Berita Travel Jepang – Okinawa merupakan daerah dari negara Jepang yang memiliki iklim tropis dan garis pantai yang sangat luas, area ini sangat terkenal sebagai area wisata pantai. Cuacanya yang panas memang dibenci namun sekaligus dicintai karena indahnya pantai dan suasananya yang sangat tradisional. Tidak hanya bermain air dipantai dan juga menyelam yang menjadi daya tarik dari Okinawa, tetapi masakan tradisional khas Okinawa yang patut untuk anda coba.

Jalan-Jalan Ke Okinawa Jangan Lewatkan 3 Hidangan Ini

image : wp.isystem-okinawa.net

Perlu anda ketahui bahwa masakan Okinawa sangat berbeda dari masakan Jepang lainnya karena dipengaruhi oleh sejarah unik yang terjadi di pulau-pulau ini, di Okinawa budaya makanannya dipengaruhi oleh beberapa negara asing seperti misalnya Cina, Asia Tenggara, Jepang dan Amerika Serikat, serta karena iklim yang berbeda membuat dampak pada pertanian dan nafsu makan para penduduknya. Saat ini hidangan Okinawa sudah banyak tersedia di restoran di berbagai prefektur di Jepang. Berikut ini adalah 3 hidangan Okinawa yang sangat populer dan bahkan tidak hanya populer dikalangan turis tetapi juga populer sebagai hidangan rumahan.

Simak Juga : Stasiun Shibuya Mendapatkan Renovasi Secara Besar-Besaran!


Okinawa Soba

Jalan-Jalan Ke Okinawa Jangan Lewatkan 3 Hidangan Ini

image : wikimedia.org

Meski menggunakan nama Soba seperti hidangan mie Soba lainnya yang ada di Jepang, Okinawa Soba adalah hidangan yang benar-benar berbeda. Hidangan ini terbuat dari gandum utuh daripada tepung gandum yang biasa digunakan untuk membuat Soba pada beberapa prefektur lain di Jepang, oleh karena itu juga yang membuat Okinawa Soba ini texturenya lebih mirip mie Udon ketimbang mie Soba.

Seperti hidangan ramen, Okinawa Soba disajikan dalam semangkuk kaldu dengan sejumlah topping sesuai selera, namun biasanya topping yang populer adalah daging babi rebus yang disebut menjadi Soki Soba. Hidangan ini juga biasanya menggunakan daun bawang, kamaboko (kue ikan) dan jahe merah.

Taco Rice

Jalan-Jalan Ke Okinawa Jangan Lewatkan 3 Hidangan Ini

image : tarasmulticulturaltable.com

Okinawa memang menjadi daerah yang pernah dikunjungi oleh pasukan Amerika selama peperangan terjadi, nasi Taco adalah salah satu bukti dalam bentuk masakan. Hidangan unik ini terkenal sebagai makanan yang murah namun mengenyangkan, Asal muasal makanan ini belum dapat dipastikan, tetapi diyakini muncul di Okinawa beberapa saat setelah perang berakhir. Semangkuk nasi Taco terdiri dari bumbu Taco yang khas, daging giling, selada, tomat dan saus salsa. Terkadang juga diberikan keju atau bawang dan biasanya dihidangkan dengan sendok daripada dengan sumpit.

Champuru

Jalan-Jalan Ke Okinawa Jangan Lewatkan 3 Hidangan Ini

image : tokyoweekender.com

Champuru yang berarti “tumis” dalam bahasa Okinawa, merupakan sebuah hidangan yang disiapkan dengan cara menumis berbagai bahan. Sejauh ini varietas champuru yang paling populer adalah goya champuru, di mana sayuran pahit goya (kalau di Indonesia dikenal dengan sebutan Pare) digoreng dengan tahu, telur dan daging babi atau daging ham. Variasi lain dari champuru adalah champuru fu (gluten gandum), champuru tahu dan champuru pepaya.

Bagaimana para pembaca apakah tertarik untuk mencoba?? Sebenarnya tidak harus berjalan-jalan ke Okinawa karena beberapa restoran khas Okinawa saat ini juga tersedia di beberapa prefektur di Jepang, tetapi memang akan lebih nikmat dan asli bila kita menikmati hidangan ini di daerah asalnya yaitu Okinawa!

%d bloggers like this: