Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Kuliner Jepang – Kebiasaan makan masyarakat Jepang merupakan salah satu contoh diet sehat yang bisa kamu terapkan untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Konsumsi buah juga menjadi salah satu rahasia tubuh sehat mereka. Makanan yang suka digunakan oleh orang Jepang untuk membantu dietnya adalah Hot Umeboshi, yaitu umeboshi yang dihangatkan di kompor atau microwave, dan dikonsumsi 3 butir dalam sehari.

Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Japanese Chicken Wings

Umeboshi sendiri terbuat dari buah plum yang diasinkan, dengan rasa asam dan asin yang cukup kuat. Umeboshi seringkali digunakan sebagai isian untuk onigiri maupun teman nasi untuk bekal. Umeboshi hanya mengandung 3-6kcal kalori per biutirnya, dan ditambah lagi memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Umeboshi mengandung sebuah zat bernama vanillin, sebuah zat yang akan diserap tubuh di usus kecil dan menstimulasi sel-sel lemak. Karena stimulasinya itulah, vanillin akan membantu lemak terbakar lebih mudah. Selain itu, di dalam umeboshi juga terdapat zat yang bernama vanillin glukosida, yang mirip dengan vanillin, namun tidak memiliki efek mempermudah terbakarnya lemak dalam tubuh.

Dengan memanaskan umeboshi, vanillin glukosida akan bereaksi menjadi vanillin, sehingga dengan memanaskannya, kandungan vanillin dalam umeboshi akan meningkat sampai 20%! Selain itu, ada zat bernama mumefural, yang akan muncul ketika kita memanaskan umeboshi. Mumefural memiliki khasiat melancarkan peredaran darah. Lancarnya aliran darah akan menyebabkan metabolisme dalam tubuh meningkat. Hal ini bermanfaat dalam membantu diet.

Seni Budaya Jepang | Artforia.com

Membuat hot umeboshi dapat dilakukan dengan menggunakan microwave maupun wajan dan kompor. Karena kandungan vanillin tidak akan menurun walaupun menjadi dingin, jika dimasukkan ke dalam kulkas setelah dibuat pun tidak masalah.Karena setelah dipanaskan pun rasa umeboshi tidak berubah, maka cocok dimakan begitu saja, maupun dijadikan tumisan atau dijadikan campuran saus, atau bisa juga dimasukkan ke dalam air hangat dan diminum. Meskipun bermanfaat untuk diet, umeboshi memiliki kandungan garam yang tinggi, jadi tidak boleh dimakan terlalu banyak, dalam sehari, maksimal makan sampai 3 butir.

%d bloggers like this: