Seni Budaya Jepang – Kita pastinya sering melihat atau mendengar bila orang-orang mengatakan bila masyarakat Jepang memiliki wajah yang serupa, hal ini sebenarnya juga terlihat pada negara-negara asia lainnya seperti Korea dan China. Namun Jepang memang salah satu negara yang memiliki struktur wajah yang unik dan berciri khas, sebenarnya ada sebuah fakta menarik yang mungkin kamu belum tahu mengenai wajah masyarakat Jepang.

Mengenal Keturunan Jomon Dan Yayoi Dalam Masyarakat Jepang

image : akarenga-h.jp

Simak Juga : Sejarah Dan Perkembangan Kertas Washi Dalam Kehidupan Jepang

Dalam sejarah keturunan masyarakat Jepang terbagi menjadi 2 dan terbagi oleh wilayah, namanya adalah Jomon dan Yayoi. Keturunan Jomon merupakan orang asli Jepang. Mereka juga merupakan nenek moyang dari bangsa Ainu, yang memiliki ciri khas wajah sedikit Eropa dan umumnya memiliki rambut keriting.

Mengenal Keturunan Jomon Dan Yayoi Dalam Masyarakat Jepang

image : slideplayer.com

Jomon dan Ainu memiliki gigi seri depan atas yang sejajar dengan gigi lainnya. Atau dalam istilah antropolognya disebut gigi Sundadonts. Secara harfiah, mereka memiliki gigi “Sunda”, yang juga dimiliki oleh para manusia-manusia asli lainnya yang hidup di sepanjang selat Sunda yang memisahkan pulau Sumatra dan Jawa di Indonesia.

Untuk Yayoi merupakan keturunan petani padi dari Korea yang menetap di Kyushu sejak 400 sebelum masehi. Keturunan mereka membangun kofun, sebuah gundukan pemakaman besar yang terletak di selatan Jepang, selama 250-600 AD. Gigi seri atas mereka memiliki “sayap” di sisi sehingga membuat tidak teratur. Gigi semacam ini disebut Sinodonts “gigi China”.

%d bloggers like this: