4   +   4   =  

Berita Anime Jepang – Olahraga bisbol memang sebuah olahraga yang sangat populer di Jepang, hal ini juga membuat beberapa karya seperti manga bertemakan bisbol sangat banyak disukai masyarakat Jepang. Salah satu yang paling melegenda adalah seri manga yang berjudul Dokaben yang dikabarkan akan mengakhiri perjalanannya selama 46 tahun menemai para pembaca dengan merilis sebuah episode terakhirnya pada majalah komik mingguan.

Manga Bisbol Legendaris Dokaben Capai Episode Terakhir Setelah 46 Tahun

image : deviantart.com/norimatsukeiichi

Banyak para pembaca lokal maupun dari negara lain yang telah berusia 40-an dan 50-an, semasa muda hingga saat ini mereka ditemani oleh karya Shinji Mizushima yang menceritakan sekumpulan remaja yang gemar dan belajar tentang bisbol dalam serial Dokaben, manga ini sendiri pertama kali muncul di majalah Shonen Champion yang diterbitkan oleh Akita Shoten pada tahun 1972.

Simak Juga : Manga Attack on Titan Before The Fall Memasuki Episode Akhir

“Saya telah menikmati menggambar pekerjaan saya setiap hari, dikelilingi oleh karakter yang saya gambar,” kata Mizushima yang telah berusia 79 tahun dalam sebuah pernyataan yang dikabarkan oleh majalah mingguan. Dua volume terakhir dari serial komik Dokaben dijadwalkan akan dirilis pada bulan Agustus dan September tahun 2018 ini, sehingga totalnya menjadi 205 episode, kata pihak penerbit.

Manga Bisbol Legendaris Dokaben Capai Episode Terakhir Setelah 46 Tahun

image : kyodonews.net

Dengan total episode hingga 2015 ini dikabarkan mengalahkan total 200 episode dari “Kochira Katsushika-ku Kamearikoen-Mae Hashutsujo” yang dibuat oleh mangaka Osamu Akimoto yang dulu telah diakui oleh pihak Guinness World Records pada tahun 2016 sebagai seri komik dari kartunis tunggal dengan jumlah volume terbesar dalam sejarah.

Episode terakhir dari Dokaben menggambarkan pertandingan final turnamen bisbol profesional yang diperjuangkan oleh tim yang dipimpin oleh karakter utama yaitu Taro Yamada dan beberapa rekan setimnya sejak sekolah menengah. Nama Dokaben sendiri diambil dari sebuah kotak makan bento yang besar yang dimakan oleh Yamada sehingga kemudian menjadi nama panggilannya selama cerita manga tersebut.

Manga ini telah menjadi legenda bagi para pembaca di Jepang, sejumlah kritikus dan reviewer juga mengatakan bila manga ini memiliki kualitas yang baik dan memiliki poin-poin berbeda dari manga lainnya, Mizushima juga menulis dalam pernyataannya bahwa dia berharap dapat bertemu dengan para pembacanya setianya lagi suatu hari nanti.

Source : Kyodo News

%d bloggers like this: