4   +   3   =  
A password will be e-mailed to you.

Berita Arsitektur Jepang – Rumah Jepang memang unik dan memiliki ciri khas, tidak sedikit masyarakat-masyarakat negara lain yang merasa sangat nyaman dan tertarik untuk tinggal di rumah tradisional Jepang. Dengan penggunaan bahan yang serba alami, rumah-rumah Jepang memang dapat memberikan sensasi yang berbeda dari rumah-rumah biasanya. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang rumah Jepang yang mungkin kamu belum ketahui.

Simak Juga : Filsafat Kaizen Merupakan Rahasia Orang Jepang Sukses Dalam Dunia Bisnis

Dingin Namun Nyaman

Fakta Menarik Tentang Rumah Jepang

image : regentrealtybelize.com

Sebagian besar bagian bangunan tradisional Jepang atau sebanyak 58,9% bagiannya menggunakan kayu dan batu. Penggunaan bahan dasar ini bukan hanya rasa cinta masyarakat Jepang terhadap alam namun juga diyakini menjadi bahan terbaik untuk daerah yang sering mengalami gempa seperti Jepang ini karena menurut beberapa ahli arsitektur, penggunaan kayu memang lebih efektif daripada daripada batu bata dan beton untuk menghindari kerusakan besar karena gempa. Namun penggunaan kayu ini juga memiliki resiko lain yaitu kondisi rumah atau bangunan tradisional Jepang jadi lebih dingin jika dibandingkan bangunan-bangunan yang menggunakan tembok atau beton.

Jepang yang memiliki empat musim menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat untuk dapat bertahan dari beberapa cuaca yang berubah setiap musimnya, karena kondisi bangunan tradisional Jepang yang lebih dingin dari biasanya, membuat bangunan-bangunan tradisional ini lebih nyaman ketika musim panas datang karena rumah tidak terlalu menyerap panas, tetapi sebaliknya ketika musim dingin para pemilik rumah wajib menggunakan penghangat ruangan atau kotatsu karena bahan kayu yang melapisi bangunan atau rumah ini tidak begitu baik dalam melindungi dari cuaca dingin.

Lantai Yang Unik Dan Nyaman

Fakta Menarik Tentang Rumah Jepang

image : okinawa.stripes.com

Untuk bangunan-bangunan atau rumah di berbagai negara biasanya menggunakan lantai keramik untuk melapisi bagian dasar bangunan mereka, tetapi di Jepang dan juga negara-negara Asia lainnya tidak menggunakan itu untuk bangunan tradisional mereka. Di Jepang penggunaan Tatami menjadi hal yang penting untuk menyelimuti lantai setiap ruangan di rumah-rumah atau bangunan Jepang. Tentu sensasi penggunaan Tatami yang terbuat dari anyaman kayu yang ditipiskan ini membuatnya lebih nyaman dan hangat untuk di duduki.

Penggunaan Jalan Setapak Lebih Populer

Fakta Menarik Tentang Rumah Jepang

image : robertketchell.blogspot.com

Di rumah-rumah tradisional Jepang penggunaan jalan setapak dengan batu menuju rumah atau bangunan lebih populer dibandingkan menggunakan jalan lurus menggunakan semen, hal ini karena unsur artistik yang lebih terlihat dan juga alami, halaman menjadi elemen yang sangat penting bagi rumah-rumah tradisional Jepang oleh karena itu tidak sedikit kita melihat rumah tradisional yang memiliki halaman besar namun bangunannya tidak begitu besar.

Garasi Kendaraan Tidak Terlalu Dibutuhkan

Fakta Menarik Tentang Rumah Jepang

image : sites.google.com

Di Jepang memiliki kendaraan bukan menjadi hal utama yang sangat dibutuhkan, hal ini dipengaruhi karena trafik jalan dan juga layanan transportasi publik di Jepang yang sangat memadai. Oleh karena itu sebuah Garasi atau tempat menyimpan kendaraan di Jepang tidak begitu menjadi hal yang wajib untuk dimiliki di sebuah rumah-rumah Jepang terlebih untuk rumah tradisional.

Tidak Ada Mesin Pencuci Piring

Fakta Menarik Tentang Rumah Jepang

image : thejapans.org

Pada bagian dapur, rumah-rumah di Jepang sebagian besar atau bahkan hampir tidak ada yang menggunakan mesin pencuci piring, tidak seperti di negara-negara barat yang saat ini sudah banyak menggunakan mesin pencuci piring otomatis untuk bagian dapur mereka. Hal ini juga dipengaruhi oleh ukuran dapur yang dimiliki oleh rumah-rumah di Jepang yang relatif kecil karena area penduduk yang padat membuat rumah-rumah di Jepang sebagian besar tidak memiliki tanah yang luas.

Itulah fakta menarik mengenau rumah Jepang yang mungkin belum kamu ketahui, apakah tertarik untuk memiliki tempat tinggal seperti rumah tradisional Jepang ini??.

%d bloggers like this: