Berita Lifestyle Jepang – Onsen adalah sebuah pemandian air panas tradisional yang dimiliki oleh negara Jepang, beberapa negara memang memiliki tempat-tempat pemandian air panas seperti ini tetapi negara Jepang memiliki pemandian air panas yang sangat berciri khas yaitu disebut Onsen, penjelasan mengenai yaitu Onsen (温泉) adalah sumber air panas vulkanik yang alami dan dengan beberapa rekontruksi menjadi dapat dinikmati untuk relaksasi dan kesehatan. Mandi air panas di Onsen bisa dikatakan sudah menjadi kegemaran masyarakat Jepang, hampir seluruh masyarakt Jepang menyukai Onsen dan hampir mustahil ada yang tidak menyukainya.

Simak Juga : Budaya Penggunaan Kata Irasshaimase Di Jepang

artforia.comPada awalnya sebuah Onsen tradisional Jepang sebenarnya tidak ada pembagian jenis kelamin. Namun semenjak adanya budaya luar yang masuk ke Jepang yang dimulai pada era Meiji ini menjadikan Onsen campur yang tradisional semakin langka ditemukan. Sehingga sekarang terdapat lebih dari 95% onsen di negeri sakura sekarang memiliki Onsen dengan bak mandi yang terpisah untuk pria dan wanita. Anak kecil dapat menemani orang tua ke tempat mandi pria ataupun wanita.

Bagi anak-anak Jepang pengalaman datang ke Onsen pertama kali ketika mereka dalam liburan keluarga. Onsen menjadi alasan utama ketika anda dan juga masyarakat Jepang ketika berlibur ke pedalaman Jepang. Hampir setiap tahun pusat-pusat Onsen ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun turis asing terutama pada hari libur, Onsen memang menjadi salah satu daya tarik terbesar didalam dunia pariwisata Jepang saat ini, terdapat banyak spot-spot Onsen yang terkenal dan menjadi rekomendasi bagi para wisatawan ketika berlibur ke Jepang.

artforia.comartforia.comUntuk menemukan Onsen tidaklah sulit karena sebagian besar hotel dan juga ryokan di Jepang menyediakan fasilitas Onsen, terdapat juga Onsen publik dan pribadi yang bukan merupakan bagian dari hotel atau ryokan. Variasi Onsen juga bermacam-macam ada yang buatan, alami, diluar ruangan dan didalam ruangan. Onsen sendiri menurut masyarakat Jepang memiliki banyak manfaat dan salah satunya sebagai tempat menjalin persahabatan antar sesama dimana anda bisa menemukan banyak teman, rekan kerja dan pasangan.

Onsen dapat ditemukan di kota-kota besar (bahkan di Tokyo). Namun, sebagian besar onsen ada di pedesaan karena memang Onsen sangat cocok dengan suasana pedesaan. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bila negara Jepang memiliki puluhan resort Onsen terkenal di berbagai kota misalnya seperti di Atami dan Hakone (dekat Tokyo).

artforia.comBerikut beberapa jenis Onsen.
1.Healing Onsen (Biasanya digunakan untuk pengobatan-pengobatan dan biasanya Onsen jenis ini airnya mengandung banyak mineral seperti Zat Besi, Natrium Klorida, Belerang, Karbon Radikal dan tingkat PHnya juga beragam dari onsen satu ke onsen healing lainnya)
2. Rotenburo Onsen (Onsen luar ruangan yang biasanya berlokasi pada daerah-daerah gunung atau bukit yang menyatu langsung dengan alam)
3. Konyoku Onsen (Onsen campuran antara pria dan wanita, namun Onsen ini sekarang sudah sangat langka dan termasuk ilegal dibeberapa kota termasuk Tokyo)
4. Private Onsen (Onsen pribadi yang biasanya terdapat pada hotel atau ryokan)
5. Sento (Sebenarnya ini bukanlah termasuk Onsen namun memang mirip hanya saja airnya dipanaskan secara teknologi dan biasanya tempat ini dilakukan untuk mandi bukan hanya berendam air panas saja)

%d bloggers like this: