Berita Fashion Jepang – Membicarakan sebuah fashion di Jepang memang tidak ada habisnya, dalam dunia Harajuku Fashion sebuah gaya seolah tidak ada batasnya, karena setiap individu bebas melakukan eksperimen dengan memadukan berbagai gaya dan menciptakan sebuah trend baru. Mungkin para pembaca telah banyak mengetahui tentang gaya Kawaii, Lolita, dan Visual Kei namun sepertinya untuk Shironuri tidak begitu banyak orang atau netizen yang mengetahuinya.

Mengenal Budaya Fashion Shironuri Yang Begitu Eksentrik

image : tokyofashion.com

Dalam penjelasan singkat gaya Shironuri adalah sebuah gaya fashion Jepang yang lahir dengan konsep warna putih, menurut banyak orang riasan putih yang digunakan dalam gaya ini sama seperti yang dikenakan oleh para Geisha dan para aktor seniman panggung. Namun yang menjadi unik ternyata gaya ini tidak termasuk dalam bagian Harajuku Fashion, oleh karena itu mengapa fashion ini tidak ditampilkan dalam artikel-artikel tentang mode fashion Harajuku.

Simak Juga : Busana Kawaii Dari Si Kembar Kuniku Dalam Harajuku Fashion Jepang

Mengenal Budaya Fashion Shironuri Yang Begitu Eksentrik

image : deviantart.com/remembrantnightmare

Banyak para penggemar Shironuri mengambil inspirasi tambahan dari gaya lain seperti Gothic, Lolita, Victoria hingga gaya Kabuki atau Geisha tradisional. Namun inspirasi tidak terbatas hanya disitu saja namun juga dari beberapa hal lain, sebenarnya mode fashion Shironuri ini mengambil inspirasi dari banyak sumber, namun yang terpenting adalah harus memiliki riasan wajah putih dan baru bisa dikatakan Shironuri. Dalam bahasa Jepang sendiri Shironuri memiliki arti “Dilukis Dengan Putih”.

Banyak gaun yang digunakan oleh para pelaku Shironuri seperti pakaian tradisional Jepang yaitu Kimono, Hakama dan sendal Geta. Dalam era Showa yang jatuh pada tahun 1926 – 1989, gaya-gaya seperti Gakuran, baju pelaut, fuku, seragam militer dan bendera perang adalah elemen umum yang biasa digunakan dalam mode Shironuri.

Mengenal Budaya Fashion Shironuri Yang Begitu Eksentrik

image : matome.naver.jp

Mengenal Budaya Fashion Shironuri Yang Begitu Eksentrik

image : pinterest.com

Selain elemen-elemen gaun tradisional yang digunakan dalam Shironuri, terdapat pengaruh luar seperti mode Eropa. Salah satu mode eropa yang sering terlihat adalah gaun Gothic, gaya Victoria hingga gaya-gaya baju seperti Cyberpunk. Namun beberapa pelaku Shironuri juga banyak yang menciptakan gaya-gaya mereka sendiri, seperti misalnya Decora-Shironuri, Lolita, Cyber-goth dan masih banyak lagi tentunya. Salah satu aspek penting dalam mode fashion Shironuri adalah lapisan baju.

Untuk gaya rambut para pelaku Shironuri biasanya menampilkan gaya-gaya rambut yang unik dengan paduan warna cerah seperti putih-biru, pink-biru atau hijau. Karena gaya fashion ini begitu menarik dan sangat berbeda dari fashion-fashion biasanya membuat Shironuri memiliki dunianya sendiri. Di Jepang terdapat para ikon-ikon Shironuri yang terkenal atau yang biasanya disebut sebagai Shironuri Artist. Salah satunya adalah Minori yang pernah dibahas oleh Artforia pada artikel sebelumnya disini.

%d bloggers like this: