Kuliner JepangSiapa yang tidak mengenal Chicken Katsu?? sebuah olahan masakan yang terkenal dari negeri Sakura ini. Dengan bahan dasar daging ayam yang dibalut dengan tepung membuat texturenya renyah diluar dan lembut didalam, masakan ini telah dikenal sejak lama di Jepang dan juga telah mendunia. Banyak sekali restoran-restoran yang berkonsep Jepang menawarkan menu masakan ini.

Chicken Katsu merupakan sebuah hidangan yang populer pada beberapa negara dan sebenarnya terdapat banyak jenis katsu dan yang ini merupakan katsu berbahan dasar daging ayam sehingga diberi nama Chiken katsu. Pada dasarnya masakan ini terdiri dari potongan ayam goreng yang dilapisi tepung roti, potongan daging untuk katsu tidaklah tebal-tebal, yang digunakan biasanya adalah bagian daging paha ayam tanpa tulang atau bisa juga dada ayam tanpa tulang, untuk menempelkan tepung roti biasanya daging ayam akan dilumur telur terlebih dahulu dan ditaburi garam pada dagingnya baru dilapisi tepung roti dan digoreng dengan minyak yang banyak sehingga semua bagian terendam. Masakan ini umumnya disajikan dengan saus tonkatsu (saus と ん か つ ソ ー ス), selain itu juga biasanya pada sebuah retoran akan menawarkan paket dengan sebuah nasi, salad dan juga sup miso.

Chiken Katsu merupakan salah satu varian dari masakan Tonkatsu yang pada dasarnya menggunakan daging babi, selain chiken katsu terdapat 3 jenis katsu lainnya yang menjadi varian dari Tonkatsu yaitu Menchi Katsu (katsu dengan daging cincang), Gyu Katsu (katsu dengan daging sapi), Hamu Katsu (katsu dengan daging ham).

Simak Juga : Cicipi Lezatnya Gyutan Makanan Khas Kota Sendai

Resep Dalam Membuat Chiken KatsuBahan-bahan yang perlu disiapkan dalam membuatnya.

  • 4 bagian dada ayam/paha ayam tanpa kulit tanpa tulang (ditekan sampai ketebalan 1/2 inci)
  • garam dan merica secukupnya
  • 2 sdm tepung terigu
  • 1 butir telur, kocok
  • 1 cangkir remah roti panko
  • 1 cangkir minyak untuk menggoreng, atau sesuai kebutuhan

Cara dalam membuatnya.

  1. Pertama bumbui daging dada ayam atau paha ayam yang telah disiapkan pada kedua sisinya dengan garam dan merica. Tempatkan tepung, telur dan remah panko ke dalam piring dangkal yang terpisah. Lapisi dada ayam dalam tepung. Celupkan ke dalam telur, dan kemudian masukan dan tekan ke remah panko sampai dilapisi dengan baik pada kedua sisinya.
  2. Panaskan 1/4 inci minyak dalam wajan besar dengan api sedang-tinggi. Tempatkan ayam dalam minyak panas, dan masak 3 atau 4 menit pada setiap sisinya, atau sampai berwarna coklat keemasan Itadakimasu! (いただき ます).

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: