A password will be e-mailed to you.

Seni Budaya Jepang – Gempa merupakan sebuah bencana alam yang sangat tidak dinginkan oleh siapa pun, namun hal seperti ini memang tidak bisa dihindari begitu saja, Jepang menjadi salah satu negara yang telah melalui beberapa bencana alam yang hebat salah satunya adalah gempa, dilihat dari bentuk geografisnya Jepang memang negara yang cukup banyak memiliki pegunungan dan kelilingi oleh sejumlah laut bebas, mungkin bencana alam hebat yang diketahui banyak oleh netizen atau para pembaca Artforia yang menimpah Jepang hanya saat tahun 2011 dimana saat itu sebuah gempa besar dan kemudian disusul oleh bencana tsunami.

3 Bencana Gempa Terparah Yang Pernah Dialami Jepang

image : theatlantic.com

Bencana tahun 2011 tersebut memang sangat terlihat oleh publik, sejumlah berita-berita memberitakan tentang kondisi Jepang saat terkena bencana tersebut termasuk beberapa berita di Indonesia. Namun apakah hanya bencana itu saja yang pernah dialami oleh Jepang?? tentunya tidak, sejumlah bencana-bencana alam besar terutama gempa pernah terjadi di Jepang pada beberapa tahun silam, Artforia akan mengisahkan 3 tragedi bencana gempa besar yang pernah terjadi di Jepang.

Simak Juga : Sejarah Adanya Museum Bir Di Sapporo Prefektur Hokkaido

 

Gempa Meio Nankaido ~ 31.000 Korban

3 Bencana Gempa Terparah Yang Pernah Dialami Jepang

image : wikipedia.org

Dalam catatan sejarah mencatat bila gempa berkekuatan 8,6 pernah melanda pantai selatan Honshu (dekat Shikoku) pada tanggal 20 September 1498. Ini memicu tsunami besar yang diprediksi menyebabkan 31.000 nyawa menjadi korban. Karena saat itu masih kuno sebuah mitologi Jepang masih dipercaya menjadi penyebabnya dimana dalam mitologi ini seekor ikan lele raksasa menyebabkan gempa bumi yang disebut Namazu. Dewa Kashima menahan Namazu dengan sebuah batu. Namun, terkadang dia terganggu sehingga menghasilkan sebuah gempa.

 

Gempa Besar Kanto ~ 142,800 Korban

3 Bencana Gempa Terparah Yang Pernah Dialami Jepang

image : aboutjapan.japansociety.org

Tepat pukul 11.58 AM pada tanggal 1 September 1923 sebuah gempa berskala 7,9 melanda Pulau Oshima di Teluk Sagami (dekat Yokohama & Tokyo). Gempa besar tersebut berlangsung cukup lama yaitu sekitar 4 menit. Karena cukup lamanya gempa tersebut sehingga memicu kebakaran besar, dipercaya saat itu banyak para masyarakat yang sedang memasak. Ironisnya sebuah kebakaran tersebut dikabarkan lebih banyak memakan korban jiwa dibandingkan dari bencana gempa itu sendiri. Semenjak saat itu, kini setiap tanggal 1 September di Jepang diperangi sebagai Hari Pencegahan Bencana.

 

Gempa Kamakura ~ 23,024 Korban

3 Bencana Gempa Terparah Yang Pernah Dialami Jepang

image : Pinterest.com

Dalam catatan sejarah tertulis sekitar pukul 06.00 pagi, pada tanggal 27 Mei 1293 sebuah gempa berskala 7.1 menghantam kota Kamakura. Setelah gempa berselang datang Tsunami besar yang juga melanda daerah itu.

Meskipun begitu Jepang merupakan negara yang hebat, karena dapat cepat pulih dalam kondisi terpuruk karena bencana tersebut. Itulah ketiga bencana gempa terbesar yang pernah dialami oleh Jepang jauh sebelum bencana tahun 2011, yang mungkin belum banyak diketahui oleh para netizen dan pembaca Artforia.

%d bloggers like this: