0
1 comment, 3 shares

Seni Budaya Jepang – Jepang memang selalu menjadi negara yang terdepan dalam bidang teknologi, salah satu bukti yang menjadikan negeri Sakura ini merupakan negara yang maju dalam bidang teknologi adalah hadirnya alat transportasi masal yang sangat cepat disebut Shinkansen, sebuah kereta dengan kecepatan hingga 300 km/jam tersebut telah melayani masyarakat-masyarakat lokal dan turis asing di Jepang sejak pertama kali dikeluarkan pada tahun 1964.

Sejarah Dan Proyek Ambisius Jepang Untuk Kereta Api Shinkansen
image : japantimes.co.jp

Simak Juga : 5 Produk Resmi Terbaik Acara Olimpiade 2020 Tokyo Yang Telah Dirilis

Sejarah transportasi kereta di Jepang memang telah lama berjalan, tercatat jalur pertama dibuka pada tahun 1872 yang membentang antara Shinbashi di kota Tokyo hingga Yokohama di Prefektur Kanagawa. Tahun demi tahun Jepang memutuskan untuk menciptakan sebuah kereta yang lebih cepat, dan salah satu contoh produk awalnya adalah Dangan Ressha yang diciptakan pada tahun 1939, proyek ini dilakukan untuk meningkatkan layanan transportasi diantara kota-kota utama Jepang.

Sejarah Dan Proyek Ambisius Jepang Untuk Kereta Api Shinkansen
image : wikipedia.org

Sejak saat itu pemerintah telah membeli tanah untuk membangun rel dan terowongan khusus, tetapi ketika perang pasifik datang, rencana proyek Dangan Ressha ini terpaksa ditinggalkan, puluhan tahun kemudian setelah peperangan usai, terowongan dan proyek ini kembali berlanjut hingga akhirnya pada tahun 1964 Jepang pertama kali menghadirkan kereta cepat yang disebut Shinkansen. Tahun demi tahun jalur kereta cepat ini mulai diperluas, pada tahun 1972 kerta Shinkansen mulai beroperasi antara Osaka dan Okayama, kemudian pada tahun 1975 diperluas ke area Hakata.

Sejarah Dan Proyek Ambisius Jepang Untuk Kereta Api Shinkansen
image : theurbanist.org

Meskipun menghadapi beberapa kesulitan dan masalah teknis selama bertahun-tahun, Shinkansen terbilang sebuah produk yang sukses di dalam dunia teknologi Jepang maupun dunia. Rekam jejak kereta yang luar biasa ini telah memacu perkembangan teknologi yang serupa di berbagai negara lain, seperti contohnya negara-negara di Eropa yang mulai melakukan proyek serupa.

Namun ditengah Shinkansen yang belum lama resmi beroperasi ternyata Jepang telah melakukan proyek baru yang bertujuan untuk menciptakan kereta yang lebih cepat dan efisien dari Shinkansen sejak 1962, yaitu sebuah kereta dengan teknologi levitasi magnetik superkonduktor. Pada tahun 1997, uji coba kereta yang disingkat “Maglev” ini berhasil mencapai kecepatan 531 km/jam yang tentunya jauh lebih cepat dari Shinkansen.

Proyek Baru Kereta Cepat Jepang “Maglev”
Sejarah Dan Proyek Ambisius Jepang Untuk Kereta Api Shinkansen
image : ft.com

Perusahaan kereta api Jepang JR Central akhirnya telah memutuskan untuk meluncurkan teknologi Maglev tersebut pada jalur Chuo Shinkansen pada tahun 2027 mendatang dan akan menampilkan kereta dengan kecepatan tertinggi 505 km/jam yang dapat dinaiki para penumpang. Sampai saat ini Jepang juga telah banyak melakukan ekspor kereta Shinkansen ke berbagai negara dan menjadikannya sebagai pendapatan negara.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

0
1 comment, 3 shares
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: