Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Mitologi Jepang – Kita memahami bila masing-masing negara atau wilayah tentu mempunyai sebuah sejarah misteri ataupun hal-hal cerita tentang semua dewa, tidak saja Yunani ataupun eropa unsur utara saja yang mempunyai sejarah-sejarah dewa yang unik tetapi Jepang pun memilikinya, dalam bahasa Jepang artinya ialah Shinwa yang berarti “kisah tentang para dewa.

Mitologi Jepang merupakan campuran tema-tema asli dan yang berasal dari daratan Asia Timur, dan diprovokasi oleh doktrin Buddhism dan Taoism. Mite Jepang pada lazimnya agak tenang. Di dalamnya memang terdapat dewa pembohong (trickster deity), namun tidak terdapat dewa yang memanifestasikan kejahatan. Sifat kompromiatis lebih tidak sedikit mendasari mitologi Jepang dikomparasikan sifat konfrontatif.

BACA JUGA: Legenda Sakaki Pohon Suci Agama Shinto Di Jepang

Jepang memang dikenal sebagai negara yang mempunyai sejarah-sejarah mitos cukup tidak sedikit jumlah mitos serta dewa-dewa yang terdapat pada sejarah mitologi Jepang sangatlah tidak sedikit dan pastinya sangat unik untuk diketahui, sebab banyaknya orang luar Jepang serta penduduk Jepang sendiri yang hendak sekali dengan sejarah mitologi Jepang ini maka tidak heran cukup tidak sedikit film serta game yang memakai unsur mitologi ini sebagai isinya, Mite Jepang yang diceritakan dalam Kojiki dan Nihon Shoki terbagi menjadi tiga siklus. Siklus kesatu ialah Siklus Takamagahara (dataran tinggi di surga).

Mengisahkan tentang timbulnya para dewa, dan cerita tentang pembuatan surga dan dunia. Penguasa Takamagahara ialah dewi yang mempunyai nama Amaterasu Omikami. Selanjutnya, siklus yang kedua ialah Siklus Izumo (sekarang menjadi Prefektur Shimane), wilayah di mana dewa Susanoo no Mikoto turun dari Takamagahara (keturunannya mempunyai nama Ookuni no Mikoto menguasai wilayah ini, dan lantas menyerahkannya untuk dewi Amaterasu Omikami). Dan yang ketiga yakni Siklus Tsukushi (sekarang Pulau Kyushu, wilayah di mana Ninigi no Mikoto, cucu laki-laki Amaterasu Omikami, turun menguasai distrik Ashihara no Nakatsukuni (tanah Jepang, yang pun disebut sebagai Utsushi no Kuni atau tanah yang dihotmati, dan dari sanalah cicit dari Ninigi, kaisar legendaris Jinmu, meninggalkan wilayah itu mengarah ke Yamato (sekarang Prefektur Nara).

Seni Budaya Jepang | Artforia.comSeni Budaya Jepang | Artforia.comSeni Budaya Jepang | Artforia.com

Bagi kalian penyuka game ataupun film Jepang tentunya telah tidak sedikit menjumpainya character-character yang memungut unsur dari mitologi ini dan salah satunya ialah anime familiar Naruto yang memang pun menggunakan bagian mitologi Jepang, bila masih penasaran kamu bisa telurusi website-website sejarah Jepang yang telah tidak sedikit beredar.


Like it? Share with your friends!

Aziz Hakim S

Awalnya tidak mengenal tentang Jepang, karena kebudayaan yang unik, saya jadi mencintainya.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: