Cerita Hantu Jepang – Nurarihyon (滑瓢 atau ぬらりひょん) adalah salah satu sosok Yokai yang kisahnya berasal dari Prefektur Wakayama, namun kisah mitos Yokai ini juga sering dihubungkan dengan kisah Umibozu yang berasal dari Prefektur Okayama, Nurarihyon dikatakan merupakan sosok Yokai yang misterius dan memiliki kekuatan yang cukup tinggi dan dapat ditemui hampir di seluruh dataran Jepang. Sebuah penampilan dapat menipu, kalimat ini adalah ilustrasi yang sempurna untuk mendiskripsikan Nurarihyon secara singkat.

Nurarihyon, Mahkluk Misterius Yang Disebut Sebagai Pemimpin Para Yokai Di Jepang !

image : @187ozoke Twitter

Simak Juga : Ternyata Sosok Pesawat Alien Yang Disebut UFO Telah Ditemukan Pada Jaman Edo !

Nurarihyon, Mahkluk Misterius Yang Disebut Sebagai Pemimpin Para Yokai Di Jepang !

image : mizuki.sanin-k

Secara keseluruhan, sosok Yokai ini memiliki penampilan yang tidak berbahaya namun dengan bentuk kepala yang sedikit aneh, yaitu menyerupai manusia namun berbentuk labu. Wajahnya keriput dan berkerut, seperti gabungan antar pria tua dengan seekor ikan. Dia biasanya menggunakan pakaian yang elegan dan seringsekali terlihat dengan jubah kimono sutra yang indah, tetapi menurut catatan kisah mitos Jepang yang ada, Nurarihyon merupakan salah satu Yokai yang paling kuat yang ada di dunia. Menurut legendanya dia berpergian dengan ditandu oleh manusia ataupun pelayan yokainya.

Nurarihyon juga dikenal sebagai “Komandan Tertinggi Semua Monster”, oleh karena itu menurut kisahnya, semua Yokai akan tunduk dan mendengarkan kata-katanya dan juga menghormatinya. Nurarihyon juga memimpin sebuah prosesi yang dikenal dengan sebutan “Hyakki Yako” atau yang dapat diartikan menjadi “parade malam seratus setan” melalui jalan-jalan Jepang pada malam hari atau hujan.

Nurarihyon, Mahkluk Misterius Yang Disebut Sebagai Pemimpin Para Yokai Di Jepang !

Tetapi asal usul Nurarihyon memang hanya muncul dalam sebuah spekulasi, karena catatan tentang keberadaannya hanyalan dalam sebuah sketsa dan lukisan tua. Di Okayama, terdapat beberapa bukti yang menghubungkan antara Nurarihyon dengan Umibozu, dalam kisah sejarah itu, Nurarihyon dikatakan memiliki wujud seperti kepala manusia yang mengapung di Laut Pedalaman Seto. Pada kala itu tercatat bila Nurarihyon sering mengerjain para nelayanan yang bertemu dengan mereka, oleh karena itu ada spekulasi juga bila Nurarihyon merupakan utusan atau juga perubahaan dari Umibozu yang datang ke daratan. Sekarang sosoknya banyak diadaptasi kedalam sebuah film animasi atau juga cerita manga.

%d bloggers like this: