A password will be e-mailed to you.

artforia.comSeni Budaya JepangDi dunia ini banyak sekali pulau-pulau yang terpisahkan berdasarkan Benua, bahkan Negara, setiap Negara itu sendiri mempunyai perbedaan, seperi struktur negara, pemerintahan, bahkan kesenian dan kebudayaannya, di artikel ini khususnya saya ingin membahasa tentang kesenian dan kebudayaan dari Negara Jepang.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Kuil Buddha Dan Shinto Di Jepang

Sama seperti di Indonesia, walaupun jepang terlihat hanya satu pulau, tetapi mereka hampir mirip dengan Indonesia, yang notabene nya memiliki banyak pulau, tetapi Jepang memiliki kesenian dan kebudayaan yang menarik, Meskipun Jepang merupakan negara yang terbilang sangat maju, tetapi Jepang tidak melupakan kesenian dan kebudayaan mereka yang turun temurun dari nenek moyangnya.

Kesenian dan Kebudayaan Jepang

Berikut ini merupakan beberapa kesenian dan kebudayaan dari jepang yang sudah ada sejak jaman negara jepang berdiri:

 

Pakaian Tradisional Jepang

artforia.com
Jepang memiliki pakaian Tradisional yang disebut Kimono, sudah banyak orang tau bahwa kimono adalah pakaian Tradisional Jepang. Dahulu kimono digunakan untuk kegiatan sehari-hari, namun pada saat ini, komono hanya digunakan di acara-acara khusu. Kimono bisa di pakai oleh pria atau wanita, kimono pria umumnya lebih sederhana baik dalam design, motif dan juga warnanya yang biasanya didominasi oleh berwarna gelap seperti hijau tua, coklat tua, biru tua atau hitam, sedangkan Kimono untuk wanita dikenal ada beberapa jenis menunjukkan umur pemakai, status perkawinan, dan tingkat formalitas dari acara yang dihadiri. Disamping itu kimono wanita juga memiliki berbagai aksesoris tambahan yang cukup banyak.

 

Upacara Meminum Teh

artforia.comUpacara minum teh atau yang dikenla dengan Chad atau Sad. Adalah upacara yang mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup antara lain tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh dan cara meletakkan benda seni di dalam ruangan upacara minum teh (chashitsu) dan berbagai pengetahuan seni secara umum yang bergantung pada aliran upacara minum teh yang dianut.

Ikebana

artforia.comSeni Ikebana adalan kesenian merangkai bunga yang berasal dari Negara Jepang. Bunga memiliki kehormatan dalam kebudayaan Jepang, karena Bungan dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan, sang pencipta. Bunga dirangkai dalam bentuk tertentu dan diletakkan di altar utama. Awalnya dalam pembuatan bunga sangatlah sederhana, namun saat ini pembuatan bunga semakin sulit dan kompleks dan di butuh pembelajaran keahlian dalam pembuatannya.

Tako atau Seni Layang-Layang

artforia.comKesenian Layang-layang ini sudah ada sejak jaman periode Nara (649-793 AD). Design layang layang dari negeri ini cukup unik dan sangat mudah dibedakan dengan design layang layang dari negara atau wilayah lain. Mainan ini dianggap berbahaya karena talinya bisa bersentuhan dan mengganggu aliran kabel listrik yang bisa berakibat fatal bagi pelaku dan orang lain. Layang layang hanya bisa dijumpai di event khusus atau dalam festival budaya saja yang mau tidak mau harus mereka hadirkan.

Kendo dan Judo

artforia.comPermainan Kendo adalah olah raga bermain pedang bambu sedangkan Judo adalah nama dari olahraga bela diri dari Jepang. Kata Do yang terdapat pada akhiran kedua kata diatas mempunyai arti yang sama yaitu jalan dan kalau ditulis dengan huruf kanji mempunyai lambang jalan. Peralatan yang digunakan pada Kendo yaitu Seragam yang dikenal dengan nama Kendo gi dan hakama, pedang dari bamboo yang bernama shinai, pelindung kepala atau men, pelindung badan atau do, pelindung tangan atau kote, pelindung paha atau tare.

Matsuri

artforia.com
Festival Matsuri Jepang adalah suatu festival budaya rakyat yang umumnya berkaitan dengan festival di kuil baik kuil Shinto (Jinja) maupun kuil Buddha (Tera) yang kebanyakan diselenggaran pada musim panas, pada saat ini matsuri tidak selalu berarti berdoa atau sembahyang, hal itu sudah pasti karena kebanyakan orang datang hanya untuk melihat saja.

Shogi

artforia.comPermainan Shogi atau catur Jepang adalah permainan papan dari Jepang yang dimainkan oleh dua orang di atas papan 9 lajur dan 9 baris yang berwarna sama. Ciri khas shogi yang sangat membedakannya dari catur adalah sistem memainkan kembali buah lawan yang sudah ditangkap. Walaupun sudah naik pangkat, buah yang tertangkap akan kembali ke pangkat semula. Kedua belah sisi yang bermain dibedakan menjadi sente dan gote. Pemain sente memainkan langkah pertama, diikuti pemain gote, begitu seterusnya secara bergantian hingga selesai. satu set buah shogi yang berjumlah 20 buah.

Kabuki

artforia.comSeni Teater Kabuki merupakan salah satu kebudayaan Jepang yang termasuk jenis seni teater karena memiliki unsur cerita yang dipadukan dengan seni tari dan musik. Para pemain mengenakan kostum mencolok dan sangat mewah. Make-up-nya terbilang dramatis untuk menonjolkan sifat dan karakter tokoh.

Origami

artforia.comSeni Origami berasal dari kata ori yang berarti lipat, dan kami yang berarti kertas merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern. Origami sudah dikenal dibanyak Negara, secara umum untuk membuat origami kita bisa menggunakan kertas biasa namun kebanyakan origami di Jepang menggunakan kertas khusus untuk origami. Perbedaan antara kertas biasa dan kertas origami hanyalah dari segi design dan warna saja yang sangat beragam sehingga membuat origami menjadi semakin indah dan sama sekali tidak berhubungan dengan teknik seperti lipatan kertas menjadi lebih mudah.

Baca Juga : Teknik Melipat Origami Kusudama Bunga Sakura

Sudah cukup jelas di atas beberapa kesenian dan kebudayaan dari negara Jepang, Jepang yang memiliki berbagai kebudayaan dan kesenian yang dikenal banyak orang, Sebagai negara berkembang Indonesia juga tidak kalah dari Jepang, Indonesia juga banyak sekali mempunyai kesenian dan kebudayaan asli dari Indonesia, walaupun berbeda dari Jepang, karena itu setiap negara mempunyai daya tarik Seni dan Budaya masing-masing dari setiap negara.

%d bloggers like this: