A password will be e-mailed to you.
Filsafat Kaizen Merupakan Rahasia Orang Jepang Sukses Dalam Dunia Bisnis

image : wikipedia.org

Tradisi Budaya Jepang – Kehidupan masyarakat Jepang memang dipenuhi oleh sejumlah prinsip dan filosofi hidup yang unik dan tentunya memberikan kebaikan kepada para masyarakatnya. Seperti misalnya filosofi Ikigai yang terkenal hingga ke berbagai negara, namun tidak hanya itu saja sebenarnya yang diterapkan dalam kehidupan setiap masyarakat Jepang. Salah satu yang jarang terdengar oleh masyarakat luar adalah tentang sebuah filsafat Jepang yang disebut Kaizen yang merupakan istilah dalam bahasa Jepang yang memiliki makna “perbaikan berkesinambungan”.

Simak Juga : 10 Fakta Menarik Mengenai Yakuza

Filsafat Kaizen Merupakan Rahasia Orang Jepang Sukses Dalam Dunia Bisnis

image : videoblocks.com

Biasanya filsafat ini sering diterapkan dalam sebuah perusahaan atau juga tempat-tempat bisnis, karena kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah. Dalam prinsip filsafat Kaizen sebuah manajemen memiliki dua fungsi utama.

  • Perbaikan
    Sebuah tindakan yang diarahkan untuk meningkatkan sebuah kualitas sebuah pekerjaan atau produk.
  • Pemeliharaan
    Kegiatan pemeliharaan teknologi, sistem manajemen, dan standar operasional yang ada sekaligus menjaga standar tersebut melalui pelatihan serta disiplin dengan tujuan agar semua karyawan dapat mematuhi prosedur pengoperasian standar (Standard Operating Procedure atau yang sering juga disingkat SOP) yang telah ditetapkan.
Filsafat Kaizen Merupakan Rahasia Orang Jepang Sukses Dalam Dunia Bisnis

image : pinterest.co.uk

Filsafat Kaizen Merupakan Rahasia Orang Jepang Sukses Dalam Dunia Bisnis

image : youtube.com

Tujuan akhir dari filsafat Kaizen dalam dunia pekerjaan atau bisnis adalah memprioritaskan sebuah kualitas. Kaizen memberikan pelajaran bila sebuah perusahaan atau tempat bisnis tidak akan dapat bersaing bila kualitas yang dimilikinya tidak memadai, sehingga sebuah kualitas harus dijunjung tinggi dan kualitas yang dimaksud, bukan sekadar kualitas produk melainkan termasuk kualitas proses yang ditempuh dalam menghasilkan produknya tersebut.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa perusahaan-perusahaan di Jepang sangat mementingkan kualitas daripada jumlah produksi dan harganya relatif mahal, selain itu Kaizen juga menekankan bahwa tahap produksi dalam perusahaan harus disempurnakan agar hasil dapat meningkat, sehingga dapat disimpulkan bahwa filsafat ini mengutamakan prosesnya. Dalam kaizen dipercaya bahwa proses yang baik akan memberikan hasil yang baik pula.

%d bloggers like this: