A password will be e-mailed to you.

DIY&Craft – Merajut atau menyulam merupakan sebuah kerajinan yang cukup populer terutama pada kalangan wanita dan gadis remaja, seperti negara-negara lainnya teknik merajut di negara Jepang terdapat beberapa cara. Merajut menjadi sangat populer dengan sendiri dinegara ini, meskipun begitu merajut sebenarnya bukan sebuah kerajinan yang berasal dari Jepang namun masyarakat Jepang telah melakukannya sejak lama dan telah melakukan beberapa improvisasi menggunakan bahan-bahan lain. Jepang memang sebuah negara yang terkenal dengan improvisasinya oleh karena itu beberapa teknik pembuatan diciptakan oleh Jepang.

Merajut menjadi bagian dari sebuah hobi bagi wanita-wanita di Jepang, banyak para gadis remaja Jepang yang mulai belajar rajin merajut karena ingin membuat sesuatu yang spesial dari tangan mereka untuk diberikan kepada orang-orang terdekat ataupun pacar. Lalu bagaimana dengan teknik-teknik yang digunakan? Dalam merajut di Jepang terdapat 3 teknik penting yang sering digunakan oleh para pembuatnya.

Simak Juga : Mengenal Kerajinan Chigiri E Yang Menggunakan Kertas Warna Untuk Melukis

 

Amigurumi

3 Teknik Penting Dalam Kerajinan Merajut Di JepangAmigurumi (編 み ぐ る み) adalah seni merajut dalam membentuk sebuah boneka. Kata itu menggunakan kata kunci dari kata-kata Jepang ami, yang berarti rajutan dan nuigurumi yang berarti boneka. Di barat teknik ini juga dikenal dengan sebutan Amigurumi, Amigurumi bervariasi dalam ukuran dan tidak ada batasan untuk ukuran atau tampilan yang dibuat. Teknik merajut amigurumi telah dikenal di Jepang selama beberapa dekade, kerajinan ini mulai menarik banyak orang di negara lain, terutama di Barat, pada tahun 2003 dan pada tahun 2006 hasil rajutan amigurumi menjadi paling populer di beberapa toko online di sejumlah negara termasuk Jepang tentunya.

 

Yubiami

3 Teknik Penting Dalam Kerajinan Merajut Di JepangYubiami merupakan salah satu teknik merajut yang sangat unik yaitu menggunakan jari-jari tangan sebagai pengganti jarim, sehingga hasil dari rajutan ini biasanya berpola besar dan benang yang digunakan juga benar yang memiliki ukuran besar sehingga pas dibentuk dengan jari.

 

Shibori

3 Teknik Penting Dalam Kerajinan Merajut Di JepangShibori sebenarnya salah satu teknik yang tidak menggunakan metode merajut hanya saja menjadi bagian penting dalam kerajinan ini, dimana shibori merupakan teknik pencelupan benang kedalam cairan pewarna sehingga menampilkan warna-warna pada pola rajutan. Tentunya terdapat banyak teknik pewarnaan juga didalam Shibori yaitu Kanoko shibori, Miura shibori, Nui shibori, Arashi shibori, Itajime shibori dan Kumo shibori. Di Jepang, contoh awal kain yang dicelup dengan teknik shibori berasal dari abad ke-8 dan itu adalah salah satu barang yang disumbangkan oleh Kaisar Shōmu ke Tōdai-ji di Nara. Sampai abad ke-20, tidak banyak kain dan pewarna yang banyak digunakan di Jepang.

Itulah ketiga teknik yang penting dalam melakukan rajutan bagi masyarakat Jepang.

%d bloggers like this: