Belajar Bahasa Jepang – Mempelajari bahasa Jepang memang membutuhkan waktu yang cukup, kita tidak bisa memastikan seberapa lama seseorang dapat menguasai penuh bahasa Jepang hingga dapat lacar membaca, berbicara dan mendengar, karena pada dasarnya bahasa Jepang terdiri dari tiga jenis alfabet yang berbeda sehingga membutuhkan sedikit ekstra waktu untuk menghafalnya. Berikut adalah tahap dasar untuk memulai belajar bahasa Jepang.

Langkah-Langkah Awal Yang Harus Diketahui Dalam Mempelajari Bahasa Jepang
image : optilingo.com

Simak Juga : Contoh Perubahan Kata Saat Menyebutkan Kalimat Jumlah Dalam Bahasa Jepang

Mempelajari Hiragana

Kita mulai mempelajari dari jenis alfabet termudah dalam bahasa Jepang yaitu Hiragana, ini terdiri dari 51 karakter huruf dan masing-masing huruf tersebut mewakili satu pengucapan, ini sangat berbeda dengan bahasa Inggris di mana satu huruf bisa terdengar berbeda dalam konteks yang berbeda. Setelah kamu telah mengenal Hiragana dengan cukup baik, barulah bisa melanjutkan perjalanan belajar bahasa Jepang ke tahap yang lain, karena dengan menghafal karakter-karakter huruf Hiragana akan sangat membantu proses belajar bahasa Jepang anda pada tahap selanjutnya.

Mempelajari Katakana

Sama seperti Hiragana, dimana Katakana masih cukup mudah untuk dikuasai, Katakana adalah serangkaian huruf yang digunakan untuk kata-kata pinjaman atau kata-kata yang berasal dari bahasa asing. Mempelajari Katakana akan mempermudah anda mengartikan bahasa asing menjadi bahasa Jepang.

Mempelajari Kanji

Kanji merupakan alfabet tersulit yang harus dikuasai dalam bahasa Jepang, Kanji berasal dari askara huruf China yang digunakan untuk kata-kata singkatan dan frase dasar dalam bahasa Jepang. Mengapa Hiragana terlihat lebih mudah karena cara penulisannya, dimana Hiragana lebih terlihat seperti tulisan huruf Inggris, sedangkan Kanji lebih terlihat seperti kata-kata lengkap, menguasai beberapa Kanji dasar akan memungkinkan kamu untuk memahami dan berbicara dalam bahasa Jepang.

Jangan Terlalu Bergantung Pada Romaji

Romaji adalah sistem yang menggunakan huruf bahasa Inggris untuk mengeja kata-kata Jepang, Romaji memang berguna untuk mempelajari frasa awal, atau untuk komunikasi secara online melalui komputer. Namun, sistem ini tidak akan berguna untuk aktivitas sehari-hari dalam bahasa Jepang seperti berbicara atau mendengarkan bahasa Jepang, sehingga fokuskan studi anda pada Hiragana, Katakana dan beberapa Kanji.

Praktekan Tata Bahasa Sesering Mungkin

Untuk mempelajari tata bahasa Jepang kamu harus mencoba melupakan tata bahasa Indonesia atau negara asal kamu, jangan pernah menerapkan aturan atau tata bahasa negara kamu dengan bahasa Jepang karena itu akan menjadi kacau. Cobalah untuk mempelajarinya dari tingkat dasar dan mempraktekannya sesering mungkin sehingga menjadi terbiasa. Memiliki buku panduan mengenai tata bahasa Jepang memang sangat dibutuhkan untuk proses belajar.

Pelajari Beberapa Frase Kunci

Mempelajari beberapa frase kunci akan memungkinkan kamu untuk mulai berlatih atau bahkan membuat kamu bisa menikmati sebuah percakapan santai dalam bahasa Jepang. Meskipun Romaji tidak bisa diandalkan dalam mempelajari bahasa Jepang, tetapi untuk mempelajari frase dasar, Romaji bisa sangat membantu.


Langkah-Langkah Awal Yang Harus Diketahui Dalam Mempelajari Bahasa Jepang
image : jlptsensei.com

Itulah beberapa langkah awal yang diperlukan dalam mempelajari bahasa Jepang, semoga membuat proses belajar anda menjadi lancar!.


Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
%d bloggers like this: