10   +   9   =  

Artforia setsubun, budaya usir hantu di jepang 2Seni Budaya Jepang –  Setsubun adalah tradisi yang dilaksanakan sehari sebelum pergantian musim di Jepang. Sesungguhnya setsubun dirayakan setiap pergantian musim, tetapi mulai dari zaman Edo hingga sekarang, setsubun hanya dirayakan untuk pergantian musim dari musim dingin ke musim semi. Jadi dapat dikatakan setsubun adalah tradisi sehari sebelum hari pertama musim semi. Setsubun berawal dari kepercayaan bahwa hal-hal buruk lebih mudah muncul di penguhujung musim.

Baca Juga : Tato Tradisional Jepang Yang Disebut Irezumi

Oleh karena itu, ketika memasuki akhir musim orang-orang Jepang pada zaman dulu melemparkan kacang untuk mengusir roh jahat dan memanggil keberuntungan demi satu tahun yang aman dan sejahtera. Pada perayaan ini orang-orang juga mengusir ketidakberuntungan dengan memakan kacang sebanyak jumlah usianya (atau usia ditambah satu). Cara Usir Setan ala Jepang yang unik!!

 

Artforia setsubun, budaya usir hantu di jepang 3Tradisi ini biasanya seorang laki-laki berperan sebagai setan dengan menggunakan topeng setan dan orang yang ada di rumah melemparkan kacang kedelai ke pemeran setan tersebut. Sambil melempar kacang orang tersebut mengucapkan (鬼は外! 福は内! Oni wa soto! Fuku wa uchi!) yang artinya Setan ke luar, keberuntungan ke dalam hingga pemeran setan tersebut keluar dari rumah. Pada tradisi ini, karena musim semi di identikan dengan tahun baru, orang Jepang mengharapkan keberuntungan akan datang pada musim semi ini. Pada zaman sekarang jarang terlihat orang melakukan ritual tersebut, dikarenakan orang sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu luang untuk melakukannya, mungkin juga karena hari setsubun ini bukanlah tanggal merah jadi orang tetap bekerja seperti biasa. Tetapi di kuil setiap tahun selalu melakukan ritual tersebut, jadi budaya setsubun ini tetap terjaga dan tidak akan pernah terlupakan oleh masyarakat Jepang.

Artforia setsubun, budaya usir hantu di jepang 4

Selain tradisi mengusir setan tersebut, juga ada tradisi makan sushi houmaki, arti dari houmaki itu sendiri adalah gulungan keberuntungan Ehoumaki adalah jenis sushi makizushi (sushi yang di gulung dengan rumput laut) panjang yang tanpa dipotong-potong menjadi kecil. Sesungguhnya ehoumaki ini adalah tradisi yang berasal dari Osaka yang bermula pada akhir zaman Edo hingga tradisi ini meluas dan menjadi bagian tradisi setsubun di seluruh Jepang hingga sekarang. Ehoumaki ini berisi 7 macam bahan sushi yang dianggap membawa keberuntungan. Saat makan ehoumaki, harus menghadap ke arah mata angin yang sudah ditentukan setiap tahun nya, dan tidak boleh berbicara hingga satu gulung itu habis di makan.

%d bloggers like this: