Seni Budaya Jepang – Panah merupakan senjata tradisional yang banyak digunakan pada negara-negara bagian asia saat jaman dahulu, tentunya Jepang juga memiliki sejarah dan seni bela diri dalam menggunakan senjata ini, salah satunya adalah Yabusame (流鏑馬). Yabusame ini merupakan teknih panahan Jepang yang dilakukan sambil berkuda. Metodenya adalah seorang pemanah sambil menunggang kuda yang berlari kemudian menembakkan tiga anak panah secara berturut-turut pada tiga target kayu yang telah dipasang.

Teknik Panahan Tradisional Jepang Yang Disebut Yabusame

image : harjulaproduction.com

Menurut catatan sejarah di Jepang, teknik atau gaya panahan ini berasal dari awal periode Kamakura. Minamoto no Yoritomo menjadi khawatir akan kurangnya keterampilan memanah yang dimiliki para samurai pada saat itu, oleh karena itu dirinya mengorganisasi Yabusame sebagai bentuk latihan. Pada saat ini, tempat terbaik untuk melihat Yabusame adalah di Tsurugaoka Hachiman-gū di Kamakura dan di kuil Shimogamo di Kyoto (selama berlangsungnya Aoi Matsuri pada awal bulan Mei). Hal ini juga dilakukan di Samukawa dan di pantai di Zushi, serta beberapa lokasi lainnya.

Simak Juga : Tato Tradisional Jepang Yang Disebut Irezumi

Teknik Panahan Tradisional Jepang Yang Disebut Yabusame

image : nationalpost.com

Sejarah awal Yabusame berkaitan dengan pertempuran atau peperangan antara pasukan elit Samurai yang merupakan pasukan paling ditakuti di Jepang pada abad ke-10. Teknik panahan ini sangat ampuh dan memang menjadi persyaratan wajib bagi semua Samurai untuk dapat menguasai teknik Yabusame dengan terampil. Terkadang sebuah masalah atau perselisihan antara Samurai akan diselesaikan dengan duel Yabusame, dimana kedua samurai akan menaiki kuda menuju satu sama lain dan kemudian menembakan tiga anak panah ke lawan, meskipun kedua Samurai tersebut masih tetap hidup telah disepakati bila masalahnya telah berakhir.

Ketika senjata api tiba di Jepang pada abad ke-16, taktik militer berubah dan Yabusame mengalami penurunan dan hampir tidak disentuh. Namun, meskipun telah melewati beberapa periode teknik ini masih tetap dikuasai secara turun menurun pada beberapa kalangan karena tradisi para murid-murid terdahulu yang selalu mengajarkan kepada generasinya.

Teknik Panahan Tradisional Jepang Yang Disebut Yabusame

image : ukiyo-e.org

Teknik Panahan Tradisional Jepang Yang Disebut Yabusame

image : j-cul.com

Saat jaman modern sekarang, Yabusame adalah salah satu seni bela diri Jepang yang paling sulit dipelajari. Beberapa akademi pelatihan yang menawarkan pelatihan Yabusame yang menawarkan tradisi-tradisi samurai yang kental. Karena itu menjadi sebuah kehormatan bagi masyarakat Jepang yang diterima sebagai murid dalam akademi-akademi pelatihan ini. Biasanya sebagian besar murid atau siswa yang sudah menguasai teknik Kyudo mereka dapat memasuki tahap pelatihan Yabusame.

Pemanah Yabusame yang sudah profesional diizinkan menggunakan anak panah yang tajam sehingga dapat memecahkan target tanah liat atau kayu untuk sebuah pertunjukan yang dramatis. Terkadang sebuah targetnya disimulasikan sebagai leher dari seorang samurai karena area leher adalah kelemahan dari sebuah baju pelindung Samurai.

%d bloggers like this: