Kuliner Jepang – Film anime berjudul “Weathering with You” merupakan karya terbaru Makoto Shinkai yang dikenal melalui karya sebelumnya yang mendunia yaitu “Your Name”. Menurut review yang ada, film terbarunya tersebut menceritakan tentang seorang siswa sekolah menengah yang bernama Hodaka pindah dari rumahnya ke sebuah pulau terpencil di Tokyo dan bertemu dengan seorang gadis yang berkemauan keras bernama Hina, namun gadis tersebut bukanlah gadis biasa, melainkan memiliki kemampuan untuk mengatur cuaca seperti menghentikan hujan dan mencerahkan langit.

Resep Dan Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dari Anime Populer Weathering With You

image : PR Times, inc.

Simak Juga : 5 Takoyaki Terlezat Di Kota Osaka Versi Artforia

Resep Dan Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dari Anime Populer Weathering With You

image : Kurashiru

Dengan membawa nama Makoto Shinkai, film anime ini sukses menarik 1,15 juta penonton ke bioskop dan mendapat penghasilan sebanyak 1,64 miliar Yen dalam tiga hari pertama. Ini menjadi peningkatakan sebanyak 29% dari karya sebelumnya “Your Name”. Namun kali ini Artforia bukan ingin membahas tentang isi cerita dari anime tersebut, melainkan sebuah hidangan unik yang disajikan dalam film anime tersebut, seperti pada adegan-adegan film animasi lainnya yang terkadang menampilkan tokoh-tokohnya membuat sebuah hidangan istimewa. Dalam film ini terdapat di mana Hina memasak makanan untuk Hodaka di apartemennya. Makanannya cukup simpel namun terlihat menggiurkan, yaitu nasi goreng telur dan salad.

Mungkin masih banyak para penonton diluar Jepang yang belum sempat menyaksikan film ini, tetapi berkat kerja sama antara “Weathering with You” dan situs memasak Jepang yaitu Kurashiru, mengajak para penonton untuk mencoba membuat nasi goreng telur yang diciptakan oleh Hina dalam film tersebut.

Bahan Yang Diperlukan

Nasi (idealnya menggunakan nasi putih Jepang yang berukuran pendek)
Keripik kentang
Barang 1/4
Tunas kacang polong (dalam bahasa Jepang disebut “Tomyo” atau “Dou Miao” dalam bahasa China) 30g
Kecap asin 1 sdt
Bubuk kaldu sup ayam 1/2 sdt
Jahe mentah, parut halus, 1 sdt
1 butir telur (dipasteurisasi) kuningnya saja

Cara Membuat

1. Potong bawang yang telah disiapkan
2. Potong tunas kacang menjadi ukuran 2cm dan bersihkan akarnya
3. Dalam wajan, tambahkan minyak wijen dan parutan jahe
4. Masak dengan api kecil sampai jahe harum, lalu tambahkan bawang yang telah anda potong-potong
5. Terus masak dengan api sedang sampai bawang lunak, lalu tambahkan nasi, kecap, bubuk kaldu dan tunas kacang
6. Masak sampai semua bahan tercampur rata, lalu masukan keripik kentang yang terlebih dahulu dihancurkan sedikit oleh tangan anda, aduk sebentar lalu hidangkan diatas piring, buat sedikit lekukan pada bagian atas nasi.
7. Taruh kuning telur yang telah anda pasteurisasi di atas nasi goreng tersebut, dan nasi goreng spesial “Weathering with You” telah siap untuk disajikan!.

Catatan

Di Jepang, telur mentah aman untuk dikonsumsi, namun jika di negara anda sulit untuk mendapatkan telur yang dapat dikonsumsi aman saat mentah maka anda memiliki tiga pilihan alternatif. Yaitu mempastirnya sendiri di rumah yang tentunya membutuhkan teknik khusus, beli pengganti telur, atau tidak menggunakan telur sama sekali.

Tunas kacang polong yang digunakan memang terkadang tidak dapat ditemukan di berbagai negara, anda bisa mengubahnya dengan sayuran yang serupa. Bila memilikinya, sayuran ini bersifat hidroponik sehingga dapat dengan mudah tumbuh kembali setelah anda menanam kembali akarnya.

Resep Dan Cara Membuat Nasi Goreng Spesial Dari Anime Populer Weathering With You

image : PR Times, inc.


Tentu anda bisa melihat resep-resep Jepang unik lainnya di website resmi Kurashiru disini, dan dikabarkan bila Kurashiru juga akan berkolaborasi dengan resep-resep unik lainnya yang ada di Weathering with You di waktu mendatang, jadi ditunggu saja!.

Source : Kurashiru Official Website, grapee.jp/en

%d bloggers like this: