Kuliner Jepang – Sukiyaki (鋤 焼, atau lebih umum す き 焼 き) adalah hidangan Jepang yang disiapkan dan disajikan dalam gaya nabemono (Japanese hot pot), mungkin sejumlah pembaca juga telah mengetahui makanan yang satu ini karena telah banyak dihindangkan diluar Jepang dan bahkan sejumlah restoran-restoran khusus dengan menu ini telah cukup banyak ada di Indonesia, sebagian besar orang menganggap makanan ini mudah untuk dibuat namun sebenarnya terdapat beberapa teknik dan bumbu-bumbu yang mungkin tidak diketahui.

Mengenal Dan Membuat Sukiyaki Yang Lezat

image : cookingwithdog.com

Simak Juga : 10 Rekomendasi Menu Unik McDonald Jepang

Umumnya sebuah Sukiyaki terdiri dari daging (biasanya irisan tipis daging sapi) yang perlahan-lahan dimasak atau direbus dalam sebuah pot diatas meja yang dibawahnya terdapat sebuah kompor kecil, tidak hanya daging namun juga bersama sayuran dan bahan lainnya, dimasukan dalam panci besi dengan air yang mengandung campuran kecap, gula, dan mirin. Bahan-bahan yang telah direbus sebentar dalam pot tersebut nanti akan diambil kemudian dicelupkan kedalam telur mentah yang telah dikocok dan kemudian dimakan, di Jepang Sukiyaki terkenal sebagai hidangan musim dingin dan biasanya sering ditemukan pada acara Bonenkai atau pesta akhir tahun.

Mengenal Dan Membuat Sukiyaki Yang Lezat

image : recipes.latimes.com

Di Jepang setiap region biasanya memiliki bahan yang berbeda-beda untuk sukiyaki mereka, seperti misalnya di Hokkaido dan Niigata dimana daging babi lebih populer digunakan disana. Berikut ini daftar bahan-bahan populer yang digunakan dalam sebuah menu Sukiyaki.

  • Tahu (biasanya tahu yang bertexture keras).
  • Negi (sejenis daun bawang).
  • Sayuran berdaun, seperti kubis dan shungiku (daun garland chrysanthemum).
  • Jamur seperti shiitake dan enokitake.
  • Mie kenyal terbuat dari konnyaku corm seperti ito konnyaku atau shirataki noodles.

Udon gandum rebus atau mochi (kue beras) kadang-kadang ditambahkan, biasanya pada saat terakhir untuk menyerap kaldu dari kuah sukiyaki.

 

Simak video yang ditampilkan untuk lebih jelas dalam proses pembuatan Sukiyaki.

%d bloggers like this: