Street Art Jepang – Kawanabe Kyosai merupakan seorang seniman Jepang yang terkenal pada era akhir Edo dan pertengahan periode Meiji. Lukisan-lukisannya terlihat sangat jelas mencerminkan dampak dari masa perubahan Kyosai, yaitu jaman ketika negara Jepang mulai berubah dari masyarakat feodal menjadi bangsa yang modern. Museum Seni Suntory di Tokyo saat ini tengah membuka pameran dari karya-karya beliau yang rata-rata berumur ratusan tahun (1831-1889).

Karya Lukisan-Lukisan Eksotis Penuh Arti Oleh Kawanabe Kyosai, Menjadi Jendela Seni Periode Edo Dan Meiji

Simak Juga : Yuk, Intip Keindahan Seni Ukiyo-e Dalam Sebuah Pameran Di Museum Seni Mori Kota Tokyo !

Karya Lukisan-Lukisan Eksotis Penuh Arti Oleh Kawanabe Kyosai, Menjadi Jendela Seni Periode Edo Dan MeijiKarya Lukisan-Lukisan Eksotis Penuh Arti Oleh Kawanabe Kyosai, Menjadi Jendela Seni Periode Edo Dan Meiji

Kyosai terkenal karena lukisan-lukisan besarnya, ilustrasi satiris dan lukisan-lukisan bertema Yokai (hantu dan monster), hidup dalam periode Edo menuju periode Meiji, membuat dirinya menyaksikan secara langsung perubahan gaya hidup masyarakat Jepang, dirinya merupakan anak dari seorang samurai. Dirinya juga sempat menjadi murid dari sekolah lukis Kano yang terkenal di Jepang, selama pergolakan politik dan revolusi 1867 yang terjadi di Jepang, membuat Kyosai menciptakan lukisan-lukisan yang terinspirasi dari fenomena tersebut. Sehingga dirinya pernah ditangkap tiga kali dan dipenjara oleh otoritas Shongun karena beberapa karya lukisannya.

Lukisannya menjadi pembicaraan banyak orang di Jepang pada saat itu dan bahkan memenangkan hadiah utama dalam sebuah ajang perlombaan di Jepang pada tahun 1881. Karya lukisannya memiliki estetika yang tinggi, diciptakan dengan rasa sabar yang tinggi dan sebuah tema yang terperinci. Dari lukisan Kyosai orang-orang juga dapat melihat bagaimana kondisi kehidupan Jepang pada saat itu.

Karya Lukisan-Lukisan Eksotis Penuh Arti Oleh Kawanabe Kyosai, Menjadi Jendela Seni Periode Edo Dan MeijiKarya Lukisan-Lukisan Eksotis Penuh Arti Oleh Kawanabe Kyosai, Menjadi Jendela Seni Periode Edo Dan MeijiKarya Lukisan-Lukisan Eksotis Penuh Arti Oleh Kawanabe Kyosai, Menjadi Jendela Seni Periode Edo Dan MeijiSelain gambar-gambar hewan, Kyosai juga sering melukis dengan tema Yokai yang memang sangat populer pada era Edo dan Meiji, gaya lukisannya terbilang unik dan eksotis seperti lukisan-lukisan kuno pada umumnya, bila kamu yang tertarik atau antusias dengan sebuah karya seni lukisan maka Pameran “Kawanabe Kyosai : Nothing Escaped His Brush” masih berlanjut di Museum Suntory hingga 31 Maret 2019 mendatang.

Source : Japan-Forward

%d bloggers like this: