Berita Travel Jepang – Takachiho (高 千 穂) adalah sebuah kota di Prefektur Miyazaki bagian utara, area ini kaya akan sejarah-sejarah mitologi Jepang. Disini juga sebuah tempat legenda di mana Amaterasu, Dewi Matahari dalam agama Shinto terganggu oleh tindakan kakaknya yang kejam. Amaterasu dikatakan menyembunyikan dirinya di dalam gua ini, sehingga mendorong dewa dan dewi lain untuk datang dan memancingnya keluar.

Wisata Spritual Jepang Di Kota Takachiho Prefektur Miyazaki
image : welcomekyushu.com

Area ini juga dipercaya menjadi tempat pendaratan dari dewa Ninigi no Mikoto, cucu dari Amaterasu. Dalam kisah kepercayaan Shinto, dirinya diturunkan dari surga untuk menetapkan garis keturunan kaisar Jepang. Takachiho juga dikenal sebagai “Tempat Kekuatan”, sebuah lokasi penting bagi aktivitas agama Shinto dan juga sebuah tempat dengan keindahan alam yang sangat bagus. Jika ingin melihat keindahan spritual di daerah ini lokasi yang paling tepat adalah Amano Iwato Shrine dan Takachiho Gorge saat cuaca cerah.

Simak Juga : Keindahan Alam Di Taman Minoo Prefektur Osaka

Amano Iwato Shrine
Wisata Spritual Jepang Di Kota Takachiho Prefektur Miyazaki
image : fastjapan.com

Sekitar sepuluh kilometer di luar pusat Takachiho, Kuil Amano Iwato (天 岩 戸 神社, Amano Iwato Jinja) dibangun di dekat sebuah gua, tempat dewi Amaterasu dikatakan menyembunyikan dirinya. Bangunan utama kuil terletak di seberang Sungai Iwato dari gua.

Gua itu tidak bisa didekati, namun ada dek observasi yang berada di belakang bangunan utama kuil dan dari situ anda bisa melihat penampakan mulut gua dari seberang sungai. Untuk dapat memasuki dek observasi, Anda perlu bertanya di pintu masuk kuil, dan seorang pendeta akan memberi anda tur dalam bahasa Jepang.

Berjalan kaki pendek dari jalanan Kuil Amano Iwato akan membawa anda mengarah ke sungai di bawah. Setelah beberapa menit di jalan ini, Anda akan melihat tumpukan batu yang tertumpuk rapi di sepanjang sungai oleh pengunjung sebelumnya untuk menandai ziarah mereka ke tempat ini. Semakin jauh anda berjalan anda akan menemukan banyak tumpukan batu.

Setelah sampai di penghujung jalan anda akan tiba di kuil sederhana di dalam gua yang dikenal sebagai Amano Yasukawara (天 安 河 原). Ini dikatakan sebagai gua tempat para dewa dan dewi bertemu untuk mendiskusikan strategi mereka memikat Amaterasu dari persembunyiannya. Keindahan alami gua dan sungai yang dipenuhi oleh tumpukan batu yang tak terhitung jumlahnya membuat Amano Yasukawara ada sebuah destinasi wisata yang sangat direkomendasikan.

Akses

Kuil Amano Iwato berdiri sepuluh kilometer di luar pusat Takachiho. Sebuah bus beroperasi antara Takachiho Bus Center dan kuil (15 menit perjalanan, biaya 300 yen sekali jalan, satu bus ada setiap 1-2 jam). Atau, bisa juga menaiki taksi dengan biaya sekitar 2.500 yen sekali jalan.

Takachiho Gorge
Wisata Spritual Jepang Di Kota Takachiho Prefektur Miyazaki
image : pop-japan.com

Takachiho Gorge (高 千 穂 峡, Takachiho-kyō) adalah sebuah ngarai yang menembus batu di Sungai Gokase.

Tebing-tebing yang indah ini dikatakan terbentuk karena aktivitas vulkanik, Di sepanjang ngarai ini ada air terjun Minainotaki setinggi 17 meter yang mengalir langsung ke sungai yang ada di bawahnya. Area sekitar dipenuhi oleh latar belakang dedaunan hijau yang lebat dan tebing-tebing kelabu di sekitarnya. Tentu sebagai tempat wisata area ini menyediakan perahu untuk disewa para wisatawan yang ingin menjelajahi ngarai.

Ada dua cara untuk menikmati ngarai ini. Yang pertama adalah dari bawah, dengan mendayung perahu menyusuri sungai. Perahu sewaan tersedia di ujung selatan ngarai, dan airnya tenang dan mudah dinavigasi. Rute yang sangat direkomendasikan ini akan memberikan anda pemandangan indah area ngarai dan air terjun.

Cara kedua adalah dari atas, dilakukan dengan berjalan di jalan beraspal yang membentang di sepanjang tepi jurang. Ada pemandangan yang indah di sepanjang jalan dan di beberapa titik di jalan setapak, anda dapat melihat langsung ke sungai yang berada di bawah. Jika berjalan terus selama sekitar satu kilometer, anda bisa sampai ke Takachiho Shrine.

Akses

Ngarai Takachiho terletak di luar pusat kota, sekitar 30-40 menit berjalan kaki dari Takachiho Bus Centre. Cukup jarang terdapat bus wisata yang mengantarkan wisatawan dari stasiun hingga area ini. Perlu diingat, tidak ada layanan bus pada hari kerja biasa.

Takachicho Shrine
Wisata Spritual Jepang Di Kota Takachiho Prefektur Miyazaki
image : welcomekyushu.com

Takachiho Shrine (高 千 穂 神社, Takachiho Jinja), terletak di barat pusat kota, terletak diantara pohon-pohon cedar yang tinggi. Pada siang hari, bangunan-bangunan yang tidak dicat ini akan menyatu secara alami dengan pepohonan di sekitarnya. Suasana disini sangat tenang dan damai.

Akses

Takachiho Shrine terletak di ujung barat pusat kota, sekitar 10-15 menit berjalan kaki dari pusat bus. Beberapa hotel di daerah ini menawarkan bus antar-jemput gratis pergi dan pulang dari sebuah pertunjukan malam Yokagura untuk para tamu yang menginap.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: