Artforia – Seperti yang telah kita ketahui bila Jepang telah resmi menjadi tuan rumah untuk kejuaraan Olimpiade 2020, sebuah ajang perlombaan terbesar dalam banyak bidang olahraga ini memang salah satu kejuaraan yang sangat ditunggu-tunggu bagi banyak masyarakat di dunia, sebagai tuan rumah tentunya setiap negara akan memberikan fasilitas yang terbaik untuk menyelenggarakan kejuaraan ini, salah satu yang menjadi daya tarik adalah adanya maskot-maskot ciri khas dari setiap negara.

Jepang Telah Resmikan Maskot Untuk Olimpiade 2020

image : theguardian.com

Simak Juga : Jangan Lewatkan Beyond Informatic Festival Dari Universitas Tarumanagara

Jepang akhirnya secara resmi telah meluncurkan wujud maskot mereka untuk Olimpiade musim panas 2020 yang akan berlangsung tepatnya pada tanggal 24 juli 2020 mendatang. Terdapat 2 sosok yang lucu dengan pola warna yang berbeda, satunya menampilkan sebuah sosok yang kuat dan penuh keadilan dengan warna biru dan disebelahnya terlihat sosok yang ceria dan semangat dengan pola dan warna dari bunga sakura. Tentunya dengan diresmikan maskotnya ini pihak penyelenggara berharap dapat membangkitkan antusiasme orang-orang untuk Olimpiade dan juga meningkatkan daya jual merchandise dari acara ini.

Jepang Telah Resmikan Maskot Untuk Olimpiade 2020

image : thejapantimes.com

Membuat maskot ini diikuti oleh 2.042 individu dan juga kelompok yang ikut mengajukan desain mereka, berharap dapat menarik perhatian publik. Para ahli akhirnya memilih dan menyisahkan tiga pasang desain, yang kemudian dilakukan voting oleh jutaan siswa sekolah di seluruh Jepang, untuk memilih yang terbaik diantara ketiga desain tersebut.

Kira-kira hampir mencapai 600 siswa yang memeriahkan sebuah upacara di area Shinagawa Tokyo pada tanggal 28 juli 2018 lalu untuk mendengar hasil pemungutan suara tersebut. Maskot Olimpiade dan juga Paralympic yang telah terpilih ini dikatakan belum sempat diberi nama secara resmi, namun beberapa konsep untuk namanya dikatakan telah ditentukan. Dengan pola kotak-kotak akan memberikan tampilan futuristik dan juga unik, maskot Olimpiade ini digambarkan memiliki kekuatan khusus yang memungkinkannya untuk bergerak sangat cepat sedangkan untuk maskot Paralympic memiliki desain pink dan putih yang terinspirasi oleh bunga sakura dan dikatakan memiliki kekuatan untuk memindahkan barang hanya dengan dilihat.

Jepang Telah Resmikan Maskot Untuk Olimpiade 2020

Pemenang desain maskot ini merupakan seorang ilustrator yang berasal dari Fukuoka di bagian selatan Jepang bernama Ryo Taniguchi, kemenangan ini sempat membuat dirinya tak percaya. Proses pemilihan maskot memang berjalan sangat luas di Jepang karena melibatkan sekitar 200.000 kelas dari total 16.000 sekolah yang ikut ambil bagian dalam proses seleksi. Selain itu sebuah maskot adalah bisnis besar di Jepang, dengan terlihat banyak perusahaan-perusahaan di Jepang yang menciptakan sebuah maskot, oleh karena itulah sebuah maskot merupakan hal yang sangat penting bagi negeri samurai ini.

%d bloggers like this: