artforia.com

Kuliner Jepang – Sama halnya dengan di Indonesia, tiap-tiap kota di Jepang juga memiliki kulinernya khasnya masing-masing. Kondisi tersebut tentu saja sangat menguntungkan bagi wisatawan karena mereka memiliki banyak sekali pilihan. Okinawa Jepang merupakan salah satu kota yang dikenal memiliki banyak makanan khasnya. So, apabila berwisata ke Jepang jangan lupa mencari penganan lokal di Okinawa! Saat mengunjungi kota Okinawa di Jepang, jangan berharap menemukan sushi atau yakitori.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Menu Unik McDonald Jepang

Kota di selatan Jepang ini memiliki budaya makan unik, berbeda dari daerah lain di Jepang. Salah satu makanan khas Okinawa adalah goya champuru.

artforia.com

Kalau di Indonesia, bisa jadi goya ini merupakan mentimun. Bedanya rasanya lebih pahit seperti pare atau paria dalam bahasa sunda. Goya champuru adalah makanan paling terkenal di Okinawa. Hidangan ini merupakan tumisan dari tahu, telur, daging babi, atau dan pare.

Cara membuat goya champuru tidaklah sulit. Pertama, pare direbus bersama garam untuk mengurangi rasa pahitnya. Kemudian panaskan wajan dengan minyak wijen. Setelah itu masukkan daging babi atau ayam yang sudah dibumbui, tambah dengan pare dan tofu. Setelah air keluar dari tofu dan pare, besarkan api agar air menguap. Jika air sudah kering dan bahan-bahan matang, tambahkan kecap, telur orak arik dan bumbu lainnya. Goya champurupun siap disantap!

 

artforia.com

Goya dalam bahasa Jepang berarti pare, yang pertama masuk ke Okinawa dari Asia Tenggara dan kemudian langsung menjadi sayuran favorit. Pare bisa begitu populer karena khasiatnya memberi kontribusi besar pada umur panjang orang Okinawa. Mereka makan banyak pare dan terhindar dari penyakit dan kegemukan. Bila sudah terbiasa, rasa pahit pare pun bisa membuat ketagihan. Bahkan orang Okinawa tidak hanya menjadikan pare sebagai goya champuru.

Berbagai penganan mereka olah dari pare, mulai dari tempura, kari, campuran salad, sampai dijadikan asinan pare. Bentuk pare mungkin tak menarik. Rasanya juga sangat pahit, sama sekali tidak enak bagi yang belum terbiasa. Namun ternyata manfaatnya bagi kesehatan sangatlah banyak. Sampai orang Okinawa tak segan mengonsumsinya sejak kecil. Berdasarkan penelitian medis, pare dapat menurunkan gula darah, memperlambat penyerapan karbohidrat, mencegah sakit liver, kolesterol, virus, malaria, hingga kanker. Untuk ibu menyusui, pare dipercaya dapat memperlancar produksi air susu.

%d bloggers like this: