu tidak dapat dimakan secara langsung namun sangat baik dijadikan sebagai bahan tambahan di berbagai menu minuman atau makanan penutup. Bahkan mereka dijadikan Cuka, Ponzu (saus serbaguna) dan Teh. Kulit dari Yuzu sangatlah harum dan menjadi bahan ideal untuk sebuah sabun atau parfum.

Ume (Prem)

8 Buah Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berlibur Di Jepang !

image : japan-brand

Ume memiliki peran penting dalam sebuah tradisi kuliner masyarakat Jepang. Selain bunganya yang indah ketika mekar, buah Ume atau dalam bahasa Prem ini banyak dinikmati oleh masyarakat Jepang. Buah ini akan digarami dan direndam dalam cuka untuk dibuat menjadi Umeboshi (Asinan kering dari buah Ume), terkadang juga dijadikan Umeshu sebuah minuman beralkohol yang dibuat dari seduhan buah Ume dengan alkohon dan gula.

Hatsukoi no Kaori Ichigo (Strawberry Putih)

8 Buah Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berlibur Di Jepang !

image : momobud

Ini merupakan jenis Strawberry terbaru yang berhasil dibudidayakan oleh petani Jepang, namanya memiliki arti “Aroma Cinta Pertama”. Buah Strawberry ini merupakan buah Strawberry termahal di dunia. Bentuknya lebih besar daripada Strawberry biasa dan rasanya sama seperti strawberry biasa namun terkadang lebih manis dan berair.

Kaki (Kesemek)

8 Buah Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berlibur Di Jepang !

image : savvytokyo

Buah bulat dan berwarna mirip seperti tomat ini biasanya dimakan mentah setelah dikupas dan diiris, tetapi mereka juga bisa dikeringkan. Uniknya kesemek tidak semanis buah pada umumnya, mereka panen pada musim gugur dan musim dingin, menjadi cemilan populer pada musim tersebut di Jepang. Kaki atau kesemek ini didatangkan dari Tiongkok dan telah dibudidayakan di Jepang sejak abad ketujuh.

Akebia

8 Buah Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berlibur Di Jepang !

image : Pinterest

Akebia adalah tanaman asli dari China, Korea, Taiwan dan juga Jepang. Mereka juga dikatakan tumbuh di New Zealand. Akebia terbilang sebuah tanaman yang serbaguna karena pucuknya dapat digunakan untuk membuat teh atau daunnya dijadikan anyaman, sedangkan buahnya dapat dimakan.

Melon

8 Buah Yang Wajib Anda Cicipi Ketika Berlibur Di Jepang !Merupakan buah terfavorit di Jepang, sangat sering dijadikan sebuah hidangan penutup setelah makanan utama, bahkan di Jepang anda akan menemukan sangat banyak hidangan kuliner yang dipadukan dengan rasa melon seperti misalnya roti, permen, es krim bahkan minuman kopi. Salah satu melon terkenal asal Jepang yaitu Yubari tumbuh di dataran Hokkaido dan dikatakan melon ini bisa dihargai sangat mahal yaitu hingga 1000 USD atau sekitar 14jt Rupiah perbuah.


Itulah beberapa buah yang wajib kamu cicipi ketika berlibur ke Jepang, meski terdapat di negara lain tetapi proses budidaya yang berbeda terkadang membuat cita rasa buah tersebut juga menjadi berbeda.

%d bloggers like this: