Wisata Kuliner Jepang – Membicarakan biaya makan di Jepang tentunya berbeda dengan di Indonesia, cukup banyak yang mengatakan bila para wisatawan kesulitan menemukan cara untuk mendapatkan biaya makan yang murah selama berlibur di Jepang, hal tersebut memang benar namun untuk menemukan makanan-makanan dengan harga yang murah di Jepang tidaklah mustahil.

Simak Juga : 5 Jajanan Murah Dan Lezat Di Area Kichijoji Kota Tokyo

Setiap berpergian atau berlibur ke negara lain, kebanyakan wisatawan pastinya ingin mengetahui terlebih dahulu harga-harga makanan reguler di negara tersebut. Biaya makanan sebenarnya tergantung pada tempat yang anda tuju, jadi sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu harga sebelum mulai berpergian.

Harga Makanan Di Toserba Jepang

Ketahui Lebih Awal Biaya Makan Dan Minum Sebelum Berlibur Ke Jepang
image : thetruejapan.com

Memang ada sangat banyak restoran di Jepang, tetapi yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari penduduk lokal adalah toko serba ada atau disebut “Conbini”. Toko-toko yang paling umum adalah Seven Eleven, Family Mart dan Lawson. Sebagian besar buka 24 jam, sehingga biasanya menjadi pilihan populer para wisatawan ketika berlibur ke Jepang. Tidak seperti di Indonesia, toko-toko serba ada di Jepang juga menjual produk-produk makanan siap saji dan biasanya tersedia juga penjelasan menggunakan bahasa Inggris.

Disini biasanya anda akan menemukan beberapa cemilan dan minuman seperti onigiri, sandwich, bento, udon, salad, berbagai makanan panggang, permen hingga beberapa makanan panas seperti karaage dan oden. Harga-harga untuk produk makanan dan cemilan siap saji disini sekitar 100-500 Yen, sehingga anda dipastikan akan mengeluarkan biaya mulai dari 400-600 Yen ketika berbelanja makanan disini, dengan total 1000 Yen anda bisa mendapatkan beberapa varian menu makanan sehingga ini menjadi pilihan tepat untuk mencari makanan murah di Jepang.

Harga Ramen

Ketahui Lebih Awal Biaya Makan Dan Minum Sebelum Berlibur Ke Jepang
image : Migrationology.com

Ramen menjadi salah satu menu hidangan Jepang yang ikonik dan selalu dicoba oleh para wisatawan, ada ribuan restoran dan toko ramen di Jepang, mulai dari restoran berantai seperti Ichiran hingga restoran ramen esklusif kelas atas dengan harga yang tinggi. Untuk harga menu ini sendiri di Jepang biasanya sekitar 600-1200 Yen per mangkuk, jika anda menambahkan topping tambahan dan minuman maka anda kira-kira akan mengeluarkan biaya sekitar 2000 Yen.

Harga ramen akan berbeda berdasarkan jenis dan toppingnya, menambahkan topping seperti daging, telur atau bawang akan meningkatkan biayanya. Ramen khusus seperti misalnya ramen vegetarian atau hidangan bebas kandungan gluten biasanya cenderung diatas 1000 Yen.

Harga Sushi

Ketahui Lebih Awal Biaya Makan Dan Minum Sebelum Berlibur Ke Jepang
image : tokyocheapo.com

Tidak berkesan rasanya bila berlibur ke Jepang tanpa mencicipi hidangan Sushi, sama seperti Ramen dimana hidangan ini adalah salah satu makanan wajib ketika berlibur di negeri sakura. Di Jepang ketersediaan sushi lezat dan berkualitas tinggi tidak dapat ditemukan di negara-negara lain, para wisatawan dapat memilih dari mulai bar sushi tradisional dengan hidangan yang kasual dengan biaya mulai dari 2000 Yen hingga 10.000 Yen per orang, harga akan ditentukan dari restoran sushi yang anda kunjungi.

Makan siang di sebuah restoran sushi biasanya akan menghabiskan biaya sekitar 2000 hingga 3000 Yen untuk satu set yang terdiri dari sashimi dan sushi gulung dengan varian berbeda-beda, jika anda makan malam di restoran sushi biasanya biayanya akan lebih mahal yaitu sekitar 5000 hingga 10.000 Yen. Pilihan dengan biaya termurah adalah dengan menikmati sushi di restoran-restoran berantai atau kaiten zushi yang harganya berkisar antara 1000 hingga 2500 Yen per orang untuk makan siang ataupun makan malam.

Restoran sushi juga biasanya akan menawarkan minuman khas yang dapat dinikmati berbarengan dengan sushi, seperti sake dan bir Jepang yang harganya antara 400 hingga 1000 Yen.

Harga Wagyu Beef & Teppanyaki

Ketahui Lebih Awal Biaya Makan Dan Minum Sebelum Berlibur Ke Jepang
image : tokyoweekender.com

Selain hidangan laut, Jepang juga memiliki hidangan terkenal dari daging sapi seperti Wagyu Beef dan Teppanyaki, untuk biaya menikmati hidangan ini pertama-tama akan ditentukan dari jenis daging dan jumlahnya. Anda akan mengeluarkan biaya tergantung pada jenis daging yang anda pilih dan seberapa banyak porsi yang anda inginkan, tetapi kemungkinan besar akan memakan biaya sekitar 2000 hingga 4000 Yen per orang, harga untuk makan malam sama seperti sushi akan sedikit lebih mahal yaitu 6000 hingga 10.000 Yen.

Jika ingin mencari alternatif lain dengan biaya yang lebih murah anda bisa memesan menu a la carte yang biasanya dibanderol dengan harga 600 dan 1000 Yen per menu. Beberapa restoran biasanya akan membantu memasakan dagingnya untuk anda, tetapi sebagian besar akan membiarkan pengunjungnya yang memasak sendiri.

Harga Izakaya

Ketahui Lebih Awal Biaya Makan Dan Minum Sebelum Berlibur Ke Jepang
image : etsy.com

Ingin merasakan pengalaman minum minuman beralkohol khas Jepang atau penggemar berat minuman alkohol maka Izakaya memang menjadi tujuan pasti untuk anda ketika berlibur ke Jepang, tetapi tidak hanya minuman saja yang bisa anda dapatkan disini, beberapa cemilan dan makanan ringan bisa dipesan. Ketika seseorang berada di Izakaya biasanya akan memesan beberapa minuman dan lauk yang disebut “Otsumami” yang dinikmati sambil minum. Hidangan Otsumami biasanya memiliki harga sekitar 300 hingga 600 Yen, sedangkan untuk minuman beralkohol di Izakaya harganya antara 300 hingga 600 Yen.

Sebagian besar orang biasanya akan menghabiskan biaya tidak lebih dari 2000 Yen ketika mengunjungi Izakaya, anda bisa menemukan biaya lebih murah lagi jika mengunjungi Izakaya berantai seperti Torikizoku yang sebagian besar menunya diberi harga 298 Yen.


Itulah beberapa perhitungan biaya makan dan minum di Jepang menurut survey yang ada dari Artforia, semoga dapat membantu anda menghitung biaya pengeluaran selama berlibur di Jepang!.

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: