Berita Lifestyle Jepang – Umat muslim memang banyak tersebar di Asia, tidak hanya di timur tengah tetapi beberapa masyarakat Asia juga banyak yang memeluk agama Islam, bahkan di negara seperti Jepang yang memiliki kebudayaan cukup jauh dari timur tengah juga memiliki beberapa warganya yang beragama Islam, namun memang kita mengetahui bila masyarakat muslim di Jepang hanyalah segelintir dan tidak menjadi mayoritas oleh itu terkadang fasilitas-fasilitas untuk umat muslim disini masih kurang. Tetapi beberapa perusahaan kini telah banyak yang mendirikan sejumlah fasilitas-fasilitas menarik untuk para umat muslim.

Fasilitas Masjid Berjalan Telah Hadir Di Jepang
image : standard.co.uk

Simak Juga : Jepang Akan Lewati Suhu Panas Extreme Dalam Beberapa Minggu Kedepan

Fasilitas Masjid Berjalan Telah Hadir Di Jepang
image : standard.co.uk

Salah satunya yang baru saja hadir adalah fasilitas mobil Musholla yang dihadirkan oleh Yasuharu Inoue seorang CEO dari Yasu Project, rancangan fasilitas ini terbentuk setelah Jepang akan menjadi tuan rumah untuk Olimpiade 2020 mendatang, menurut Inoue dirinya mengkhawatirkan bila pada tahun 2020 mendatang banyak para pengunjung muslim yang tidak mendapatkan fasilitas mereka untuk berdoa.

Diperkirakan saat ini ada sekitar 100.000 hingga 200.000 masyarakat Muslim yang tinggal di Jepang. Inoue juga mengatakan dengan fasilitas mobil Musholla ini dapat menyediakan tempat-tempat beribadah bagi para muslim di berbagai tempat di Jepang tanpa harus membangun terlebih dahulu bangunan yang tentunya menghabiskan banyak waktu dan tempat.

Fasilitas Masjid Berjalan Telah Hadir Di Jepang
image : standard.co.uk

“Sebagai negara yang terbuka dan ramah, kami ingin berbagi budaya “Omotenashi” (keramahan Jepang) kepada para umat-umat Muslim yang berkunjung di Jepang, ” salah satu pernyataannya saat diwawancara oleh beberapa media. Musholla atau Masjid bergerak ini akan diresmikan pada awal minggu terakhir bulan Juli 2018 ini di luar Stadion Toyota, tempat sepak bola J-League di Toyota City, yang juga merupakan markas besar dari perusahaan mobil Toyota.

Bagian belakang dari truk seberat 25 ton yang telah dimodifikasi ini memiliki pintu masuk dibelakangnya dan juga diberikan teknologi yang dapat melipatgandakan lebar truk. Saat mobil siap untuk memberikan fasilitas berdoa maka truk besar itu akan berubah menjadi kamar seluas 48 meter persegi (515 kaki persegi) yang dapat menampung sekitar 50 orang.

Fasilitasnya adalah memberikan ruangan bagi para pengunjung Muslim untuk berdoa di dalam Musholla atau Masjid, tentu fasilitas ini juga termasuk keran air dan area mencuci untuk pembersihan tubuh yang biasa dilakukan umat Muslim sebelum melakukan doa. Seorang pelajar Indonesia yang pernah menjadi korban Tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004 silam ikut berpartisipasi dalam pembukaan layanan Masjid ini. Untuk informasi lainnya tentang fasilitas ini silahkan kunjungi website resminya disini.

Source : Mobile Mosque PJ

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: