0
1 comment, 1 share

Kuliner Jepang – Bagi para pemburu kuliner, mengunjungi kota Kyoto di Jepang merupakan pilihan yang tepat. Obanzai (お ば ん ざ い) adalah gaya tradisional dari masakan Jepang yang berasal dari Kyoto. Sebenarnya tidak ada bahan khusus yang unik digunakan hanya saja bahan-bahannya harus diproduksi atau diproses di Kyoto. Selain itu bahan-bahannya juga harus sesuai dengan musim, selain itu masakan Obanzai bahannya sangat bergantung pada sayuran dan makanan laut dan persiapannya sederhana. Karakteristik lain dari menu obanzai adalah penggunaan bahan-bahan yang biasanya tidak digunakan dalam masakan lain.

Nikmati Menu Hidangan Khas Kyoto Yang Disebut Obanzai
image : kyoto.travel

Simak Juga : 5 Kedai Ramen Halal Untuk Umat Muslim Berbuka Puasa Di Jepang

Kata “Obanzai” ini berasal dari tahun 1964, ketika Shige Ōmura dan lainnya menggunakan istilah tersebut dalam artikel surat kabar untuk menggambarkan masakan rumah yang tradisional dari kota Kyoto. Untuk rasa menu Obanzai ini seperti masakan rumahan masyarakat Jepang, saat ini sudah banyak restoran-restoran Jepang yang menyediakan menu ini dalam hidangan mereka dan bahkan ada sejumlah restoran yang mengkhususkan untuk menyediakan masakan ini.

Nikmati Menu Hidangan Khas Kyoto Yang Disebut Obanzai
image : xperience.link

Meskipun sederhana namun hidangan Obanzai sangatlah spesial dan istimewa, jangan melewatkan hidangan ini bila anda memang benar-benar ingin mengenal kuliner Jepang terutama kota Kyoto. Hidangan ini tidak dibandrol dengan harga yang mahal namun sangat lezat, bergizi dan merupakan hidangan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Menu hidangan ini biasanya berisi sup miso, tahu, acar dan beberapa olahan sayur serta rebusan.

Restoran obanzai di Kyoto tidak memiliki menu dalam bahasa Inggris, tetapi cukup mudah untuk melakukan pemesanan. Caranya adalah berjalan ke konter, tunjuk apa pun yang terlihat enak untuk dan silahkan menikmatinya setelah disajikan. Di sebuah restoran seperti Taroya, yang terletak di gang belakang di Shijo Karasuma, anda akan merasakan sebuah masakan Obanzai yang berasal resep yang berusia 25 tahun. Untuk harganya sendiri kira-kira sekitar ¥350-550 untuk hidangan seperti bayam goma-ae, terong dan herring taitan.

Selain itu yang unggul dari hidangan Obanzai adalah hidangan ini sangat cocok untuk pengunjung solo, bila merasa kebanyakan, porsi seukuran setengahnya juga tersedia. Bila anda mengunjungi restoran Obanzai lainnya yang bernama Aoi, maka anda tidak jarang akan melihat banyak pengunjung wanita yang makan sendirian, nikmatilah keunikan kuliner Kyoto yang sangat tradisional dengan hidangan Obanzai.

Berikut ini alamat 2 restoran Obanzai rekomendasi di Kyoto.

Aoi

Nikmati Menu Hidangan Khas Kyoto Yang Disebut Obanzai
image : timeout.com

Alamat : Lantai 1F, New Kyoto Building, 181-2 Zaimoku-cho, Nakagyo Ward (075 252 5649)
Jam Buka : 5pm-11pm, Selasa – Sabtu

Taroya

Nikmati Menu Hidangan Khas Kyoto Yang Disebut Obanzai
image : jp.openrice.com

Alamat : 473 Kannoudo-cho, Nakagyo Ward (075 213 3987)
Jam Buka : 5pm-11pm, Senin – Sabtu

 Tulis Artikel

Like it? Share with your friends!

0
1 comment, 1 share
Kira Nakayama 秋本健太
Currently working at Artforia.

One Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: