Dunia Hobi Jepang – Manga atau komik merupakan produk Jepang yang telah lama populer, bahkan di Indonesia manga telah di kenal dan populer sejak era 90an. Saat era 90an beberapa judul manga memang sangat populer dikalangan para pembaca Indonesia, dari mulai genre pertarungan, drama, super hero hingga olahraga. Artforia akan berbagi mengenai 5 manga Jepang yang paling populer di Indonesia pada era 90an yang tentunya tidak akan pernah dilupakan oleh para pembaca dan pecinta komik di tanah air.

Simak Juga : Nostalgia Serial Animasi Captain Tsubasa Yang Kembali Tayang Pada 2018

 

Dragon Ball

Nostalgia Komik Terpopuler Era 90an Di Indonesia

image : dragonball-ultimate.com

Siapa yang tidak mengetahui serial ini saat tahun 90an, sebagian besar remaja terutama para remaja pria mengetahui Songoku dan kawan-kawan, komik yang diciptakan oleh Akira Toriyama ini memang sukses besar dipasaran Indonesia dan juga dunia. Saat itu pada era 90an komik Dragon Ball baru memasuki episode awal dimana menceritakan Songoku yang masih kecil hingga dewasa dan melawan para monster yang ingin menghancurkan bumi, seri pertama Dragon Ball juga sempat menghiasi layar televisi Indonesia setiap minggu pagi meskipun begitu para penggemar setianya tidak bosan untuk menonton ulang adegannya meskipun telah membacanya di komik.

Inuyasha

Nostalgia Komik Terpopuler Era 90an Di Indonesia

image : inuyasha.wikia.com

Sebuah kisah komedi, romantis dan juga petualangan dari seorang gadis pelajar yang memiliki misi untuk membasmi para siluman jahat, sampai akhirnya gadis yang bernama Kagome ini bertemu dengan seorang siluman kuat bernama Inuyasha yang ternyata menjadi pendampingnya selama perjalanannya didalam dunia siluman, dulu komik ini sangat populer dikalangan para remaja pria maupun wanita.

Cardcaptor Sakura

Nostalgia Komik Terpopuler Era 90an Di Indonesia

image : mangareader.info

Kalau yang ini mungkin tidak perlu diragukan lagi. Gadis-gadis remaja Indonesia sangat menyukai serial komik ini, yang menceritakan seorang gadis berusia 14 tahun yang mendapatkan kekuatan ajaib dengan menggunakan sebuah kartu, penampilannya yang imut dan juga kisahnya yang memiliki unsur drama membuat komik ini lebih populer di kalangan wanita namun memang tidak dipungkiri juga beberapa remaja pria menyukainya, serialnya terbilang cepet selesai yaitu mulai dari bulan May 1996 hingga Juni 2000.

Doraemon

Nostalgia Komik Terpopuler Era 90an Di Indonesia

image : doraemon.mangawiki.org

Robot kucing berwarna biru dengan sebuah kantong ajaib di perutnya memang sosok yang tidak pernah terlupakan sampai sekarang, sebelum hadir di layar televisi Indonesia yang ditunggu-tunggu oleh para anak-anak maupun remaja saat minggu pagi, karya komiknya telah lebih dulu populer, Nobita dan kawan-kawan termasuk Doraemon menjadi bacaan santai terbaik anak-anak era 90an. Cukup banyak saat dahulu para orang tua yang mengantar anaknya untuk membeli komik ini di toko-toko buku seperti Gramedia.

Kung Fu Boy

Nostalgia Komik Terpopuler Era 90an Di Indonesia

image : eternity-suck.blogspot.com

Serial ini sangat populer dan terkenal di kalangan para remaja pria, mengisahkan petualangan seorang pemuda bernama Chinmi di dalam dunia persilatan, ceritanya yang sederhana dan penuh komedi serta pertarungan yang seru membuat serial ini populer di Indonesia maupun negara lainnya.

%d bloggers like this: