Berita Arsitektur Jepang – Perkotaan Jepang terutama Tokyo merupakan tempat yang sangat modern dan berteknologi maju, tidak sedikit gedung-gedung tinggi menghiasi langit-langit Tokyo. Bisa dikatakan bentuk arsitektur dari gedung-gedung di Jepang memiliki nilai seni tersendiri dah bahkan menjadi tempat favorit bagi beberapa fotografer terkenal untuk memotret. Seperti salah satunya hasil karya fotografer asal Australia Tom Blachford yang berhasil menarik perhatian publik dan juga netizen dimana dirinya memotret kota Tokyo ketika malam tiba.

Pesona Arsitektur Cyberpunk Dari Gedung TokyoPesona Arsitektur Cyberpunk Dari Gedung TokyoBlachford tentu memiliki alasan kuat mengapa munggu malam tiba untuk memotret kota Tokyo, fotografer berbakat ini mengatakan bangunan-bangunan di Tokyo terutama gedung-gedung besarnya memiliki desain yang futuristik dan eksentrik berbeda dari gedung-gedung biasanya, penambahan cahaya-cahaya lampu akan memberikan panorama pemandangan yang tidak biasa, seperti di masa depan.

Simak Juga : Alasan Mengapa Desain Rumah Jepang Sangat Populer

Pesona Arsitektur Cyberpunk Dari Gedung TokyoPesona Arsitektur Cyberpunk Dari Gedung TokyoUntuk seri foto album terbarunya, Blachford memang berfokus pada pemotretan futuristik aatau dengan tema masa depan dalam sebuah negara, yang juga dipelopori oleh arsitek terkenal Jepang yaitu Kenzo Tange. Arsitek pemenang Pritzker Prize ini sebagian besar diakui sebagai pendiri gerakan perubahan Jepang, yang terjadi pada tahun 1960an setelah masa pemulihan ekonomi. Tange telah meninggal pada tahun 2005, namun perusahaan miliknya yaitu Tange Associates terus beroperasi.

Masing-masing foto yang berhasil ditangkap oleh Blachford memang menampilkan sebuah scene panorama seperti pada film-film Ghost in The Shell ataupun Blade Runner, bangunan yang diambil rata-rata memang merupakan karya dari Tange, seperti misalnya Shizuoka Press and Broadcasting Center dan gedung kantor pusat Fuji TV. Untuk menghasilkan sebuah panorama pemandangan perkotaan cyberpunk Blachford memang memerlukan beberapa metode pemotretan dan juga waktu yang tepat.

Pesona Arsitektur Cyberpunk Dari Gedung TokyoPesona Arsitektur Cyberpunk Dari Gedung TokyoPesona Arsitektur Cyberpunk Dari Gedung TokyoBlanchford juga memotret gedung unik dari Kisho Kurokawa’s Nagakin Capsule, yang merupakan sebuah gedung dengan bentuk seperti tumpukan kapsul sebanyak 140 ruangan. Adanya lampu-lampu dari masing-masing ruangan tersebut memberikan pemandangan yang sangat futuristik dan juga cyberpunk.

Blachford juga menyatakan meskipun bangunan ini telah dibangun sejak lama namun se akan-akan muncul dari masa depan karena desainnya yang tidak biasa. Blachford menghabiskan enam malam berturut-turut untuk mengambil foto bangunan di ibukota Jepang antara pukul 9 malam sampai jam 5 pagi. Untuk mengambil foto-foto seperti ini memang membutuhkan sedikit perjuangan karena menggunakan timing waktu.

Pesona Arsitektur Cyberpunk Dari Gedung TokyoSource : Deezen

%d bloggers like this: